Sedekah dan Prioritas Targetnya

April 28, 2012

Sepakat bhw muslim harus bisa mandiri scr finansial, tapi bukan berarti lalu boleh bergaya hidup mewah. Kaya jadi jln ibadah dgn #sedekah.
Sat Apr 28 2012 – 09:46:57

Sepakat pula bhw muslim boleh nikmati kekayaan, tapi bukan berarti lalu boleh berlebihan. Nikmati secukupnya dan selebihnya utk #sedekah.
Sat Apr 28 2012 – 09:53:39

Dan #sedekah harusnya dimulai dari lingkar terdalam lingkungan kita dan scr bertahap bergerak ke lingkungan yg lebih luar. Jangan terbalik.
Sat Apr 28 2012 – 10:02:08

Lihat keluarga terdekat kita dulu; ortu, saudara. Jika mereka butuh, utamakan #sedekah pada mereka. Sampai kebutuhan mereka tercukupi.
Sat Apr 28 2012 – 10:05:26

Jika keluarga dekat tak butuh #sedekah, lihat lingkar yg lebih jauh; paman, ponakan, sepupu. Tak ada? Lihat tetangga rumah se-RT, pembantu.
Sat Apr 28 2012 – 10:19:47

Tak ada? Lihat kondisi teman dekat, rekan kerja. Tak ada juga? Lihat lingkungan RW & desa tempat kita tinggal. Masih ada org butuh #sedekah?
Sat Apr 28 2012 – 10:23:53

Mungkin ada yg lebih utamakan sahabat drpd keluarga, boleh juga. Intinya mulailah dan utamakan #sedekah pada org yg terdekat dgn kita dulu.
Sat Apr 28 2012 – 10:25:35

Jika sudah tak ada org butuh #sedekah di lingkungan yg dekat dan terjangkau fisik, barulah kita bergerak ke lingkungan yg lebih jauh.
Sat Apr 28 2012 – 10:27:23

Misal #sedekah ke luar kota, luar pulau, atau luar negeri. Boleh manfaatkan jasa layanan distribusi sedekah seperti Bazis atau @rumahzakat.
Sat Apr 28 2012 – 10:29:22

Tapi jangan terbalik. Mungkin kita males dan tak mau repot, langsung aja #sedekah ke @rumahzakat. Padahal tetangga sebelah masih kelaparan.
Sat Apr 28 2012 – 10:31:10

Atau keburu kirim #sedekah ke Palestina, pdhal rumah yatim di RW sebelah masih butuh dukungan. Lebih baik berikan dulu ke rumah yatim tsb.
Sat Apr 28 2012 – 10:35:11

#Sedekah adlh ibadah dgn aspek kepedulian sosial. Apa pantas disebut peduli jika utamakan org jauh tak dikenal drpd org dekat yg dikenal?
Sat Apr 28 2012 – 10:40:06

Harapan saya semoga gerakan #SedekahNasional dilandasi semangat: mulai #sedekah dari yg terdekat dan kita kenal dulu. cc @Yusuf_Mansur
Sat Apr 28 2012 – 10:43:49

Lembaga2 bazis seperti @rumahzakat memang bagus dan membantu. Tapi jgn sampai kemudahan lebih dipentingkan drpd kepedulian pada lingkungan.
Sat Apr 28 2012 – 10:49:36

Saya tak hapal dalil2 ttg keutamaan #sedekah ke org2 terdekat. Dan sedang kesulitan akses referensi. Mungkin ustadz @pedyanto bisa bantu. πŸ™‚
Sat Apr 28 2012 – 10:54:16


Buaian Motivator

April 27, 2012

Wow… linimasa saya pagi ini diramaikan bahasan tentang #motivator dan #sedekah nasional. Dua topik menarik utk dibahas! πŸ™‚
Fri Apr 27 2012 – 08:23:31

Dan kebetulan ada korelasinya. Mungkin topik #motivator menarik utk dibahas dulu. Nanti, kalo sempat, saya lanjutkan ke topik #sedekah.
Fri Apr 27 2012 – 08:25:39

Sebagian besar kita tentu sudah kenal Mario Teguh dgn “Salam Super”-nya. Atau juga Paulo Coelho dgn “The Alchemist”-nya. #motivator
Fri Apr 27 2012 – 08:32:17

Buku2 mrka terpajang sbg best-seller, kata2 “indah” mrka dikutip banyak org, mrka diundang kemana2 utk seminar/training, dst. #motivator
Fri Apr 27 2012 – 08:38:08

Konon katanya mereka menginspirasi banyak org agar hidup mereka sukses, atau setidaknya jadi lebih baik. Benarkah begitu? #motivator
Fri Apr 27 2012 – 08:41:10

Kalo bikin hidup para #motivator itu sukses atau lebih baik, saya percaya. πŸ˜€ Tapi bikin hidup org lain sukses / lebih baik? Saya kok ragu.
Fri Apr 27 2012 – 08:43:11

Lalu, apa para #motivator itu salah? Nggak juga. Saya hanya ingin dudukkan mereka pada tempat yg layak dan menilai mereka scr proporsional.
Fri Apr 27 2012 – 08:44:59

Tentu saja #motivator itu juga ada gunanya. Krn masih ada org2 lemah yg selalu perlu bantuan org lain utk bukakan hati & pikirannya sendiri.
Fri Apr 27 2012 – 08:46:44

Tapi #motivator bukanlah dewa penolong. Memotivasi org adalah pekerjaan dan bisnis mereka. Dan kita adalah pelanggan yg bayar mereka.
Fri Apr 27 2012 – 08:53:16

Jadi, tak perlu anggap #motivator scr berlebihan. Bahkan guru2 sekolah kita dulu bisa jadi lebih berperan atas kesuksesan yg kita raih.
Fri Apr 27 2012 – 08:56:04

Kata2 “indah” dari para #motivator itu juga bukan kata2 suci yg harus selalu diikuti dan tak boleh dikritisi (krn dianggap pasti benar?)
Fri Apr 27 2012 – 08:58:14

Jika ingin belajar ttg hidup, jangan belajar pd #motivator yg cuma jualan kata2 manis pelipur lara. Kecuali memang ber-cita2 jadi motivator.
Fri Apr 27 2012 – 09:05:06

Belajar ttg hidup, belajarlah pada pelaku2 kehidupan yg sukses dgn sebenarnya. Yg sukses hadapi/atasi cobaan dan ujian kehidupan. #motivator
Fri Apr 27 2012 – 09:07:30

Baca biografi org2 besar seperti para nabi, pemimpin dunia, pebisnis sukses, pejuang bangsa, dsb. Pelajaran mrka lebih baik dari #motivator.
Fri Apr 27 2012 – 09:09:53

Itu belum cukup. Org sukses tak harus terkenal. Kadang di sekitar kita ada org2 besar yg luput dari perhatian kita krn tak jadi #motivator.
Fri Apr 27 2012 – 09:12:21

Tak semua org sukses dan pejuang kehidupan bisa muncul di TV atau nulis buku utk menginspirasi org lain. Cari #motivator di sekitar kita.
Fri Apr 27 2012 – 09:15:03

Bisa jadi ortu kita sendiri, tetangga sebelah, pemilik pondok yatim piatu di RW sebelah, dst. Belajar scr langsung dari mereka. #motivator
Fri Apr 27 2012 – 09:17:58

Dan itu pun blum cukup. Krn setiap org itu unik, baik pribadi atau hidupnya, maka kita tak bisa copas begitu saja hidup org lain. #motivator
Fri Apr 27 2012 – 09:20:06

Kita sendiri yg putuskan apa yg terbaik bagi kita dlm hidup kita. Ambil pelajaran dari teladan tak harus copas kehidupan mrka. #motivator
Fri Apr 27 2012 – 09:23:30

Percayalah, kehidupan tak sesederhana kata2 indah para #motivator di TV dan buku. Jangan terbius kata2 manis mrka lalu abai utk kritis.
Fri Apr 27 2012 – 09:28:21

Gejala ini yg mulai saya liat di masyarakat. Kata2 #motivator cenderung jadi apologia (pemakluman) lalu lupa utk kritis thd hidup kita.
Fri Apr 27 2012 – 09:32:32

Memang menentramkan dlm jangka pendek tapi tak akan selesaikan masalah. Ibarat obat penghilang sakit utk penderita kanker. #motivator
Fri Apr 27 2012 – 09:33:54

Memang sakitnya jadi tak terasa, tapi penyakitnya ya tetep aja ada. Sebagian org anggap sembuh hanya krn sudah tak rasakan sakit. #motivator
Fri Apr 27 2012 – 09:34:47

So, ayo bangun dari buaian kata2 indah #motivator itu. Belajarlah dari org yg tepat, lakukan tindakan nyata, dan selalu kritis dlm berpikir.
Fri Apr 27 2012 – 09:40:20


#kamiskoding #9: Teknik Debugging yg Baik

April 26, 2012

Wah, sudah hari kamis nih. Mari kita lanjutkan bahasan #kamiskoding pekan lalu ttg debugging. Bantu RT ya. Trims. πŸ™‚ *colek @nukman @jazle*
Thu Apr 26 2012 – 13:31:53

Dlm #kamiskoding pekan lalu kita bahas pentingnya skill debugging dlm programming. Programmer yg baik HARUS kuasai teknik debugging yg baik.
Thu Apr 26 2012 – 13:33:15

#kamiskoding kali ini kita bahas ttg teknik debugging yg baik. Scr umum, ada 7 langkah debugging, mulai dari mencari bug hingga perbaikinya.
Thu Apr 26 2012 – 13:36:26

Langkah 1: Identifikasi bug. Ini jelas ya, tapi kadang agak tricky juga. Pastikan kita bisa temukan bug yg sejati dgn tepat. #kamiskoding
Thu Apr 26 2012 – 13:39:15

Jgn sampai kita terkecoh temukan dampak dari bug, tapi bukan bug itu sendiri. Salah identifikasi maka nanti salah beri solusi. #kamiskoding
Thu Apr 26 2012 – 13:41:02

Langkah 2: Cari sumber penyebab bug. Setelah bug teridentifikasi dgn tepat, cari sumber penyebabnya. Temukan lokasi dgn pasti. #kamiskoding
Thu Apr 26 2012 – 13:44:14

Di baris kode brp, di class yg mana, dlm modul apa, siapa yg tulis kode tsb, dst. Salah di langkah 1, salah pula di langkah 2. #kamiskoding
Thu Apr 26 2012 – 13:45:43

Langkah 3: Analisa bug & penyebabnya. Ini langkah paling rumit dlm debugging. Terutama jika kode program sudah berukuran besar. #kamiskoding
Thu Apr 26 2012 – 13:47:55

Pastikan bug tsb tak berdampak sistematis pada aplikasi. Mulai pikirkan kemungkinan2 solusi yg bisa diambil utk mengatasinya. #kamiskoding
Thu Apr 26 2012 – 13:49:57

Langkah 4: Ambil keputusan solusi apa yg akan diambil. Jangan lupa pertimbangkan pula resiko dan konsekuensi dari solusi tsb. #kamiskoding
Thu Apr 26 2012 – 13:51:52

Sebaiknya simulasikan bug dan solusi yg diambil dlm lingkungan pengujian. Ini utk pastikan solusi tsb tak munculkan bug baru. #kamiskoding
Thu Apr 26 2012 – 13:55:42

Langkah 5: Antisipasi resiko & konsekuensi dari solusi yg diambil. Kadang solusi tuntut perubahan di bagian lain kode program. #kamiskoding
Thu Apr 26 2012 – 13:57:56

Jgn sampai tuntutan dari solusi itu lupa diterapkan krn alih2 akan benahi bug, justru akan timbulkan masalah yg lebih besar. #kamiskoding
Thu Apr 26 2012 – 13:59:10

Langkah 6: Eksekusi solusi. Setelah semua hal dipastikan oke saat proses analisa & simulasi, kini saatnya eksekusi solusi tsb. #kamiskoding
Thu Apr 26 2012 – 14:01:11

Dokumentasi akan cukup membantu di sini. Siapkan to-do list eksekusi utk pastikan tak ada hal yg terlewatkan. Berikut PIC-nya. #kamiskoding
Thu Apr 26 2012 – 14:02:23

Langkah 7: Terakhir, pengujian final. Setelah eksekusi selesai, pastikan semua pengujian dilakukan thd kode dan aplikasi baru. #kamiskoding
Thu Apr 26 2012 – 14:04:41

Jika semua berjalan lancar dan bug benar2 lenyap maka proses debugging telah selesai. Saatnya aplikasi dilepas kembali ke user. #kamiskoding
Thu Apr 26 2012 – 14:06:28

Demikian 7 langkah debugging yg baik. Tentu ini versi saya. Silakan jika ada saran/kritik/pertanyaan. Semoga bermanfaat. Trims. #kamiskoding
Thu Apr 26 2012 – 14:09:35

Pekan depan kita masih akan bahas ttg debugging, yaitu kiat2 debugging yg efektif & efisien. Pantau terus #kamiskoding ya! Sampai jumpa! πŸ™‚
Thu Apr 26 2012 – 14:11:22


UAN dan Kejujuran

April 25, 2012

Abis ndengerin interaktif talk show di radio ttg menyontek saat #UAN. Pendengar diminta telpon radio utk sampaikan pendapatnya.
Wed Apr 25 2012 – 21:35:11

Ada belasan (lupa tepatnya) penelpon yg masuk. Rata2 mengaku ortu siswa, sebagian mengaku siswa dan kemaren mengikuti #UAN.
Wed Apr 25 2012 – 21:37:14

Semua penelpon, ya semua, tak berani tegas katakan salah pada kegiatan menyontek saat #UAN. Justru mereka berusaha cari pembenaran.
Wed Apr 25 2012 – 21:39:07

Miris! Walau sampelnya terlalu kecil, tapi fakta ini tetap menyedihkan. Sudah demikian permisifkah masyarakat kita pada nilai2 buruk? #UAN
Wed Apr 25 2012 – 21:41:15

Apapun alasannya, menurutku menyontek saat #UAN itu tetap salah. Dan katakanlah itu salah! Walaupun kita bisa jadi tetap melakukannya.
Wed Apr 25 2012 – 21:44:17

Berani akui kesalahan masih lebih baik drpd mengingkarinya dan cari2 pembenaran. Mengakui kesalahan adlh langkah pertama utk perbaikan. #UAN
Wed Apr 25 2012 – 21:46:10

Sebab jika kesalahan dianggap tak ada, gmn akan melakukan perbaikan? Padahal konon katanya kita bangsa yg religius. Mayoritas Islam! #UAN
Wed Apr 25 2012 – 21:49:06

Kemana ajaran agama dan moral? Mana didikan budi pekerti yg luhur dari leluhur? Apa skrg semua itu sudah sekedar jadi simbol belaka? #UAN
Wed Apr 25 2012 – 21:51:41

Mungkin benar kalo ada yg bilang bahwa masyarakat kita sedang sakit. Semua merasa benar dgn pilihannya masing2. Yg salah cuma org lain. #UAN
Wed Apr 25 2012 – 21:56:50

Yg baik tak bisa memperbaiki. Ada yg cuma diam cari selamat sendiri. Yg buruk tak mau diperbaiki. Lalu kapan baiknya bangsa ini? 😦 #UAN
Wed Apr 25 2012 – 21:59:21

Masih ttg menyontek saat #UAN, masalah belum selesai sampai di situ. Ortu dan juga sekolah telah merusak pendidikan yg mrka bangun sendiri.
Wed Apr 25 2012 – 22:35:46

Sebagian ortu dan sekolah lakukan hal2 aneh dan tak logis. Misalnya ke dukun/kyai utk minta doa khusus, bahkan pensil “ajaib”! #UAN
Wed Apr 25 2012 – 22:42:59

Ada sekolah yg wajibkan siswa utk puasa selama hari2 ujian. Ini selain praktek “umum” sprti meminta siswa pintar utk “bantu” temannya. #UAN
Wed Apr 25 2012 – 22:49:17

Pdhal siswa telah disiapkan utk hadapi #UAN dgn les tambahan, tambahan jam belajar, dsb. Lalu buat apa semua itu kalo masih menyontek?
Wed Apr 25 2012 – 22:53:16

Itu semua jelas merusak kepercayaan diri, kejujuran, dan rasionalitas siswa yg notabene diajarkan sendiri oleh ortu & sekolah sebelum #UAN.
Wed Apr 25 2012 – 22:56:19

Dgn pendidikan seperti itu, kita tak bisa berharap banyak pada lulusan yg dihasilkan. Tak perlu heran dgn munculnya Gayus2 baru kelak. #UAN
Wed Apr 25 2012 – 22:58:55

Utk hasilkan generasi yg lebih baik dan bermoral, harus ada yg berani merevolusi sistem pendidikan kita. Tapi siapa? #UAN
Wed Apr 25 2012 – 23:00:13

Mari kita tanyakan pada rumput yg bergoyang. πŸ˜› Udah ah… pusing mikir gituan, tidur aja deh… πŸ˜€ #UAN
Wed Apr 25 2012 – 23:02:02


Perkembangan Teknologi

April 25, 2012

Gak di iOS, gak di OSX, aplikasi2 skrng makin rakus sumber daya. iPad dan Macbook-ku makin berasa lemot seiring update aplikasi dan OS. 😦
Wed Apr 25 2012 – 10:13:35

Bahkan web juga begitu seiring penggunaan Ajax yg makin kompleks. Bayangkan, Safari doang udah makan 1 GB RAM hanya buka 6 tab/situs. Buset!
Wed Apr 25 2012 – 10:14:54

Padahal 2 th yg lalu, perangkat yg sama tsb rasanya udah kenceng banget! Wuzz… wuzz… bablas angine! Sekarang? Hadeeehhh… Cape deh! 😦
Wed Apr 25 2012 – 10:17:50

Dulu, perangkat komputer biasanya tahan dan masih nyaman dipake dlm rentang 5 th. Kayaknya sekarang turun jadi 3 th deh! 😦
Wed Apr 25 2012 – 10:20:06

Tentu, kalo mau kompromi, bisa aja perangkat dipake lebih dari 3 atau 5 th atau lebih. Tapi apa masih nyaman? Pasti ada konsekuensi. πŸ™‚
Wed Apr 25 2012 – 10:30:04

Bisa aja Macbook-ku tetap senyaman dulu, kalo mau kompromi tetap bertahan di Leopard. Gak update iWork, iLife, dan aplikasi2 lainnya.
Wed Apr 25 2012 – 10:31:28

Resikonya, aku gak bisa nikmati teknologi dan fitur terbaru. Gak bisa nikmati iCloud, gak bisa wireless sync dgn iPad, dst. Harus kompromi.
Wed Apr 25 2012 – 10:32:46

Kalo gak mau upgrade perangkat, ya harus pilih: cepat tapi dgn teknologi lama, atau teknologi baru tapi lemot. Aku sih pilih yg ke-2. πŸ™‚
Wed Apr 25 2012 – 10:34:39

Ya, sambil nabung dikit2 utk upgrade perangkat. Atau nunggu ada org “khilaf” yg mau hibah perangkat baru buatku. Hahahaha… #kode πŸ˜€
Wed Apr 25 2012 – 10:36:12


Hari Kartini Yg Rasis

April 21, 2012

Kartini is overrated. :p #harikartini #lovekartini #kartini
Sat Apr 21 2012 – 08:35:13

Cuma surat2-an dgn temannya (orang asing pula), #Kartini punya hari khusus. Gmn dgn pahlawan wanita lain yg bahkan ikut angkat senjata?
Sat Apr 21 2012 – 09:09:18

#Kartini simbol emansipasi? Dia loh istri dari suami poligami, taat suami, dan jadi ibu rumah tangga. Salah ambil teladan deh kayaknya. :p
Sat Apr 21 2012 – 09:09:42

#Kartini yg tipikal wanita jawa banget malah kontradiktif dgn semangat yg digembar-gemborkan saat peringatan Hari Kartini. Rasis pula! :p
Sat Apr 21 2012 – 09:14:32

Klo ada Hari #Kartini, knp tak ada hari Cut Nya’ Dhien, hari Martha Christina Tiahahu, hari Maria Walanda Maramis, dst? Rasis kan? :p
Sat Apr 21 2012 – 09:21:27

Nah, oleh krn itu… mari kita hapuskan Hari #Kartini yg rasis itu. Mending jadikan Hari Wanita saja? Gimana? Setuju tidak? πŸ™‚ #hariWanita
Sat Apr 21 2012 – 09:30:08

Wanita itu indah, mulia, dan terhormat saat ia menjadi wanita yg paripurna, wanita yg se-benar2-nya. Bukan krn bisa (di)sama(kan) dgn pria.
Sat Apr 21 2012 – 09:41:54


#kamiskoding #8: Pentingnya Debugging

April 19, 2012

Halo… jumpa lagi dgn #kamiskoding. Kali ini saya akan bahas ttg debugging. Mohon dibantu RT ya. Trims. *colek @jazle @nukman @priyadi* πŸ™‚
Thu Apr 19 2012 – 13:52:04

Debugging adlh proses/kegiatan utk mencari dan memperbaiki bug (kesalahan) dlm kode program. Debugging beda dgn testing. #kamiskoding
Thu Apr 19 2012 – 13:55:59

Dari definisi tsb jelas bhw debugging itu penting dlm programming. Programmer yg baik HARUS bisa debugging dgn baik pula. #kamiskoding
Thu Apr 19 2012 – 13:59:00

Duh… Knp nih koneksi? Ngirim twit kok gagal mulu? Halo… halo… tes… tes…. Maaf kalo #kamiskoding jadi agak tersendat pemirsa.
Thu Apr 19 2012 – 14:15:06

Ada bbrp alasan knp debugging harus dikuasai oleh setiap programmer. Mustahil jadi programmer baik kalo tak bisa debugging. #kamiskoding
Thu Apr 19 2012 – 14:28:44

Pertama, seringkali programmer habiskan waktu lebih banyak utk debugging drpd koding. Bahkan programmer senior sekali pun. #kamiskoding
Thu Apr 19 2012 – 14:30:15

Makin canggih skill debugging, makin sedikit waktu yg dibutuhkan utk debugging. Sehingga waktunya bisa digunakan utk koding. #kamiskoding
Thu Apr 19 2012 – 14:32:07

Kedua, bug hampir pasti selalu ada dlm program, tak peduli sebrapa cerdas programmernya. Makin rumit program, makin banyak bug. #kamiskoding
Thu Apr 19 2012 – 14:34:39

Saking tak bisa dihindari adanya bug, Dijkstra sampai bilang kalo debugging itu ngilangin bug, maka programming itu bikin bug. #kamiskoding
Thu Apr 19 2012 – 14:38:16

Edsger W. Dijkstra: β€œIf debugging is the process of removing bugs, then programming must be the process of putting them in.” #kamiskoding
Thu Apr 19 2012 – 14:39:40

Atau, seperti yg biasa dibilang Steve Jobs: “There’s one more bug” … eh, “there’s one more thing” ding. πŸ˜€ #kamiskoding #intermezzo
Thu Apr 19 2012 – 14:43:03

Alasan ketiga, debugging adlh salah satu cara utk memastikan kode telah benar dan program berjalan dgn baik sesuai rancangan. #kamiskoding
Thu Apr 19 2012 – 14:44:28

Krn kemampuan debugging itu penting maka rendahnya kemampuan ini akan berdampak buruk pada programmer yg bersangkutan. #kamiskoding
Thu Apr 19 2012 – 14:52:45

Dampak buruk yg paling terasa adalah pada produktifitas programmer dan mutu program yg dihasilkannya. #kamiskoding
Thu Apr 19 2012 – 14:59:33

Skill debugging yg rendah berakibat programmer akan terlalu banyak habiskan waktu utk perbaiki bug yg muncul. #kamiskoding
Thu Apr 19 2012 – 15:00:15

Jika tenggat waktu kerja terbatas, biasanya programmer akan abaikan bug utk selesaikan program scr keseluruhan terlebih dahulu. #kamiskoding
Thu Apr 19 2012 – 15:01:07

Dan seringkali akhirnya bug tak diperbaiki. Ini berakibat pada program yg tak stabil (sering error) alias mutu program jelek. #kamiskoding
Thu Apr 19 2012 – 15:03:13

Demikian #kamiskoding pekan ini ttg pentingnya debugging dlm pemrograman. Pekan depan kita bahas kiat2 debugging yg baik. #kamiskoding
Thu Apr 19 2012 – 15:10:30

Silakan jika ada tanggapan atau pertanyaan atau koreksi. Maaf jika ada kesalahan. Semoga bermanfaat. Terima kasih. πŸ™‚ #kamiskoding
Thu Apr 19 2012 – 15:12:58