Tukang Unggah Excel

WebUploader NISN v.1.0-P

 
Ini dia!๐Ÿ˜€ Seperti yg pernah aku bilang sebelumnya, aku akan menampilkan screenshot aplikasi yg sedang aku buat menggunakan FPC/Lazarus dan PWU. Aplikasi tsb dinamakan NISN WebUploader (v.1.0). Yg aku tampilkan di atas itu masih versi prototipenya, beberapa fitur/menu lain belum tampil. Kalo pengen tau fitur2 apa yg gak tampil, kamu harus jadi salah satu operator Dapodik Depdiknas.๐Ÿ˜€ Mudah2-an bisa jadi cukup bukti bahwa aku bener2 menggunakan FPC/Lazarus (dibantu PWU) untuk bikin aplikasi web.๐Ÿ˜‰

Aplikasi tsb bertugas sebagai media/alat mengirim data siswa dari daerah yg akan dimasukkan ke database Dapodik. Tentu gak semua data bisa diterima begitu saja. Ada proses pengecekan (verifikasi) thd data2 tsb sebelum diterima dan disimpan ke database Dapodik. Jika data atau format yg dikirim salah, tentu saja ditolak. Aplikasi ini diakses oleh seluruh kantor Dinas Pendidikan Kota/Kab se-Indonesia dgn hit rata2 sekitar 200-300 user per hari. Untuk sementara aplikasi ini hanya menerima data dalam format Excel 97-XP2003 (BIFF-8). Toh, data siswa yg ada di daerah hampir seluruhnya tersimpan sbg file .xls (sebagian besar) atau .dbf. Ke depan akan ditambahkan dukungan untuk membaca file format Excel 95 (BIFF-5) atau format2 lain yg dibutuhkan. Singkatnya seperti itulah kerja aplikasi ini. Sejauh ini unjuk kerja aplikasi ini di zona testing (demo) dan devel masih bagus. Mudah2-an akan lancar seterusnya. Wismilak!๐Ÿ™‚

Untuk membaca file excel, aku menggunakan FlexCel dari TMS yg aku compile ulang (dan sedikit modifikasi) supaya bisa jalan di Linux. Thanks to Adrian (the author of FlexCel) for the support.๐Ÿ˜‰

13 Responses to Tukang Unggah Excel

  1. SyamSyah says:

    Wahhh kerenn… ajarin dong caranya…๐Ÿ™‚

  2. irdix says:

    mas bee kalo datanya digarap di linux kan pake open office, mau ndak yah? soalnya kadang dibawa pulang tuh..

    *post dari hape sambil bengong*

  3. bee says:

    @irdix:
    Ya bisa aja lah. OpenOffice juga support file Excel kok. Malah komponen FlexCel yg aku pake itu author-nya belajar dari source-nya OpenOffice.๐Ÿ˜€ Tapi inget, pas mau simpan, save as Excel 97-2003 ya.๐Ÿ˜‰

  4. cuy says:

    om bee, makin ganteng ajah ney…thx a lot of… buat NISN Uploader na!

  5. irdix says:

    muach..muach.. iya dah om bee..

    btw.. aq dirumah sekarang pelihara lebah madu se-koloni loh… sumpah.. kesini deh kalo mo liat sendiri๐Ÿ˜€

  6. dheche says:

    lebih keren kalo format nativenya ODF didukung juga, alih-alih save as to excel 97-2003. imho, open standard jauh lebih penting dibanding open source.

  7. frigs says:

    om simba componen flexcel nya biar bisa dicompile di lazarus gmana cara na????
    ada vcl delphi yang laen yang pernah om simba compile di lazarus????

  8. neo says:

    cool!!!!
    om bee, gimana tuch cara buatnya? isa gak ajari dari awal yang harus disiapkan pertama apa? trus gimana koneksinya? trus aplikasi simple2an aja, kayak ada button terus tampilkan hello world gitu aja.. gimana om bee?

    thx

  9. bee says:

    @frigs:
    Sekarang FlexCel udah support FPC/Lazarus scr resmi kok. Jadi kalo kamu beli FlexCel versi terbaru, dijamin bisa di-compile langsung di Lazarus.๐Ÿ˜‰ Banyak banget VCL lain yg bisa di-compile di Lazarus. Knp gak coba aja sendiri?๐Ÿ˜€

    @neo:
    Errr… coba ungguh Powtils di http://code.google.com/p/powtils/, trus coba jalankan aplikasi demonya.๐Ÿ˜€

  10. neo says:

    beli yach?? kagak ada yang gratisan nih๐Ÿ˜› sapa tau ada khan lebih enak hehehe. btw, saya g penah pake lazarus jadi gak tau gimana modelnya๐Ÿ˜› saya biasanya pake delphi. apa FlexCel itu udah support juga dengann delphi?
    thx

  11. neo says:

    saya udah nyoba tapi gimana caranya konek ke xls saya yang udah ada yach? saya kompile trus saya jalankan, tapi g muncul data2nya excel saya. langkah apa lagi yang harus saya lakukan? thx

  12. bee says:

    @neo:
    Buka dan pelajari contoh program yg disertakan oleh FlexCel. Disana cukup lengkap dan detil kok. Ayo, jgn manja kalo mau jadi programmer yg jago!๐Ÿ˜‰

Leave a Reply

