Sumpah Pemuda Digital

27 Oktober 2007, sebuah momen penting di dunia blogging Indonesia terjadi: Pesta Blogger 2007. Sebuah momen bersatunya para blogger seleb Indonesia dan mendeklarasikan Hari Blogger Nasional. Saya, walaupun cuman blogger abal2 dgn pengunjung yg bisa diitung dgn jari (sebelah tangan pula), jauh dari Jakarta, tidak bisa hadir, tetap ikut bangga dan senang. Selamat buat para penggagas, pelaksana, peserta, dan pendukung suksesnya acara tsb.🙂

Ada beberapa harapan, mungkin juga saran, dari saya pribadi thd kegiatan tsb, antara lain…

  • Tidak muncul sikap/tulisan ekslusif dan membanggakan diri dari para aktifis blog Indonesia, khususnya para blogger yg telah jadi seleb (terlepas mau diakui apa tidak oleh empunya blog).
  • Ada tindak lanjut berupa kegiatan nyata (di dunia nyata) yg berarti dan benar2 akan mampu membangkitkan Indonesia. Jgn seperti jurkam partai yg suka menjanjikan hal yg muluk2 tapi kosong dan OMDO.
  • Mulai dekati komunitas pendidikan, khususnya guru, dan bantu meningkatkan kemampuan dan literasi komputer mereka. Saya percaya, dunia pendidikan adalah investasi dan modal untuk membenahi bangsa dan negara ini. Kita semua tahu, kita gak bisa berharap banyak pada generasi yg saat ini sedang berkuasa/memimpin.😛
  • Hmm… apalagi ya? Perasaan tadi banyak ide deh, tapi sekarang kok pada ilang semua ya? Asem! Ya udah, ntar dilanjut lagi kalo dah inget. Ada yg mau bantu ngingetin?😀

Ya, pokoknya begitulah. Sekali lagi, selamat dan sukses untuk Pesta Blogger 2007.🙂

3 Responses to Sumpah Pemuda Digital

  1. WishKnew says:

    Mungkin masayarakat Indonesia dituntut untuk tetap bertanggungjawab di atas kebebasan untuk menuliskan apapun juga. Kalau bisa memposting sesuatu yang ada manfaatnya, bukan menimbulkan fitnah dan sesuatu yang banyak mudharatnya.

  2. bee says:

    Selain tulisan, aku pribadi berharap banget ada tindakan/kegiatan nyata dari blogger Indonesia. Seperti yg dilakukan bang Sari, misalnya. Menurutku itu jauh lebih bermanfaat dan “membumi”. Kalo bener seperti yg ditulis pak Iman, memang kegiatan Pesta Blogger ini tak lebih dari sekedar kopdar raksasa.

    Tapi kita gak perlu pesimis dan apatis dulu. Sebagai kegiatan pertama, tentu wajar2 saja kalo masih belum punya bentuk, misi, dan visi yg jelas. Mudah2-an kegiatan2 selanjutnya akan lebih baik lagi. Kritik buat kita sendiri (yg berpendapat seperti ini) juga jgn hanya bisa ngeritik, ngomentar, dlsb, tapi juga sama2 gak bisa melakukan apa2.😛

    Let’s do something for Indonesia! Something concrete and benefitable.😉

  3. betul mas,
    para guru perlu dirangkul agar melek blogger (tapi yang cowok gak boleh ngrangkul yang cewek, ingat, bukan muhrimnya!!!). well, banyak sekali pikiran yang ada di benak para guru itu saat mengajar, dan itu akan sangat berarti kalau dituangkan dalam tulisan. jadinya, biar kayak di luar negeri, guru-guru punya forum tempat mereka berbagi pengalaman mengajar. getooooo….
    btw, ada satu teman guru sd yang blogger. meski dia belum banyak berbagi tentang materi pengajaran, tapi dia sudah berhasil mendokumentasikan banyak hal tentang kerisauan-kerisauannya sebagai guru muda… getooooo…. (http://sismanto.multiply.com/ dan di http://mkpd.wordpress.com/)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: