Taktik Laut Biru

Entah kenapa kok mendadak pengen ngetwit tentang strategi bisnis laut biru aka blue ocean strategy (#BOS).
Tue Oct 18 2011 – 16:05:41

#Nintendo & #Apple adalah 2 perusahaan internasional yg paling saya kagumi. 2 perusahaan ini menarik krn strategi laut birunya. #BOS
Tue Oct 18 2011 – 16:05:53

Lawan dari #BOS adalah red ocean strategy (#ROS). #BOS menarik krn butuh kreatifitas, inovasi, dan visi utk bisa menerapkannya dgn baik.
Tue Oct 18 2011 – 16:06:10

Pada intinya, #BOS memenangkan persaingan bisnis dgn membuat gelanggang tarung baru alih2 bersaing di gelanggang yg telah ada.
Tue Oct 18 2011 – 16:06:29

Membuat gelanggang tarung baru tentu sangat beresiko, kemungkinannya cuma 2: gagal total atau sukses besar. Tak ada tengah2. #BOS
Tue Oct 18 2011 – 16:06:41

Itu sebabnya tak banyak perusahaan yg berani menerapkan #BOS. Umumnya cari aman dgn terjun ke gelanggang tarung yg ada alias #ROS.
Tue Oct 18 2011 – 16:07:00

Tapi #Nintendo berhasil dgn #Wii & DS. #Apple, ini yg hebat, berhasil dgn #Mac #iPod #iPhone & #iPad. Berkat tangan dingin Steve Jobs. #BOS
Tue Oct 18 2011 – 16:07:15

Scr pribadi, saya lebih kagum pada #Apple krn ada faktor lain selain #BOS, yaitu keunggulan dlm desain & UX. Tapi ini bahasan lain.
Tue Oct 18 2011 – 16:07:25

Mari kita telaah #BOS dari #Nintendo #Wii. Saat itu game console #PS & #XBOX bersaing dgn spek teknis yg canggih dan tampilan 3D.
Tue Oct 18 2011 – 16:07:35

#Nintendo bikin terobosan dgn wireless motion controller yg tak tersedia di console apa pun (saat itu). Game console ini disebut #Wii. #BOS
Tue Oct 18 2011 – 16:07:44

Saat #Wii pertama kali diperkenalkan ke publik, pesaing menertawakannya. Motion controller dianggap tidak menarik dan “aneh”. #BOS
Tue Oct 18 2011 – 16:07:56

Spek teknis #Wii juga lebih rendah dari console lain & tak menawarkan 3D yg saat itu sedang tren di #PS dan #XBOX. Tapi harga setara. #BOS
Tue Oct 18 2011 – 16:08:08

Pokoknya #Wii diramalkan akan gagal di pasar. Lebih jauh, Wii diprediksi akan membawa #Nintendo jatuh jurang kebangkrutan. #BOS
Tue Oct 18 2011 – 16:08:16

Tapi fakta bicara lain. #Wii meledak di pasar, mencetak rekor demi rekor penjualan & membawa #Nintendo bangkit dari keterpurukannya. #BOS
Tue Oct 18 2011 – 16:08:24

Pesaing terperangah & kebingungan memahami fenomena kesuksesan #Wii. Kok bisa spek rendah, tanpa 3D, & motion controller laku keras? #BOS
Tue Oct 18 2011 – 16:08:33

Tak mau kalah, para pesaing ter-gopoh2 ikut membuat motion controller utk console mereka. Sesuatu yg sebelumnya mereka tertawakan. #BOS
Tue Oct 18 2011 – 16:08:43

Tapi reaksi mereka telat krn motion controller adalah hal baru bagi mereka & pasar telah dikuasai oleh #Wii. Mereka butuh waktu. #BOS
Tue Oct 18 2011 – 09:08:52

Saat mereka siap merilis produk baru utk menyaingi #Wii, pasar mulai jenuh & telah menjadi red ocean. #Nintendo telah jauh memimpin. #BOS
Tue Oct 18 2011 – 16:09:03

Apa yg terjadi tsb adalah tipikal kejadian yg mengawali kesuksesan #BOS. Hal yg serupa juga terjadi pada #Apple #Mac #iPod #iPhone & #iPad.
Tue Oct 18 2011 – 16:09:15

Pebisnis yg akan mencoba #BOS harus jeli, berwawasan, berani ambil resiko, & bisa berpikir beda. Riset pasar bukan lagi senjata utama.
Tue Oct 18 2011 – 16:09:25

Kadang ada pebisnis yg bilang telah menerapkan #BOS tapi sebenarnya cuma melakukan variasi produk namun masih dalam red ocean.
Tue Oct 18 2011 – 16:09:33

#BOS lebih dari variasi produk. #BOS menciptakan medan saing baru yg sebelumnya tak ada. Kadang bahkan medan yg tak terpikirkan sebelumnya.
Tue Oct 18 2011 – 16:09:41

Medan saing yg diciptakan #BOS akan jadi red ocean seiring masuknya pesaing ke medan tsb. Saat itu biasanya pencetus #BOS telah jadi raja.
Tue Oct 18 2011 – 16:09:51

Pencetus #BOS tinggal mempertahankan kesuksesan di red ocean dgn variasi & update produk selama mungkin hingga akhirnya pasar jenuh.
Tue Oct 18 2011 – 16:10:00

Tapi pebisnis #BOS sejati tak mudah puas dgn 1 blue ocean. Dia akan menciptakan blue ocean lain di segmen berbeda atau dgn produk berbeda.
Tue Oct 18 2011 – 16:10:08

Musuh/pesaing terbesar pebisnis #BOS bukanlah siapa2 melainkan dirinya sendiri. Yg tak bisa melakukan ini akan terjebak dlm red ocean.
Tue Oct 18 2011 – 16:10:18

#Nintendo saat ini sedang dlm posisi tsb. #Wii & DS telah tersaingi produk2 yg lebih baik dari pesaing. Wii-U & 3DS adlh #ROS bukan #BOS.
Tue Oct 18 2011 – 16:10:29

#BOS tak selamanya berbuah sukses. #Apple pernah gagal dgn Newton-nya. #BOS yg gagal itu menyakitkan, jendral!🙂
Tue Oct 18 2011 – 16:10:38

Demikian sedikit sharing tentang #BOS (blue ocean strategy). Saya bukan pakar bisnis. Mohon maaf & maklum jika ada yg salah. Trims.🙂
Tue Oct 18 2011 – 16:10:53

Tapi bukan berarti #ROS buruk. Hanya saja, #ROS bisa dilakukan oleh siapa pun dgn resiko yg lebih kecil. #BOS sebaliknya. Itu yg menarik!
Tue Oct 18 2011 – 16:11:03

*colek om @nukman* Mohon sedikit tanggapan ttg blue ocean strategy #BOS yg baru saya bahas, mungkin bisa jadi bahasan di #wiRABUsaha.🙂
Tue Oct 18 2011 – 16:14:31

2 Responses to Taktik Laut Biru

  1. kusnadi says:

    Pak, analisa sedikit ttg Tupperware dong..apakh skr sdh masuk kriteria ROS? Kita maunya ttp BOS spt awal kemunculannya..tks

  2. bee says:

    @kusnadi: Wah, saya gak berani komen ttg Tupperware. Selain saya gak kenal profil Tupperware, saya juga kurang paham dunia bisnis di bidang usaha Tupperware (peralatan rumah tangga?). Tapi intinya begini, ketika kita mulai stuck dgn produk lama yg itu2 aja, dan kita mulai mengalihkan perhatian dari inovasi utk menghasilkan produk hebat ke usaha utk memenangkan persaingan, itu tanda2 awal bahwa kita mulai berkubang di ROS. Nah, silakan anda analisa sendiri apakah Tupperware masih di BOS atau sudah di ROS.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: