Propaganda Anti Tembakau Yg Berlebihan

Ingin curhat dikit ttg World No Tobacco Day alias #WorldNoTobaccoDay bin #HariTanpaTembakau. Dari dulu emang kurang sreg dgn propaganda ini.
Thu May 31 2012 – 06:10:57 [+7hr]

Segala sesuatu yg scr berlebihan dilarang atau dianjurkan, apa pun alasannya, biasanya ada “sesuatu” di baliknya. Apalagi jadi propaganda.
Thu May 31 2012 – 06:14:00 [+7hr]

Dlm kesehatan, yg paling umum dikenal contohnya adlh bahaya rokok (dus jadi larangan) dan manfaat minum air 8 gelas/hari (dus jadi anjuran).
Thu May 31 2012 – 06:15:44 [+7hr]

Begitu gencarnya dipropagandakan, 2 hal tsb akhirnya diterima sbg keniscayaan. Yg mencoba melawan dicemoohkan bahkan jadi common enemy.
Thu May 31 2012 – 06:17:24 [+7hr]

Duh… lupa gak ngasih tagar utk tema. Ah, sudahlah… biar aja, namanya juga curhat.😀
Thu May 31 2012 – 06:18:05 [+7hr]

Awalnya, aku dulu percaya juga dgn 2 hal tsb (bahaya rokok dan minum air). Tapi lama2 kok propagandanya terkesan lebay dan gak wajar ya?
Thu May 31 2012 – 06:19:27 [+7hr]

Maka, seperti biasa, aku bikin riset kecil2-an. Dgn bantuan om Google tentu saja dan nanya ke bbrp org yg cukup kompeten (dan open minded).
Thu May 31 2012 – 06:20:51 [+7hr]

Dari googling, seperti yg sudah kuduga, ternyata banyak riset ilmiah yg menegasikan kedua hal tsb. Walaupun gak menafikan sama sekali.
Thu May 31 2012 – 06:23:17 [+7hr]

Artinya, tembakau sbg bahan utama rokok memang punya banyak hal negatif, tapi juga punya banyak hal positif. Ya seperti hal2 lain juga.
Thu May 31 2012 – 06:24:45 [+7hr]

Demikian pula minum air, ternyata gak harus 8 gelas/hari. Minumlah secukupnya aja. Apalagi tubuh sudah punya sensor utk itu: rasa haus.
Thu May 31 2012 – 06:25:54 [+7hr]

Tak puas dgn hanya hasil dari google, aku juga nanya ke bbrp dokter yg aku kenal. Aku nanya ttg rokok ke seorg oncologist (yg juga perokok).
Thu May 31 2012 – 06:29:24 [+7hr]

Kata dokter tsb, hubungan rokok dgn kanker paru2 belum spnuhnya terbukti scr kuat. Bisa ya, bisa tidak. Krn ada kasus yg tak terkait rokok.
Thu May 31 2012 – 06:32:38 [+7hr]

Utk masalah keharusan minum air 8 gelas/hari, aku nanya ke seorg dokter ahli ginjal. Dokter bilang, gak harus, tergantung kondisi orgnya.
Thu May 31 2012 – 06:34:38 [+7hr]

Ada yg cukup dgn 8 gelas/hari, ada yg segitu kebanyakan, ada yg segitu kurang banyak. 8 gelas/hari itu rata2, tak harus brlaku ke semua org.
Thu May 31 2012 – 06:36:26 [+7hr]

Tak puas dgn google & dokter, aku bikin eksperimen dgn diriku sendiri. Aku nyoba merokok 1 bungkus sehari selama sepekan. Liat reaksi tubuh.
Thu May 31 2012 – 06:39:21 [+7hr]

Stlah itu aku coba tak merokok sama skali selama sepekan. Aku juga usahakan tak jadi perokok pasif selama waktu itu. Liat juga reaksi tubuh.
Thu May 31 2012 – 06:41:31 [+7hr]

Ternyata, merokok dan tak merokok punya reaksi masing2. Ada yg negatif, ada yg positif. Ya ini subyektif sih, tapi buatku cukup sbg bukti.
Thu May 31 2012 – 06:45:27 [+7hr]

Demikian juga dgn minum. Di kesempatan lain, aku coba minum air 8 gelas/hari selama sepekan. Setelah itu, cuma minum jika haus saja.
Thu May 31 2012 – 06:45:40 [+7hr]

Jika cuma turuti haus, aku cukup minum 4-6 gelas saja per hari. Ini juga tergantung aktifitas yg kulakukan. Makin aktif, makin banyak minum.
Thu May 31 2012 – 06:47:47 [+7hr]

Dari hasil riset & eksperimen kecil2an tsb, aku tak percaya lagi dgn propaganda rokok & air itu. Dan aku jadi lebih hati2 sikapi propaganda.
Thu May 31 2012 – 06:50:37 [+7hr]

Bgmana dgn riset2 ilmiah itu? Oh c’mon, don’t be so naive! Dunia ilmiah tak sepenuhnya steril dari kepentingan uang & bisnis. Tetap kritis!
Thu May 31 2012 – 06:51:34 [+7hr]

Apalagi industri kesehatan adalah industri berskala tidak saja besar, tapi raksasa! Pro dan kontra di dalamnya pasti terkait dgn bisnis.
Thu May 31 2012 – 06:52:55 [+7hr]

Ini juga diakui oleh dokter sendiri, termasuk dokter yg aku tanya sebelumnya. Mereka dapat komisi dari setiap obat di resep yg mereka buat.
Thu May 31 2012 – 06:55:45 [+7hr]

Jgn langsung percaya obat dari dokter adlh yg terbaik. Bisa jadi itu diresepkan krn yg terbanyak beri komisi! Ironisnya, itu rahasia umum.
Thu May 31 2012 – 06:57:53 [+7hr]

Kemudian ada riset terbaru yg buktikan bhw tembakau justru bisa sembuhkan penyakit, diantaranya malah kanker, makin perkuat dugaanku.
Thu May 31 2012 – 07:02:04 [+7hr]

Tembakau, sbgmana hal2 lain, punya manfaat sekaligus mudharat. Tak mungkin sesuatu hanya mengandung mudharat saja, atau manfaat saja.
Thu May 31 2012 – 07:03:13 [+7hr]

Alam semesta bekerja, salah satunya, dgn prinsip kesetimbangan. Sesuatu pasti punya manfaat sekaligus mudharat. Saling melengkapi lah.🙂
Thu May 31 2012 – 07:05:13 [+7hr]

Demikian juga, konsumsi over dosis dan under dosis utk hal2 yg kita butuhkan, juga sama buruknya. Yg sedang2 saja, imbang dan proporsional.
Thu May 31 2012 – 07:07:20 [+7hr]

Siapa pun boleh tak suka rokok, tapi juga gak perlu lebay deh. Apalagi sampe hina atau bodohin perokok segala. Biasa aja lah.🙂
Thu May 31 2012 – 07:10:28 [+7hr]

Oh ya, saya bukan perokok. Tepatnya mantan perokok (berhenti sejak 2 th yg lalu). Saya punya alasan sendiri knp tak lagi merokok.🙂
Thu May 31 2012 – 07:12:36 [+7hr]

Tapi saya tetap menghormati para perokok. Tentu selama perokok itu tahu diri dan tak mengganggu serta menghormati saya juga.🙂
Thu May 31 2012 – 07:13:23 [+7hr]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: