Delphi on Mac?

Setelah cukup puas berkencan dengan pacar baruku, aku mulai mengenalkannya pada tugas2 yg harus dia kerjakan setelah jadian denganku. Aku mulai membebaninya dgn perangkat2 bantu yg aku gunakan untuk bekerja. Pertama, tentu saja… office suite, untuk kepentingan dokumentasi. Yg aku pilih adalah Microsoft Office 2008 for Mac. Gak ada masalah dengan ini dan kantorku punya lisensinya. Instalasi berjalan lancar dan aplikasi berjalan dengan baik. Sengaja aku gak pake OpenOffice, soalnya aku mulai bermasalah dgn kompatibilitas format berkas dgn banyak orang yg pake MS Office terbaru.😦

Selanjutnya adalah development tools. Untuk SVN akses, aku memilih RapidSVN. Ini juga gak ada masalah secara RapidSVN juga jalan di Mac. Lalu compiler, tentu saja compiler favoritku, FreePascal. Untuk itu, aku harus install Apple Developer Tools (ADT) dulu. Gak ada masalah juga. Kemudian dilanjut dgn FPC versi stabil terakhir yaitu v.2.2.0. Ini juga gak masalah. FreePascal rocks!πŸ˜€

Terakhir adalah IDE favoritku, yaitu Lazarus. Kali ini aku gak bisa langsung install soalnya versi stabil terakhir belum mendukung interface Carbon. Karena aku pengen tau gimana Lazarus kalo pake Carbon, aku sengaja gak menginstall pustaka X11 dan GTK dari ADT. Resikonya, aku harus compile sendiri Lazarus yg udah mendukung Carbon, yaitu v.0.9.24.1 (fix). Ini berarti aku harus ngambil kode sumber Lazarus melalui SVN.

Setelah itu, aku compile Lazarus v.0.9.24.1 menggunakan FPC v.2.2.0 dengan target widget Carbon (parameter LCL_PLATFORM=carbon). Dan langsung sukses! Wah, aku gak nyangka akan semudah ini. Gak percaya? Ini hasilnya…

Tapi itu adalah hasil kompilasi dgn komponen2 Lazarus standar (minimalis). Gak ada LazReport, gak ada SQLdb, dan lain sebagainya. Berarti aku harus compile lagi dgn komponen2 tambahan. Sekalian aku pengen nyoba FPC v.2.2.1 yg katanya punya dukungan lebih baik untuk interface Carbon. Berarti aku harus compile FPC v.2.2.1 dulu, menggunakan FPC v.2.2.0. Dan ini juga gak ada masalah.

Kemudian dilanjutkan dgn compile ulang Lazarus berikut komponen2 tambahan yg aku butuhkan, menggunakan FPC v.2.2.1. Nah, masalah mulai muncul. Ada beberapa komponen yg bermasalah dgn linker dari ADT. Dan itu bukan masalah yg mudah. Hmmm… untuk menyelesaikan masalah itu, butuh usaha ekstra.πŸ˜€

Nampaknya aku jadi lebih yakin untuk menginstall Hardy Heron di mesin Mac-ku yg baru ini. Ada 2 opsi, install native dgn BootCamp, atau install virtual dgn VirtualBox. Pilih yg mana ya?

Hah? Windows? Hare gene? Windows mah jauuuhhh…πŸ˜€

____________________
Update: 1 Mei 2008 (pagi)

Di rumah semalem dilanjut dgn menginstall Firebird (superserver) dan FlameRobin di Mac. Semuanya berjalan lancar tanpa kendala sedikit pun. Yeah, Firebird rocks! MacOS X Leopard rocks!πŸ˜€

____________________
Update: 1 Mei 2008 (sore)

Oh ya, informasi di atas (yg aku tulis kemaren) kurang lengkap. Memang Lazarus v.0.9.24.1-nya sendiri udah bisa jalan dgn komponen2 standar. Krn excited banget, aku keburu nulis di blog, bagi2 cerita gembira gitu lah.πŸ˜€ Eh, setelah dicoba compile aplikasi, bahkan walau sekedar form kosong, Lazarus gagal! Ternyata masih ada kegagalan dalam proses linking-nya. Dan juga, debugger-nya masih crash!😦

Setelah hampir seharian tadi ngoprekin FPC dan Lazarus, googling kesana-kemari, baca2 archive milis, nyoba sendiri trial n error, akhirnya sukses juga!πŸ˜€ Nampaknya kita (KITA? LOE AJA KALI!πŸ˜› ) harus menggunakan versi development baik dari FPC (v.2.3.1) maupun Lazarus (v.0.9.25) agar kita bisa menggunakannya dgn baik di platform Mac x86. Bisa dipahami, mengingat development FPC/Lazarus untuk Mac sedang hangat2-nya.πŸ˜€

Aku (terpaksa) cukup puas dgn hasil ngoprek hari ini.πŸ˜› Lazarus bisa jalan dgn baik, termasuk debugger-nya juga (masih pake gdb). Setidaknya, udah bisa lah dipake bikin aplikasi walaupun harus pake komponen2 standar dulu. Komponen yg terinstall udah lebih baik dan lebih banyak dari Lazarus v.0.9.24.1, tapi masih ada beberapa komponen yg kayaknya masih bermasalah. Yg bikin susah, instalasi custom komponen masih bermasalah. Padahal SQLdb gak terinstall secara default. Sementara harus load komponen saat runtime dulu.😦 Ah, jadi inget trik Turbo Delphi Explorer dulu.πŸ˜›

Hmmm… kayaknya memang harus install Hardy Heron kalo gini caranya agar bisa kerja dgn tenang. Ngandalin kerjaan pada perangkat bantu yg sedang aktif dikembangkan bukan keputusan yg baik.πŸ˜‰

10 Responses to Delphi on Mac?

  1. abu fikri says:

    Keliatan kalo ngetiknya “gak ngerti waktu”πŸ˜€
    Dibagian bawah :
    This entry was posted on April 30, 2008 at 7:20 pm and is filed under Object Pascal, Softwares.

    bertentangan dengan :
    Update: 1 April 2008 (pagi)
    Update: 1 April 2008 (sore)

    1 Mei ‘kali ?? atau ini balik pake mesin waktu ?πŸ˜€πŸ˜€

  2. Bee says:

    Mana? mana? Hehehehe… sampe lupa kalender. Thanks. Udah dikoreksi.πŸ™‚

  3. wuaaaaaaaa…Office for Mac 2008, mauuuuuuuuuuuuuu…

    ini makai mail dari Mac riber banget, kadang autodownload emailnya gak fungsi, di mail server tetep ada, tapi kalau ngecek email dianggap dah gak ada email.

    yang repot karena kebiasaan pakai Mikocok Outlook. Juga email di laptop lama sebesar 3 Gb masih lom isa dibackup ke mail mac, jadi masih pusing utk pindahin semua email😦

  4. blinkz says:

    yah selamat bersenang2 deh bee dengan leopard + fpc.

    tetep aja gw pengennya ada delphi for mac! jadi yg buat komponen juga nyediain vcl versi mac.

    gak kebayang kalo musti pake fpc/lazarus, apa musti bikin vcl sendiri spt trichview ato quantumgrid …. capee deh (itu juga kalo mampu!!).

  5. bee says:

    @blinkz:
    Emang kalo pake Delphi for Mac (anggap ada), trus VCL windows bisa langsung dipake di Mac atau Linux gitu? Kayaknya gak segampang itu deh.πŸ˜› Udah pengalaman sama Kylix soalnya. Cross platform programming, apalagi yg sifatnya visual, gak semudah itu. Apalagi VCL yg banyak pake windows API, jgn harap bisa jalan di platform lain.πŸ˜›

    BTW, TRichView udah diport oleh beberapa org sehingga bisa jalan di platform non Windows pake Lazarus. Untuk grid, mending ngembangin grid standar aja, daripada nunggu third-party yg belum tentu komponennya siap untuk multiplatform.πŸ˜›

  6. perdhevi says:

    salam kenal,
    just pass by and wanna say thanks nih.. baru tau ada delphi for other Platform, sebelumnya sih waktu denger delphi mo di matikan saya pindah ke java, terus ke .Net, sekarang kaya’nya mau balik nih ke object pascal,

    thanks for the inspiration
    and keep the spirit..

  7. tov-x says:

    jadi buat pascal di Mac tu cuma pake Lazarus dan Fpc ya mas???
    itu aplikasinya berdiri sendiri atau harus dimainin di Xcode??

  8. Raihan says:

    seruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

  9. Raihan says:

    Gimana caranya bikin game nya??????

Leave a Reply

