Kenapa suara dihitung 1?

Ngelanjutin ide Golongan Pelangi, tau2 kepikiran ide nyeleneh lain. Ada yg tau gak, kenapa suara pemilih (harus) dihitung penuh 1? Kenapa gak bisa kita menyalurkan suara dalam pecahan seperti setengah, seperempat, gitu? Ada yg bisa ngasih penjelasan (URL)?😀

Menurutku sih, kayaknya lebih adil jika kita bisa memberikan suara tidak dalam bilangan bulat, walaupun total akhirnya maksimal tetep 1 (bulat). Kalo dirasa menyulitkan, tinggal dibatasi aja pemecahannya dgn aturan (UU), misalnya hanya boleh membagi suara menjadi 4, tidak boleh dibagi selain itu, tapi membolehkan gabungan. Dgn begitu, kita kan bisa lebih nyaman memilih dan menentukan prioritas pilihan. Misal, kita lihat partai/caleg A berpotensi tapi belum jelas rekam jejaknya, kita bisa berikan suara setengah. Seperempat kita berikan ke partai/caleg B yg pernah menjabat dan cukup berhasil walaupun banyak kekurangannya. Seperempat sisanya, tidak kita gunakan.

Bukannya ntar malah beribet ngitungnya? Ya itu masalah KPU, bukan masalah saya (dan kita). Buat apa mereka dibayar mahal, tapi maunya kerja enak dan mudah.😛 Dan jika didukung dgn sistem TI yg canggih, harusnya gak perlu jadi masalah besar. Gak perlu juga alasan biaya akan membengkak, krn kalo semuanya dilakukan dgn efektif dan efisien, bukan dgn mark-up dan korupsi, biayanya pasti bisa ditekan.

Lagi pula, dgn mekanisme suara pecahan begini akan bisa… ah, sudahlah… gak penting banget sih mikirin ginian! Mending main Wii aja yuk! *di kantor lagi demam Wii*😀

5 Responses to Kenapa suara dihitung 1?

  1. hurie says:

    > Mending main Wii aja yuk! *di kantor lagi demam Wii*😀

    Yuk….

  2. noryahya says:

    wekekekekekkkk…
    lagi kedanan Wii neh… DS gw dah jadul

  3. abu fikri says:

    Hmmm .. saya malah membayangkan Pemilu di negara kita menggunakan peralatan PC TouchScreen yg menampilkan gambar Partai & Caleg. Tanpa ‘Contreng’ dan ‘Coblos’ tapi cukup ‘Sentuh/Pencet’. Setelah itu akan mencetak 1 lembar surat suara sbg tanda bukti pilihan dia yg nantinya dimasukkan ke kotak suara dan dilakukan perhitungan secara manual. Perhitungan secara otomatis gampang .. tinggal liat di database. Insya Allah disini kita akan menghemat Puluhan/Ratusan Milyar kertas suara segede koran spt sekarang ini.
    Perhitungan suara dijamin cepat bahkan lebih cepat dari QuickCount.
    Tingkat Akurasi ?? Dijamin 100% akurat dibandingkan ‘Ide Guoblokk’ yg menyarankan pake ICR utk membaca tulisan tangan.
    Jika Tim IT KPU nggak sanggup ngerjakan ?? serahkan aja pada kami yg lebih berpengalaman (di PSB Online, contohnya hihihi)

  4. Ka!Tok says:

    weh, ide brilian tu ^^ (abu fikri)
    kenapa gak dibuat system seperti itu ya
    kan bisa lebih hemat. ato memang dibuat
    ribet biar masih ada jalur untuk… he3x

  5. Ferinannnd says:

    Спасибо за статью, всегда рад почитать вас!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: