Toni Blank: Kewarasan Di Balik Ketidakwarasan

Toni Blank ShowSebenarnya ini bukan hal yg sepenuhnya baru. Tapi mengingat pesan2 Toni Blank masih cukup relevan dengan kondisi politik akhir2 ini, maka saya mencoba menampilkannya kembali. Bisa dibilang ini adalah usaha “melawan lupa”™ sekaligus sebagai hiburan di tengah hiruk-pikuk seriusnya panggung politik di negeri ini.

Sebelumnya, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan tokoh utama kita yaitu mas Toni Blank. Berdasarkan pengakuannya sendiri, Toni Blank mempunyai nama asli Toni Edi Suryanto. Dalam versi Jermannya, namanya adalah Tonikum Bayer. Toni Blank dilahirkan di sebuah dusun di daerah Bantul, Yogyakarta pada tanggal 24 September 1969. Dulu ada heboh bayi ajaib di daerah Bantul, Yogyakarta pada awal tahun 70-an. Konon katanya bayi ajaib itu adalah Toni Blank. Masih berdasarkan pengakuannya, saat baru berusia sekitar 5-6 bulan, Toni Blank kemudian pindah ke Amerika Serikat tepatnya di kota Detroit dan sempat bersekolah di sana. Toni Blank kembali ke Indonesia pada tahun 1975. Toni Blank mengaku pernah bersekolah di SMA Padmanaba Yogyakarta dan juga sempat kuliah di UGM (Universitas Gajah Mada) Yogyakarta. Toni Blank punya cita2 ingin menjadi pelatih pesawat udara atau dia sebut “super star sky” atau “pelatih pilot nasa”. Selain itu, Toni Blank juga ber-cita2 ingin menjadi astronot teladan.

Itu sekilas masa lalu mas Toni Blank. Saat ini, Toni Blank adalah salah satu penghuni sebuah panti sosial di kawasan kota Yogyakarta. Toni Blank harus dirawat di panti sosial karena mengidap schizophrenia dan hilang ingatan, atau dalam bahasa awam disebut ‘gila’ alias ‘tidak waras’. Walaupun demikian, bukan berarti Toni Blank adalah orang bodoh. Bahkan diduga Toni Blank termasuk orang yg cukup cerdas sebelum terkena schizophrenia. Ini dibuktikan dengan hobinya membaca apa saja, mulai dari sobekan kertas lusuh, koran dan majalah, hingga berita di internet. Tak perlu heran jika Toni Blank punya pengetahuan umum yg cukup baik dan mengerti kejadian2 aktual yg sedang ramai dibicarakan di masyarakat dan media. Toni Blank juga cukup fasih berbahasa Inggris dengan pengucapan (pronounciation) yg cukup baik, setidaknya untuk seorang pengidap schizophrenia. Memang sebagian besar perkataan Toni Blank terkesan konyol, ngawur, dan acak, alias “asal njeplak”™. Wajar jika banyak orang waras menganggap perkataannya tidak bermakna dan sekedar jadi bahan tertawaan saja. Namun jika diperhatikan secara lebih seksama, terkadang perkataan Toni Blank masih mengandung sedikit kewarasan. Perkataan2-nya kadang masih menunjukkan adanya opini, keprihatinan, kegelisahan, perhatian, apresiasi, bahkan filosofi dari seorang Toni Blank.

Sisa2 kewarasan dan kecerdasan itulah yg dicoba untuk ditangkap oleh kru X-Code (dibaca: kali code) Films. Secara kreatif, X-Code Films membuat semacam acara indie show dengan bintang utama Toni Blank dan disebut dengan Toni Blank Show. Dengan teknik wawancara (interview), tim kreatif X-Code Films berusaha menggali opini, pesan, nilai, serta filosofi seorang Toni Blank atas kejadian aktual yg sedang berlangsung di masyarakat. Ini bukan usaha yg mudah karena Toni Blank dikenal susah dikendalikan dan tidak mau berpakaian secara pantas. Pada awalnya, video acara ini diedarkan secara terbatas melalui facebook. Namun, seperti biasa, akhirnya video2 tersebut beredar luas di internet, khususnya di youtube. Toni Blank Show dimulai sejak akhir tahun 2009 hingga awal tahun 2010 (sesi 1), kemudian dilanjutkan di pertengahan tahun 2010 (sesi 2), dan sesi 3 dibuat sejak akhir 2010 dan sedang berlangsung hingga kini. Rupanya acara ini cukup diminati dan punya cukup banyak penggemar di internet. Penggemarnya tidak hanya dari dalam negeri, tapi juga dari luar negeri. Tidak tanggung2, beberapa kali rombongan bule luar negeri jauh2 datang ke panti sosial tempat Toni Blank dirawat sekedar untuk bertemu dan berbicara langsung dengan Toni Blank.

Cukup tentang Toni Blank dan X-Code Film, mari kita simak saja beberapa episode Toni Blank Show yg terkait dgn Politikana berikut ini. Selamat menikmati. Salam Pro Love! Saparatoz Blank!😀

Sesi 2 Episode 5: DPR

Sesi 2 Episode 7: Korupsi

Sesi 2 Episode 8: Kepolisian

Sesi 2 Episode 10: Presiden

Sesi 2 Episode 13 (finale): Tentang Toni Blank Show

Sumber: Disarikan dari berbagai sumber di internet.

5 Responses to Toni Blank: Kewarasan Di Balik Ketidakwarasan

  1. wawan says:

    mas, aku baru ngerti pertama ini soal toni blank. dan ternyata omongan mas toni yang memiliki nilai manusia alternative young forever ini benar-benar bikin orang mainstream seperti saya sampean dan mami-papi government gak bisa nahan ketawa. sebenarnya ada perasaan kok ya ndak pantes kalau saya menertawakan mas toni blank yang alternative blank intuitif ini. tapi ternyata keceplosan-keceplosannya itu bikin lucu.

    kalau menurutku sih mas, waktu ditanya tentang sesuatu (terutama yang bagian kesehatan), mas toni blank ini sebenarnya tahu yang dimaksud dan bisa menjawab yang dimaksud. tapi pada saat-saat tertentu stream of consciousness-nya membuat dia menghubungkan hal-hal yang dia ucapkan dengan residu di otaknya dan dia tidak bisa mengendalikan ceplosan-ceplosan dari residu di otak itu. jadinya ya … lucu kalau di tengah-tengah rokok keluar cigarette flavor.

    ya, menurut definisi lazim sih ini memang dikatakan schizophrenia, ketidakmampuan mengendalikan lanjut pikiran koheren dan yang paling kasihan seringkali pengidap schizophrenia itu tidak punya kesadaran akan liniaritas waktu on the time being human. wah… aku kok yo melok ya?

    pokoke anyway blank separatos. semoga mas toni blank tetap sehat pukesmas. separatoz speedy gonzales!

  2. Bee says:

    Waduh… Mudah2an mas Wawan gak berniat jadi penerus Toni Blank. Nyebut mas, nyebut!😀

  3. dinaJS says:

    “toni combier”
    ckckckckckc

  4. nizfero says:

    ane baru kenal nama toni blank or saparatoz itu SMK tp blm tau kalo ttg x code film . ya kan jurusannya grafika jadi masih buram buram peteng sih tentang production house:D . lhaaaah sekarang magang di x code ketemu om toni..Dunia itu memang selebar daun pisang. .ehh salah daun pisang kan lebar . .maksud ane kelor..:D Ngakak

  5. daroeseco says:

    isih seneng karomas toni . prolove

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: