#kamiskoding #11: Menjadi Programmer Yg Lebih Baik

Terus terang, gak ada bahan utk bahasan #kamiskoding kali ini. Ada saran? *colek @jazle @imam_ms @coderbuzz*😀
Thu May 10 2012 – 07:02:07 [+7hr]

Udah 3 pekan ber-turut2 bahas debugging, teknis banget. Kali ini pengen bahas yg ringan2 aja deh. Tapi apa ya? #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 07:03:21 [+7hr]

Atau ada yg mau nanya2? Silakan aja. Tapi kalo bisa jangan terlalu teknis ya. Yg umum2 aja dulu. Monggo…🙂 #sokngartis #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 07:04:37 [+7hr]

Ok deh… saya bagi2 kiat jadi programmer yg baik utk para pemula aja kalo gitu. Sesuai saran dari mas @imam_ms.🙂 #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 07:42:24 [+7hr]

Utk para programmer pemula, yg baru saja belajar bikin program. Kiat jadi programmer yg baik dan jago itu sederhana sebenarnya. #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 07:43:27 [+7hr]

Hanya ada 3, yaitu: berlatih, berlatih lagi, dan berlatih terus.🙂 Atau lebih singkatnya: jangan berhenti atau bosan berlatih. #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 07:45:29 [+7hr]

Belajar pemrograman itu ibarat belajar sepeda atau renang. Mau baca buku selemari kalo gak pernah nyoba, ya gak akan bisa.🙂 #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 07:46:30 [+7hr]

Malah ada yg gak perlu banyak baca, tapi rajin nyoba dan latihan justru lebih cepat bisa. Walau mungkin “tak sesuai prosedur”. #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 07:48:07 [+7hr]

Ya salah2 sedikit gak apa2, namanya juga org belajar. Lebih baik bisa walaupun sedikit salah daripada gak bisa krn takut salah. #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 07:50:59 [+7hr]

Modal utama seorang programmer itu gak banyak kok, cuma 1 aja. Yaitu: logika. Ini yg perlu selalu diasah dgn cara berlatih. #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 07:52:49 [+7hr]

Dan tugas utama seorang programmer juga cuma 1. Yaitu: menyelesaikan masalah (problem solving). Tentu dgn program yg dibuatnya. #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 07:54:13 [+7hr]

Itu artinya kekuatan seorang programmer ada dlm dirinya sendiri. Bagaimana dia mampu selesaikan suatu masalah dgn logikanya. #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 07:56:52 [+7hr]

Setiap ada masalah, atau berlatih, jangan keburu nyerah lalu “nyontek” solusi dari org lain. Kerahkan dulu logika sendiri. #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 07:58:22 [+7hr]

Programmer harus mampu mandiri dlm menyelesaikan masalah (bikin program). Tak mudah menyerah. Dan tak tergantung org lain. #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 07:59:49 [+7hr]

Jika logika sendiri sudah mentok, jangan keburu nanya ke org lain dulu. Coba buka2 bantuan (help), baca2 buku, atau googling. #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 08:01:08 [+7hr]

Siapa tau masalah tsb sudah ada di help. Atau pernah dihadapi org lain. Pelajari dan PAHAMI bagaimana cara menyelesaikannya. #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 08:03:36 [+7hr]

Ingat, pahami CARA menyelesaikan masalahnya. Bukan sekedar urutan kodingnya aja. Ambil logikanya, bukan kode programnya. #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 08:04:51 [+7hr]

Jika sudah paham, lupakan kode program aslinya. Lalu coba tulis kembali kode program baru dgn pemahaman kita sendiri. #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 08:05:56 [+7hr]

Ini penting utk melatih kita PAHAM cara penyelesaian, bukan HAPAL kode program. Sekaligus melatih kekuatan logika kita. #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 08:07:03 [+7hr]

Jika mencari solusi dari help, buku, atau inet gak ketemu, baru coba bertanya ke org lain atau komunitas. Ini pun ada kiatnya. #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 08:12:19 [+7hr]

Kiatnya adalah jangan langsung minta kode program. Malu! Tapi mintalah cara penyelesaian. Solusi, bukan source code.🙂 #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 08:14:19 [+7hr]

Banyak programmer pengalaman yg kurang suka dgn pemula yg dateng2 minta kode program. Bukannya dibantuin, malah dicuekin loh! #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 08:15:30 [+7hr]

Soalnya pemula yg begitu sering dianggap (calon) programmer malas. Yg maunya solusi instan tapi gak mau belajar prosesnya. #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 08:17:22 [+7hr]

Utk buktikan bhw kita pemula yg baik adlh dgn tunjukkan apa yg telah kita lakukan sebelum mentok dan memaksa kita bertanya. #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 08:18:40 [+7hr]

Dgn begitu keliatan bhw pemula tsb sudah berusaha tapi masih gagal. Biasanya kalo gitu banyak senior yg bantu dgn senang hati. #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 08:19:42 [+7hr]

Jadi, pepatah “malu bertanya sesat di jalan” kurang tepat utk programmer. Mungkin “banyak bertanya, malu di jalan” lebih tepat. #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 08:21:07 [+7hr]

Kesimpulan dari kultwit #kamiskoding pekan ini adalah jangan berhenti berlatih dan usahakan selalu mandiri dlm belajar. Tetap semangat!🙂
Thu May 10 2012 – 08:24:25 [+7hr]

Semoga bermanfaat. Silakan jika ada tanggapan atau pertanyaan. Terima kasih.🙂 #kamiskoding
Thu May 10 2012 – 08:25:24 [+7hr]

One Response to #kamiskoding #11: Menjadi Programmer Yg Lebih Baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: