Mahasiswa dan Vandalisme

March 31, 2012

Kalo vandalisme dibenarkan atas nama cari perhatian, knp gak sekalian bunuh2 org aja? Dukung mahasiswa bukan berarti dukung vandalisme. πŸ™‚
Sat Mar 31 2012 – 09:10:35

Kalo memang mahasiswa itu kaum intelek (pinter), apa ya gak bisa cari perhatian dgn cara yg beradab? Jurus vandalisme sih kayak anak TK. πŸ˜›
Sat Mar 31 2012 – 09:12:07

Kalo memang mahasiswa itu kaum intelek (pinter), apa ya gak bisa cari perhatian dgn cara yg beradab? Jurus vandalisme sih kayak anak TK. πŸ˜›
Sat Mar 31 2012 – 09:12:07

Kalo vandalisme mahasiswa bisa dipahami dan direstui, knp vandalisme kalangan tertentu (aka teroris) dikutuk? Motifnya bisa jadi sama kan?
Sat Mar 31 2012 – 09:19:35

IMO, vandalisme mungkin bisa dipahami jika dilakukan org2 yg kurang berpendidikan. Tapi dilakukan mhs? Madesu deh! πŸ™‚
Sat Mar 31 2012 – 09:23:12

Rakyat kecil juga jadi korban dari vandalisme saat demo tsb. Konon revolusi butuh korban, tapi kalo bisa dihindari, knp tidak?
Sat Mar 31 2012 – 09:25:55

Kalo mahasiswa2 itu tak mampu cari cara beradab supaya didengar pemerintah, gmn mereka bisa kreatif cari solusi atas masalah2 bangsa?
Sat Mar 31 2012 – 09:36:27

Jangan2 nanti mereka memimpin dgn cara2 vandalis juga. Konflik dikit, hajar bleh! Beda dikit, kepruk saja! Wah, madesu bangsa kita ini. 😦
Sat Mar 31 2012 – 09:37:40

Dan ironis jika kita mengutuk aksi kekerasan di berbagai kasus lain, tapi merestui kekerasan yg dilakukan mhs saat demo. Standar ganda?
Sat Mar 31 2012 – 09:39:33

Demo BBM bukan terjadi dari kondisi chaos dibawah. Disebut revolusi pun rasanya belum pantas. Vandalisme utk cari perhatian, IMO berlebihan.
Sat Mar 31 2012 – 09:48:14

Mhs demo, bagus. Tapi jgn sombong bhw org lain yg tak demo berarti tak lakukan apa2 utk perbaiki keadaan. Emang solusinya cuma demo doang?
Sat Mar 31 2012 – 09:53:08

Kalo cuma dgn demo lalu semua masalah beres, demo aja tiap hari. Dari pagi sampe malem, selama setahun. Mungkin mendadak Indo jadi baik. πŸ˜›
Sat Mar 31 2012 – 09:54:22

Demo is overrated. πŸ˜› #mahasiswangehe
Sat Mar 31 2012 – 09:54:58

#mahasiswangehe itu mhs yg demo dgn vandalisme tapi menganggap dirinya sudah lakukan perbaikan besar utk bangsa. Pret! πŸ˜›
Sat Mar 31 2012 – 09:57:02

#mahasiswangehe itu mhs yg demo dgn vandalisme dan anggap org lain cuma bisa duduk manis berteori doang tak bisa lakukan apa2. Dung pret! πŸ˜›
Sat Mar 31 2012 – 09:57:55

#mahasiswangehe itu mhs yg sekarang demo dgn vandalisme lalu nanti mereka duduk di DPR, rapat sambil lempar2-an sepatu. Tak dung dung! πŸ˜›
Sat Mar 31 2012 – 10:00:31

#mahasiswangehe itu mhs yg sekarang demo dgn vandalisme (tak beradab) tapi mengaku manusia yg beradab krn bela rakyat kecil. Ta’ uwek! πŸ˜›
Sat Mar 31 2012 – 10:05:09

#mahasiswangehe itu mhs yg sekarang demo dgn vandalisme lalu nanti jadi pemimpin, trus hajar org yg tak sepakat dgn batu. Iwak peyek! πŸ˜›
Sat Mar 31 2012 – 10:06:52

#mahasiswangehe itu mhs yg sekarang demo dgn vandalisme lalu jadi presiden, trus tembak org yg diduga teroris tanpa pengadilan. Sego jagung!
Sat Mar 31 2012 – 10:08:20

Saya dukung ide gerakan mhs utk menolak kenaikan BBM. Tapi saya menolak tindakan vandalisme selama demo. #sikap #mahasiswangehe
Sat Mar 31 2012 – 10:11:12


Tentang Gerakan Khilafah

March 30, 2012

Gerakan penegakan khilafah scr umum ada 2 cara: di luar sistem (ala HT) & melalui sistem #demokrasi (ala IM). Di Indo diwakili HTI dan PKS.
Fri Mar 30 2012 – 15:40:09

Keduanya sama2 mengklaim berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah, tapi beda dlm pemahaman dan pengambilan kesimpulan. Hence, beda eksekusi.
Fri Mar 30 2012 – 15:43:35

Sbg awam, saya yakin mrka berusaha lakukan terbaik demi umat. Mrka beserta ulama2-nya tentu lebih tau hukum & dalil legalitas gerakan mrka.
Fri Mar 30 2012 – 15:47:23

Namun sangat disayangkan jika keduanya bekerja sendiri2, bahkan saling menjatuhkan. Seharusnya mereka bisa sinergi. Toh tujuannya sama.
Fri Mar 30 2012 – 15:48:59

Kbanyakan org awam tak muluk2 dan tak tau-menau urusan dalil. Yg penting apa hasil & gmn perkembangannya. Bisakah bawa perubahan lebih baik?
Fri Mar 30 2012 – 15:56:02

Syariah & khilafah seharusnya bisa berikan maslahat pada umat. Jika sekian tahun tak berikan apa2, mungkin mrka perlu evaluasi diri lagi.
Fri Mar 30 2012 – 15:58:30

Jgn syariah dan khilafah cuma jadi wacana dan diskusi di menara gading. Berikan bukti nyata kalo memang dikatakan itu adalah solusi terbaik.
Fri Mar 30 2012 – 16:00:22

Sekedar kritik buat kedua belah pihak. Sementara segitu dulu, kapan2 lanjut lagi. Ada perlu. πŸ™‚ *colek @pedyanto @hafidz_ary*
Fri Mar 30 2012 – 16:04:31


#kamiskoding 5: Tips Penamaan Variabel Yg Baik

March 29, 2012

Ya udah, kita bahas tips penamaan variabel yg baik dlm #kamiskoding kali ini. Bantu RT ya. Trims. *colek @nukman dan @priyadi* πŸ™‚
Thu Mar 29 2012 – 13:33:11

Ada 7 tips dlm penamaan variabel yg baik. Tentu ini versi saya. Anda boleh punya tips yg beda. Lebih banyak boleh. πŸ™‚ #kamiskoding
Thu Mar 29 2012 – 13:35:48

Penamaan variabel yg baik penting krn menyangkut faktor readability kode program. Readability udah kita singgung di #kamiskoding pekan lalu.
Thu Mar 29 2012 – 13:39:06

Ok, langsung aja. Tip 1: gunakan nama yg jelas dan menjelaskan (descriptive) dan hindari nama yg terlalu umum (generic). #kamiskoding
Thu Mar 29 2012 – 13:43:23

Contoh, utk variabel usia pegawai, namai ‘usiaPegawai’. Jgn hanya ‘usia’ krn terlalu umum dan kurang jelas itu usia (si)apa. #kamiskoding
Thu Mar 29 2012 – 13:53:11

Tip 2: Nama variabel jgn terlalu pendek (pelit), juga jgn terlalu panjang (boros). Yg proporsional dan secukupnya saja. #kamiskoding
Thu Mar 29 2012 – 13:56:44

Tip ke-2 ini masih ada kaitannya dgn tip ke-1. Beri nama variabel yg jelas, tapi tetap proporsional. Sedang2 aja. πŸ™‚ #kamiskoding
Thu Mar 29 2012 – 13:59:54

Contoh, var utk lama waktu proses tampilkan gambar. Bagus: ‘waktuTampilGambar’. Buruk: ‘lamaWaktuTampilkanGambarKeLayar’. πŸ™‚ #kamiskoding
Thu Mar 29 2012 – 14:02:50

Tip 3: Boleh gunakan singkatan, tapi pilih yg umum. Jika singkatan tak umum, jangan lupa beri keterangan (comment). #kamiskoding
Thu Mar 29 2012 – 14:04:59

Tip yg ke-3 ini utk bantu tip yg ke-2 sehingga nama yg digunakan tetap cukup pendek namun masih cukup jelas. #kamiskoding
Thu Mar 29 2012 – 14:07:07

Contoh, ‘identitas’ bisa disingkat ‘ID’. Ini juga perlu diberi keterangan agar ‘ID’ tak dipahami sbg singkatan Indonesia. #kamiskoding
Thu Mar 29 2012 – 14:09:40

Tip 4: Gunakan notasi penulisan variabel yg benar. Usahakan disesuaikan dan konsisten dgn bahasa/framework yg digunakan. #kamiskoding
Thu Mar 29 2012 – 14:11:38

Contoh, variabel identitas karyawan jadi ‘karyawan_id’ di PHP, atau ‘KaryawanID’ di Pascal, atau ‘karyawanID’ di Java. Dst. #kamiskoding
Thu Mar 29 2012 – 14:14:18

Tip 5: Hindari penggunaan logika negatif dlm nama variabel. Logika negatif cenderung lebih sulit dipahami dlm alur program. #kamiskoding
Thu Mar 29 2012 – 14:15:57

Biasanya ini terkait penamaan variabel status (flag). Contoh, status aktif. Bagus: ‘isActive’. Buruk: ‘isNotActive’. #kamiskoding
Thu Mar 29 2012 – 14:19:21

Tip 6: Konsisten. Khususnya dlm pemilihan kata dan singkatan. Ketidakkonsistenan akan menimbulkan ambigu. #kamiskoding
Thu Mar 29 2012 – 14:21:15

Contoh, jika pengguna disebut ‘user’ maka gunakan itu di seluruh bagian program. Jgn campur aduk dgn ‘client’, misalnya. #kamiskoding
Thu Mar 29 2012 – 14:22:33

Contoh lagi, jika kata gambar disingkat ‘gbr’ maka gunakan itu di seluruh program. Jgn campur aduk dgn ‘gambir’, misalnya. πŸ™‚ #kamiskoding
Thu Mar 29 2012 – 14:25:24

Tip 7: Tentukan lingkup penamaan yg tetap. Kata yg dipilih bisa berarti beda dlm lingkup yg beda. Jangan pilih kata ambigu. #kamiskoding
Thu Mar 29 2012 – 14:29:24

Contoh, jika ‘gbr’ dipakai merujuk pada FILE gambar, jgn gunakan lagi utk merujuk pada CANVAS tempat gambar di layar. #kamiskoding
Thu Mar 29 2012 – 14:33:19

Pencampuradukkan konteks arti kata yg dipilih berpotensi salah memahami kode program. Ini juga brlaku dlm konsistensi penamaan. #kamiskoding
Thu Mar 29 2012 – 14:36:12

Eh, tip ke-6 (konsistensi) harusnya saya sebut terakhir ya. Soalnya semua tip itu harusnya diterapkan scr konsisten. #kamiskoding
Thu Mar 29 2012 – 14:38:15

Demikian 7 tip penamaan var program yg baik, versi saya. Kesimpulannya adlh: pikir dulu sebelum bikin variabel. Moga brmanfaat. #kamiskoding
Thu Mar 29 2012 – 14:42:21

Silakan jika ada tanggapan. #kamiskoding *colek @priyadi dan @jazle lagi ah* πŸ˜€
Thu Mar 29 2012 – 14:43:37


SUC: Pelawak atau Komedian?

March 23, 2012

Ngobrol2 dgn @dbaonk ttg stand-up comedy (#suc), jadi pengen nyampein kritik nih. Semoga diterima dgn positif, krn saya juga penikmat. πŸ™‚
Fri Mar 23 2012 – 11:09:15

Berawal dari pengistilahan yg tampaknya cukup ber-belit2, saya menangkap adanya gejala euforia dan ekslusifisme dari para pelaku #suc.
Fri Mar 23 2012 – 11:11:29

Sbg sebuah seni baru (impor), saya pikir hal tsb wajar2 aja. Para pelakunya ingin tampil beda, masih kental dgn idealisme, dst. #suc
Fri Mar 23 2012 – 11:15:18

Tapi makin lama saya liat kok makin berlebihan. Aroma eksklusifnya makin kuat. IMO, hal ini perlu diingatkan supaya gak kebablasan. #suc
Fri Mar 23 2012 – 11:20:02

Sbg bagian dari seni lawak, esensi dan idealisme #suc sama aja dgn “genre” lawak lainnya. Yaitu sama2 sampaikan pesan melalui kelucuan.
Fri Mar 23 2012 – 11:22:18

Krn itu, keengganan pelaku #suc utk gunakan istilah “pelawak”, terus terang sedikit mengusik nurani saya. Ada aroma arogansi. CMIIW.
Fri Mar 23 2012 – 11:24:22

Memang skrg kesan istilah “pelawak” cenderung sbg hiburan belaka. Nyaris tak ada idealisme seni. Jadi, tak bisa salahkan #suc spnuhnya juga.
Fri Mar 23 2012 – 11:28:57

Tapi, IMO itu cuma dinamisasi saja. Tak ada jaminan #suc ke depannya akan bisa terus jaga idealisme. Dan itu belum tentu hal yg buruk.
Fri Mar 23 2012 – 11:31:41

Ada penikmat yg memang ingin cari “nilai tambah” dari sebuah seni. Tapi ada juga penikmat yg sekedar ingin cari hiburan saja. #suc
Fri Mar 23 2012 – 11:32:51

Pelaku #suc pun juga begitu. Ada yg ingin tetap idealis, tapi ada juga yg ingin pragmatis. Dan IMO itu wajar saja. Alami. Tak harus dicegah.
Fri Mar 23 2012 – 11:33:51

IMO, #suc tak lebih dari “genre” saja dlm seni lawak. Tak lebih tak kurang. Bagaimana eksekusi di lapangan, serahkan pada masing2 pelaku.
Fri Mar 23 2012 – 11:35:22

Kembali ke masalah istilah. IMO, tak perlu #suc serap istilah baru. Gunakan saja “pelawak tunggal”. Scr tampak mata kan memang begitu.
Fri Mar 23 2012 – 11:37:21

Memaksakan istilah2 baru seperti “komedian”, “komik”, dsb justru timbulkan tanda tanya dan kesan eksklusifisme (bahkan arogansi). #suc
Fri Mar 23 2012 – 11:39:18

Bagi saya pribadi, ada sedikit kesan “minder” thd bahasa kita sendiri. Kalo ada padanan katanya, knp harus serap bhs asing? #suc
Fri Mar 23 2012 – 11:40:41

Jika memang istilah lokal mengalami penyempitan makna, kenapa #suc tak perjuangkan utk kembalikan istilah itu ke makna aslinya?
Fri Mar 23 2012 – 11:42:18

Justru itu sekalian bisa jadi pembeda dan nilai lebih #suc ala Indonesia dgn #suc dari negeri asalnya. Kan keren tuh, kesannya gak ngekor.
Fri Mar 23 2012 – 11:43:58

So, mari kembali ke “khittah” bahasa kita. Bahasa Indonesia yg baik dan benar. Demikian. Semoga berkenan. πŸ™‚ #suc
Fri Mar 23 2012 – 11:44:58


#kamiskoding 4: Mutu Kode Program

March 22, 2012

Selamat jumpa lagi di #kamiskoding. Hari ini kita bahas ttg mutu kode program (code quality). Bantu RT ya. Trims. *colek @nukman @jazle* πŸ™‚
Thu Mar 22 2012 – 16:31:52

Setelah beberapa pekan kita selalu bahas orgnya (programmer), gantian kali ini kita bahas kode programnya. Biar gak bosen. #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:32:07

Setiap programmer yg baik, idealnya selalu hasilkan kode program dgn mutu yg baik pula. Bagaimana menilai mutu kode program? #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:32:23

Ada banyak kriteria menilai mutu kode, ada faktor subyektifitas juga. Tapi IMO setidaknya ada 4 hal dasar yg menentukan, yaitu: #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:32:38

1) Readability. Yaitu seberapa mudah kode utk dibaca dan dipahami maksud dan tujuannya. Makin mudah dipahami semakin baik. #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:32:49

Faktor2 yg mendukungnya a.l sintaks bhs yg digunakan, komentar program yg cukup, penamaan yg baik, algoritma yg tepat, dst. #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:33:02

Kode yg mudah dipahami bisa mencegah usaha pemasangan backdoor oleh programmer yg tak bertanggung jawab dgn teknik obscurity, #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:33:15

memudahkan pencarian kesalahan (bug) sehingga memudahkan perawatan (maintenance), memudahkan utk dilanjutkan org lain, dsb. #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:33:32

2) Ekstensibility. Yaitu seberapa mudah kode utk diubah dan dikembangkan lebih jauh. Makin mudah dikembangkan semakin baik. #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:33:48

Faktor2 yg mendukungnya a.l desain program yg bagus, arsitektur program yg fleksibel, teknik coupling yg cocok, dst. #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:34:00

Kode yg mudah diubah-kembangkan sangat penting, khususnya yg terapkan metode agile, krn biasanya sering terjadi perubahan. #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:34:25

Selain itu juga penting dlm perencanaan roadmap krn perpindahan ke tahap selanjutnya bisa dilakukan dgn perubahan yg minimal. #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:34:40

3) Atomicity. Yaitu keterpisahan dan keunikan kode program. Kode yg baik bagiannya terpisah/terkelompok scr rapi dan unik. #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:34:54

Faktor2 yg mendukungnya a.l desain program yg bagus, disiplin penulisan yg tinggi, penerapan refactoring yg baik, dst. #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:35:10

Kode yg tingkat atomicity-nya tinggi scr umum akan hasilkan kode program yg efektif dan efisien namun tetap relatif sederhana. #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:35:34

Misal semua data dan operasi terkait biodata mahasiswa ada di class MAHASISWA, terpisah dgn class NILAI yg tampung nilai mhs. #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:35:45

Misal operasi nilai mhs hanya ada di class NILAI saja, tidak terduplikasi di class KELAS, atau juga ada di class MATAKULIAH. #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:35:58

4) Testability. Yaitu kemudahan dlm penerapan pengujian program. Tak hanya utk unit testing, tapi juga uji integrasi, dsb. #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:36:12

Faktor2 yg mendukung a.l disiplin pengujian yg tinggi, desain pengujian yg baik, penerapan uji mutu (QA) yg bagus, dst. #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:36:27

Kode yg tingkat keterujiannya tinggi scr umum akan hasilkan program yg stabil dan handal krn setiap bagiannya telah diuji baik. #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:36:43

Ke-4 faktor di atas saling tarik-menarik satu sama lain. Kode yg tingkat keterujiannya baik, tentunya atomicity-nya akan baik. #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:36:58

Kode yg readability-nya bagus, tentu mudah diubahkembangkan. Kode yg atomicity-nya baik, harusnya ekstensibility-nya baik. Dst. #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:37:29

Scr keseluruhan, kode program yg mutunya bagus punya keseimbangan yg baik dalam implementasi ke-4 faktor tsb. Tidak timpang. #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:37:40

Selain imbang, juga harus proporsional sesuai yg dibutuhkan. Implementasi yg berlebihan akan hasilkan kode yg over-engineered. #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:37:50

Yaitu kode yg terlalu “bagus”. Misalnya, optimasi kinerja yg berlebihan, class terlalu kompleks, komentar terlalu detil, dst. #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:38:03

Walaupun scr teknis kode yg terlalu “bagus” itu tak masalah, namun scr waktu dan sumber daya menjadi berlebihan juga (boros). #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:38:20

Misal, program yg harusnya bisa diselesaikan oleh 3 org dlm waktu 3 minggu bisa “bengkak” jadi butuh 5 org dlm waktu 5 minggu. #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:38:33

Scr manajemen itu tidak bagus, baik thd programmer itu sendiri maupun thd pelanggan. Apapun yg berlebihan memang tak baik. πŸ™‚ #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:38:51

Demikian bahasan #kamiskoding kali ini. Silakan jika ada tanggapan/saran/kritik. Semoga bermanfaat. Terima kasih. πŸ™‚ #kamiskoding
Thu Mar 22 2012 – 16:39:13