Subhanallah… matahari ternyata sangat indah!

Hari ini, untuk kali kedua aku bisa ngeliat gerhana matahari secara langsung setelah sekitar 20 tahun yg lalu (saat itu aku masih kelas 4 SD). Bedanya, dulu aku ngeliatnya lewat baskom air yg menampilkan pantulan matahari di halaman rumah, sekarang aku ngeliatnya online pake media player di komputer, langsung dari salah satu lokasi observasi Nasa di Turki (live webcast). Info lebih lanjut tentang observasi ini bisa diliat disini.

sun diamond ringDan untuk kesekian kalinya aku bener2 mengagumi keindahan alam raya, kali ini khususnya adalah matahari. Detik2 menjelang, ketika, dan setelah peristiwa gerhana total menampilkan pemandangan yg sangat indah. Lompatan bunga api matahari, efek cincin berlian, korona matahari, warna kromosfer matahari, dll… semuanya sangat menakjubkan. Subhanallah! Tidak ada kata lain yg bisa aku ucapkan. Aku berharap suatu saat aku bisa menikmatinya kembali langsung dengan mata kepalaku sendiri di sebuah tempat yg terbuka.

Peristiwa gerhana matahari ini membuktikan bahwa Sang Pencipta alam raya dan isinya adalah sesuatu yg Maha Teliti dan Maha Presisi. Jarak antara Bumi, Bulan, dan Matahari, serta ukuran dan besar dari Bulan dan Matahari benar2 telah diperhitungkan secara cermat sedemikian hingga saat gerhana matahari total, Bulan menutup persis dengan ukuran Matahari jika dilihat dari Bumi. Dan jika kita melihat peristiwa ini di sebuah tempat terbuka yg memungkinkan kita melihat horizon dari segala sisi, kita akan melihat pemandangan yg juga sangat luar biasa indah. Yaitu… pemandangan seperti saat matahari terbenam dari segala arah! Sayang, aku belum sempat menikmati pemandangan seperti ini. Mudah2-an suatu saat Allah SWT akan memberikan kesempatan. Amin…

Sungguh, dalam penciptaan langit dan bumi dan terjadinya malam dan siang, terdapat tanda-tanda bagi orang yang memiliki pikiran (yaitu) yang mengingat Allah sambil berdiri dan sambil duduk dan sambil berbaring.” (QS. Ali Imron (3) : 190-191)

4 Responses to Subhanallah… matahari ternyata sangat indah!

  1. anam says:

    Dimana nih bisa download video hasil observasinya? (yang free). kalo ada, email ke saya ya!!!

  2. agorsiloku says:

    Salam, baru sekali datang ke sini… weleh…weleh… bagus nian artikelnya. Lain waktu saya akan link deh, saya hobi berat sama tulisan-tulisan sejenis ini. thx agor.

  3. ali says:

    subahnallah juga…….,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.,.

  4. said... says:

    mari kita hayati kehidupan2 alam ini

Leave a Reply

