WO = M0 ?

Udah lama gak cerita ttg bintang2 kecilku, alias precil2-ku yg makin nakal aja.πŸ˜€ Kebetulan tadi abis maen ama mereka, trus blogwalking, nemu beberapa bacaan ttg anak2. Jadi pengen cerita juga tentang si Bily dan Bina.

Menjelang usia 2 tahun Bily udah mengenal huruf dan angka. Awalnya gak ada niatan untuk ngajari dia huruf dan angka di usia dini, khawatirnya terlalu memaksakan. Aku lebih suka melihat anak2 berkembang sesuai dgn kemampuannya masing2. Tapi seiring dgn kemampuan bicaranya yg bagus, dia mulai bertanya tentang huruf dan angka. Terutama jika dia melihat deretan angka atau huruf berukuran besar, baik di layar (tivi atau laptop) atau kertas (kalender, buku, dlsb). Melihat minatnya, aku pun kemudian perlahan mengenalkannya pada huruf dan angka.

Bily sekarang udah lewat 2 tahun usianya. Seluruh huruf dan angka telah dia kenal dgn baik. Nama warna juga, walaupun hanya warna2 dasar (mejikuhibiu plus hitam putih). Sementara, semuanya masih dalam versi bhs Indonesia. Bagiku itu udah cukup, rasanya belum perlu untuk mengajarinya dalam bhs Inggris, apalagi bhs Arab. Belum saatnya. Tapi dalam kebahasaan, sekarang mulai sedikit2 dikenalkan bhs Madura.πŸ˜€

Walaupun angka dan huruf sudah kenal, dia masih sering kebingungan membedakan O (huruf) dgn 0 (angka) serta M dgn W. Untuk O/0, dia lebih suka menyebutnya sbg O (huruf), kecuali O/0 berpasangan dgn angka 1 membentuk 1O atau 10, maka dia bisa mengenali itu sbg sepuluh. Sedang untuk M/W, dia lebih suka menyebutnya sbg M, kecuali W berpasangan dgn huruf lain yg orientasinya jelas. Nampaknya dia masih kesulitan untuk menentukan orientasi huruf scr vertikal. Ini hanya masalah proses belajar, aku yakin beberapa waktu ke depan dia akan bisa membedakannya. Tergantung kesabaran ayah dan ibunya untuk mengajari, itu saja. Sebelumnya, dia juga kesulitan membedakan U dgn C. Tapi hanya butuh beberapa jam untuk mengajarinya orientasi U dan C ini. Khusus O/0, kayaknya akan butuh waktu lebih lama. Soalnya, secara bentuk memang nyaris gak bisa dibedakan. Bahkan org dewasa pun juga kesulitan membedakan O dan 0 jika gak ada huruf atau angka lain untuk membantu pengenalannya.

Seiring mengajari huruf dan angka, bersamaan aku ajari pula konsep bilangan. Ini bertujuan agar Bily bisa membedakan jawaban untuk pertanyaan “apa” dan “berapa”. Nampaknya Bily gak ada masalah dgn bilangan. Misalkan, dia disodori mainan berupa angka 2, jika ditanya “ini (ada) berapa?” maka dia akan menjawab “satu”. *trivia: gak semua org dewasa bisa menjawab pertanyaan ini dgn benar!*πŸ˜‰ Tapi ditanya “ini (angka) apa?” maka dia akan menjawab “dua”. Sampai saat ini, Bily baru bisa berhitung sampai 10. Konsep “banyak” dan “sedikit” juga telah dia kenal. Biasanya jika ditanya kumpulan benda yg jumlahnya di atas tiga, dia akan menjawab “banyak”.πŸ˜€

Selain itu, Bily makin suka “ngoprek”.πŸ˜€ Walaupun bisanya baru geser2 tetikus tak beraturan dan klik obyek yg telah dikenalnya dgn baik (tombol atau gambar tertentu). Pokoknya, gak bisa liat ada laptop nyala, dia langsung berusaha mengambil alih, dan minta dibukakan aplikasi kesukaannya: PhotoBooth, TuxPaint, dan GCompris. Kadang ayah dan ibunya harus ngalah kalo Bily udah ngotot mau pake laptop. Liat aja gmn ekspresinya saat dia asik ngoprek PhotoBooth di Mac…πŸ˜†

Bily

Sedang si kecil Bina, sudah mulai jadi “ekor” kakaknya. Apa pun yg kakaknya lakukan, pasti dia tiru. Apa pun yg kakaknya pegang, pasti dia ingin pegang juga. Gak mau yg lain, walau pun sama, tetap harus yg sedang dipegang oleh kakaknya, bukan yg lain. Mereka berdua kalo udah maen kejar2-an, serunya minta ampun deh!πŸ˜€ Ini tampang si kecil saat gak mau kalah dgn kakaknya, ikutan bergaya di depan kamera Mac…

Bahagianya bisa memiliki mereka!πŸ™‚

8 Responses to WO = M0 ?

  1. WishKnew says:

    Rencana mau punya anak berapa Bee? Hehehe.. aku nanya anak… bukan istri…

  2. bee says:

    @wishknew:
    Wah, pertanyaan jumlah anak gak bisa dipisah dari jumlah istri. Kalo tiap istri “ditarget” punya 4 anak, tinggal tunggu aja, aku mampu dapet istri brp ntar.πŸ˜†

  3. YuYud says:

    Bee, anak sampeyan kok ora ono sing merip karo awakmu??lek bagi2 saham yok opo sehh hehe

  4. bee says:

    @yuyud:
    Gpp, Yud. Sing penting sik mirip karo ibune, lek mirip karo tonggo malah repot aku!πŸ˜† Iku artine pisan, aku sukses melakukan program perbaikan kualitas keturunan.πŸ˜€

  5. noryahya says:

    up.. hehehehe…
    muantab bener nih postingan.. sampe2 aku mbayangin udah ngajarin anak belajar.
    selamat dech om bee.. hartamu tak ternilai harganya…πŸ™‚

  6. Silly says:

    ya ampunnnn…

    lucunya anak2 mas, ckckckckckckckkcck…

    Ah, aura kebahagiaan ternyata nyampe sini juga yach… kemarin juga saya posting tentang anya, karna saya bangga sekali punya anak seperti dia, gak tahunya kemarin itu adalah ahri anak nasional… So, What a coincident, isn’t it???

    selamat hari anak nasional yach…

    salam

    Silly

  7. bee says:

    @guess_who:
    HOLY SHOOT!!! Is that you?? Chandra MDE?? One of my best friends at college?? Where have you been, dude?? Hey, if that’s really you, you MUST contact me through YM! Buzz me up at bisma underscore j at yahoo dot com! ASAP!πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: