Sukses ala Madura

Suatu hari, seorang sahabat nge-buzz aku lewat IM. Rupanya dia baru aja membaca blogku setelah sekian lama gak mampir. Bisa dipahami, secara aku bukan blogger yg baik, yg mau (dan bisa) posting blog secara tertib dan teratur dalam interval waktu yg relatif pendek.๐Ÿ˜€

Sahabatku itu alih2 berkomentar lewat fitur blog, malah memilih ngobrol langsung via IM. Rupanya dia pengen berkomentar terkait postingku yg berjudul Home Sweet Home. Berikut cuplikan obrolan kami (dgn melalui sedikit proses editing) …

Sahabat (S): wah, udah sukses loe ya? udah punya rumah sendiri
Bee (B): loh, kok tau? pasti abis baca blogku ya?
S: iya, lama gak ngecek, ternyata udah banyak posting baru๐Ÿ˜€
B: alhamdulillah
B: walaupun bermodal nekad, akhirnya aku mampu beli rumah๐Ÿ™‚
S: syukurlah
S: berarti udah tajir loe sekarang?
B: amin…
B: itu juga modal nekad
B: nekad ngutang๐Ÿ˜†
S: tetep aja
S: gw masih kere nih
S: belum kuat beli rumah, masih ngekos
B: gak usah merendah gitu lah sama gw
B: sapa sih yg gak kenal loe? seorang eksmud sukses di bidang IT
B: loe gak punya rumah bukan krn gak mampu tapi loe aja yg gak niat beli
B: makanya cepetan kawin!
S: hahahaha… kampret loe!
S: larinya kok kesana sih?
B: lah iya, apalagi yg loe cari?
B: kerjaan udah mapan, penghasilan cukup, di kota besar pula
S: ah, loe gak tau sih… ce kota besar gak bisa diarepin bro
B: sama aja lah, ce di-mana2 ya gitu deh
B: tinggal loe nyari yg gimana n dimana nyarinya
S: hehehehe…
S: teorinya sih begitu, tapi prakteknya susah
S: apalagi gw gak punya banyak waktu buat tetek bengek romantisme
B: halah… saking aja loe belum ketemu yg pas
B: ntar kalo udah ketemu, pasti aslinya keluar: buaya darat!
B: kek gw gak tau tingkah loe di kampus aja๐Ÿ˜›
S: hahahaha…
S: ya gitu deh๐Ÿ˜€
B: tuh kan๐Ÿ˜›
S: ya udah, gw ada kerjaan nih
S: sukses buat loe ya
B: thanks bro
B: gutlak juga buat loe

Dan tak lama kemudian perbincangan kami pun berakhir. Aku tersenyum. Membayangkan dia dgn setumpuk kesibukan disana-sini. Wajar kalo dia gak punya banyak waktu untuk mikirin cewek. Walaupun aku yakin sebenarnya gak sulit bagi dia dapetin cewek. Cewek mana sih yg gak mau sama cowok eksmud (eksekutif muda) metropolitan? Paling dia juga punya banyak TTM.๐Ÿ˜€

BTW… obrolan tentang parameter sukses tadi mengingatkanku pada sebuah anekdot Madura. Katanya, parameter sukses buat orang Madura (cowok) itu ada dua: poligami dan haji. Seorang laki2 yg udah mampu berpoligami dan naik haji, berarti dia terhitung udah sukses, lahir batin, dunia akhirat. Insya Allah.

Ku-pikir2 ada benernya juga sih. Mewujudkan dua hal itu memang gak mudah. Membina rumah tangga dgn 1 orang istri aja sulit, apalagi 2! Berusaha memenuhi kebutuhan rumah tangga dgn 1 istri plus 2 anak aja harus dibelain kerja lembur, apalagi mikirin naik haji! Mendidik 1 istri aja susah, apalagi 2! Belum mendidik anak2. Lunasin kredit rumah aja susah, apalagi ditambahi tabungan haji! Belum biaya pendidikan anak2. Itu baru 2 istri, lah kalo 3, kalo 4?! Wew… bisa dibayangin betapa ribetnya!๐Ÿ˜€

Dari 2 parameter itu, dan melihat kondisiku sekarang, berarti aku belum bisa dibilang sukses dong! Gmn Dek, mau membantu kangmas-mu ini meraih kesuksesan ala Madura?๐Ÿ˜†

15 Responses to Sukses ala Madura

  1. ulan says:

    jadi kapan mau poligami om??
    aku bilangin lhooo…
    *kabur*

  2. WishKnew says:

    Yang sekarang dah optimal belum Bee? Jangan sampai nambah tambah bubrah.
    Enak siiiiy.. tapiii… bayangkan istri pertama memeluk guling ketika kau memeluk …

