Diagram Mahram

Diagram Mahram

  » Diagram Mahram.

Dari sebuah sosial media, saya mendapat share sebuah gambar diagram mahram. Saya perhatikan diagram tsb memiliki sedikit kesalahan, kurang tepat, serta kurang terperinci. Share ini mengingatkan saya pada diagram serupa yg kebetulan dulu pernah saya buat. Saya coba cari berkas diagram yg saya buat tsb di harddisk cadangan saya. Alhamdulillah, ketemu. Diagram saya itu lalu saya bagi ke sosial media, termasuk ke teman yg membagi diagram sebelumnya. Dan saya mendapat tanggapan dan kritik membangun dari teman2 saya di sosial media yg menyempurnakan diagram saya. Dari masukan teman2, diagram saya perbarui supaya lebih baik. Dan gambar di atas itu adalah hasilnya.

Perlu diperhatikan bahwa diagram tsb sudah disederhanakan sedemikian rupa untuk memudahkan pemahaman dan sekadar untuk dijadikan acuan singkat. Diagram tsb hanya berisi status mahram untuk orang2 yg lazim ada dalam sebuah keluarga. Untuk pengetahuan mahram yg lebih terperinci, silakan konsultasikan dgn ulama/ustadz terdekat yg cukup memahami tentang hal ini. Atau, dgn membuka buku/kitab fiqh yg membahas tentang hubungan mahram ini. Misal, status mahram dgn anak/ayah angkat tak tergambar dalam diagram di atas. Namun jika dipikir lebih jauh dari diagram di atas, mahram hanya mungkin terjadi dari hubungan darah dan pernikahan. Karena anak/ayah angkat (adopsi) terjalin tidak dari hubungan darah dan tidak pula dari pernikahan maka seharusnya bisa ditarik kesimpulan bahwa anak/ayah angkat bukan mahram.

Semoga diagram mahram yg sederhana ini cukup bisa memberikan pemahaman dasar atas status mahram dengan orang2 yg ada dalam keluarga kita dan menyikapinya dgn benar sesuai status kemahraman masing2. Dan mohon koreksi/kritiknya apabila masih ada kesalahan atau kekurangan dalam diagram mahram ini supaya bisa saya perbaiki dengan segera. Semoga bermanfaat. Aaamiiin… :)

One Response to Diagram Mahram

  1. If some one wants expert view about running a blog after that
    i recommend him/her to go to see this website, Keep up
    the fastidious job.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