  3. bprasetio says:

    heheh si bee sedang dalam proses mengoptimalkan dan men-stabilkan versi 1.x (sekarang v1.2 kan ya), mungkin nanti kalo udah stabil luar dalam baru beranjak ke versi 2.x๐Ÿ˜€

  4. bee says:

    @ulan:
    Gak perlu repot2, istriku juga pembaca blog ini kok.๐Ÿ˜›

  5. ichan29 says:

    nyelam kok malah kandas disini, is ok..
    sekedar menyikapi dari judul diatas,apakah judul diatas memang mencerminkan
    semua mayoritas orang madura ato mungkin sebagian, wuih.. sungguh sangat disayangkan klo memang pendapat itu adalah mayoritas, karena islam tdk mengajarkan sesuatu yg sukses itu dg hal yg dimaknai dg begitu kecil.
    bagus secara vertikal dan horisontal itulah yg disebut sukses dunia dan akhirat, amin

  6. bee says:

    @ichan29:
    You didn’t get the point.๐Ÿ™‚ Sangat disayangkan.

    Sukses, poligami, dan haji, ketiganya bukan hal yg (begitu) kecil, dan ketiganya juga mengarah ke vertikal sekaligus horisontal.๐Ÿ˜‰

  7. ichan29 says:

    xixixi.. mampir lg ah,
    secara harfiah dikau sangat bener sekali, malah super bener mungkin, ukuran sukses yg mengarah vertikal terutama hanya DIA yg bisa memberikan predikat itu, kita hanya menjalankan syareat, ketidaksempurnaan hanya milik manusia, dan kesemuprnaan cuman DIA-lah yg maha punya.
    Poligami, ini menarik: para dai pun byk yg ikut kearah itu, Al-Quran dan hadist serta kitap kuningpun mungkin sangat sering dibaca, tp kenapa bisa terjadi ya??? salah satu contoh dr kata “adil”, sudah jelas manusia tdk akan pernah bisa adil, kerena manusia mempunyai sifat yg unik, keadilan hanya milik DIA.๐Ÿ™‚
    maaf klo salah, karena kembali manusia tempatnya kesalahan, sedangkan kebenaran hanya milik DIA.

  8. bee says:

    @ichan29:
    Ah, sudah saya duga, diskusi akan mengarah ke poligami.๐Ÿ˜‰ Tentang adil, sebenarnya jawabannya juga jelas. Jika keadilan semata-mata hanya milik Dia, kenapa banyak sekali tuntutan untuk berlaku adil dibebankan pada manusia? Bukan hanya untuk urusan poligami loh! Tentu adil yg dituntut Dia bukan adil seperti adilnya Dia.๐Ÿ˜‰

    Somehow, I saw a “pattern” within your argument. Mudah2-an Anda bisa menangkap maksud saya sehingga diskusi cukup sampe disini saja.๐Ÿ˜‰

  9. fie says:

    bee.. salam buat si “S” yah…๐Ÿ™‚

  10. bee says:

    @fie:
    Si “S” ini sapa? Semua temenku berinisial “s”. Ada Suedo, Susie, Susan(to), Sumeti, Sujakfar, Sudheche, Sudany, Sureza, Sutogik, Sujoko, Sutatang, dan su-su lainnya.๐Ÿ˜€

  11. fitri says:

    Bee.. awalnya gw senyum-senyum sendiri baca obrolanmu.. sambil ngebayangin, sapa ya eksmud IT ini.. kayaknya gw juga kenal ha ha.. Tapi di akhir, gggrrrrrhhhh.. jadi pengen marah.. emang beneran parameter sukses ala madura itu poligami??

    Hemmm.. untung gw ga kawin ama orang madura hua haaa.. *kabur*

  12. bee says:

    @fitri:
    Hehehe… gak usah diambil ati. Namanya juga anekdot. Benar salahnya gak jelas.๐Ÿ˜€ Tapi scr konsep, sebenarnya masuk akal loh! Seseorang pernah berkata, kalo gak salah begini (CMIIW): “aku lebih baik memimpin 1000 pria ke medan perang, daripada memimpin 2 org wanita di rumah”. Nah loh!๐Ÿ˜†

  13. zuq says:

    he..he…, berat juga jd laki2 tp itulah simbol laki2…..

  14. Alfi says:

    what???? yach, syukur dech udah putus dari cowok madura.
    setuju banget tuh dengan komentar fitri. hi hi hi…..
    gak mau ah, kawin ama orang madura hua ha ha ha…

    kaburrrrrrrrr

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: