Melawan Budaya Korupsi

June 29, 2012

#Korupsi itu sudah jadi budaya masyarakat kita. Sesekali coba ngaca deh. Kadang kita juga lakukan korupsi. Jika ditegur, cari pembenaran. πŸ™‚
Fri Jun 29 2012 – 05:43:02 [+7hr]

Krn sudah budaya, #korupsi terjadi di seluruh lapisan masyarakat. Dari yg paling rendah hingga ke yg paling tinggi. Apapun, itu tetap salah.
Fri Jun 29 2012 – 05:45:40 [+7hr]

Pun di segala bidang. Dari politik hingga bisnis, sosial atau komersial, tindakan #korupsi bisa ditemukan. Siapapun pelaku, itu tetap salah.
Fri Jun 29 2012 – 05:47:41 [+7hr]

Jadi kalo dibilang #korupsi hanya dilakukan pejabat tingkat atas, sebenarnya kurang tepat. Rakyat kecil di bawah juga banyak yg korupsi.
Fri Jun 29 2012 – 05:48:55 [+7hr]

Tapi, mau pejabat atau rakyat, besar atau kecil, tinggi atau rendah, #korupsi tetap buruk. Rakyat korup sama buruknya dgn pejabat korup.
Fri Jun 29 2012 – 05:50:12 [+7hr]

Ada yg bilang, naiknya pejabat korup adalah gambaran dari masyarakatnya, yg korup juga. Pejabat kan dipilih rakyat. #korupsi
Fri Jun 29 2012 – 05:52:58 [+7hr]

Rakyat kecil/miskin yg korup, walau pun bisa dipahami, tapi juga tak bisa dibenarkan. Kalo ketauan ya harus dihukum dgn setimpal. #korupsi
Fri Jun 29 2012 – 05:56:19 [+7hr]

Banyak contoh #korupsi yg dilakukan rakyat kecil. Angkot yg semena2 turunkan penumpang tak sampai tujuan. Pemotor yg naik ke trotoar. Dsb.
Fri Jun 29 2012 – 05:58:58 [+7hr]

Tapi kita cenderung abai atau maklum dgn tindakan2 #korupsi skala kecil ini, apalagi jika pelakunya org kecil juga. Padahal ini jadi pupuk.
Fri Jun 29 2012 – 06:00:42 [+7hr]

Pupuk pembiasaan, pemakluman, & toleransi tak pada tempatnya. Wajar jika si pelaku “naik tingkat”, dia merasa tak bersalah lakukan #korupsi.
Fri Jun 29 2012 – 06:01:58 [+7hr]

Tentu bagus2 aja kita usut #korupsi oleh pejabat2/org2 besar di atas sana. Tapi bukan berarti kita boleh abai dgn korupsi di sekitar kita.
Fri Jun 29 2012 – 06:05:35 [+7hr]

Kalo benar2 mau melawan #korupsi, perangi semua tindakan korup dimana pun oleh siapa pun. Jgn hanya fokus koruptor besar di luar jangkauan.
Fri Jun 29 2012 – 06:08:48 [+7hr]

Lucu aja jika kita hujat para tersangka koruptor di tivi, tapi kita cuek aja dgn #korupsi di depan mata, yg bisa kita lawan langsung.
Fri Jun 29 2012 – 06:13:06 [+7hr]

Gerakan lawan #korupsi harus jadi gerakan massal, tiap org/individu harus terlibat scr aktif dan langsung. Kalo gak mau, ya omdo namanya.
Fri Jun 29 2012 – 06:14:48 [+7hr]

Jika gerakan massal dan individual seperti ini juga gak bisa jalan, percayalah… #korupsi tak akan pernah bisa hilang dari negeri ini. πŸ™‚
Fri Jun 29 2012 – 06:20:33 [+7hr]

Kadang saya juga bingung, sebenarnya kita ini benar2 benci #korupsi atau sekedar iri pada koruptor? Hehehehe… coba jawab jujur deh. πŸ™‚
Fri Jun 29 2012 – 06:26:19 [+7hr]

Yah, apa pun itu, semoga #korupsi bisa hilang dari negeri ini sehingga negara kita bisa jadi negara maju di dunia. Aaamiiin… πŸ™‚
Fri Jun 29 2012 – 06:27:06 [+7hr]


Mutu Layanan Kesehatan Kita

June 29, 2012

Tentu saja ada RS Indonesia yg bagus seperti dibilang @dr_tompi, tapi scr umum RS kita seperti dibilang @TrioMacan2000. Sudah rahasia umum.
Fri Jun 29 2012 – 03:51:16 [+7hr]

Sebaliknya utk RS LN. Tentu ada RS LN yg buruk, tapi scr umum RS LN lebih bagus dari RS kita. Mana yg lebih jamak? @dr_tompi @TrioMacan2000
Fri Jun 29 2012 – 03:52:54 [+7hr]

Saya berani ngomong gitu krn saya punya keluarga yg bekerja di dunia kesehatan, dan saya pernah berurusan langsung dgn RS di bbrp kota.
Fri Jun 29 2012 – 03:54:57 [+7hr]

Kebanyakan dokter kita memang tak suka dgn pasien kritis. Dibilang sok tau lah, bukan wewenang lah, bahkan kadang “mengusir” scr halus. 😦
Fri Jun 29 2012 – 03:56:46 [+7hr]

Ya, tentu saja ada dokter2 kita yg tak begitu. Yg baik, ramah, perhatian. Saya juga kenal. Tapi liat mayoritasnya aja lah. Itu concern kita.
Fri Jun 29 2012 – 03:59:38 [+7hr]

Termasuk layanan paramedis yg tak ramah dan cuek. Administrasi yg rumit dan berbelit, dilempar kesana-kemari. Kan kasian pasiennya?
Fri Jun 29 2012 – 04:02:38 [+7hr]

Herannya, seperti tak ada org yg mau mikir ttg efisiensi dan efektifitas layanan. Org2 pintar di RS itu kemana aja? Kemenkes ngapain aja?
Fri Jun 29 2012 – 04:03:51 [+7hr]

Bbrp org medis yg saya kenal, jujur akui kalo mereka “membisniskan” pasien. Terutama jika pasiennya adlh org kaya atau pake asuransi swasta.
Fri Jun 29 2012 – 04:05:47 [+7hr]

Setdknya mereka masih punya sedikit nurani dgn hanya menarget pasien2 kaya. Tapi ada yg tak peduli, semua pasien dihajar aja. Ini yg parah.
Fri Jun 29 2012 – 04:08:20 [+7hr]

Apa yg dibilang @TrioMacan2000 ttg dunia kesehatan kita sebenarnya bukan hal yg baru. Rasanya yg pernah berurusan dgn RS pasti tau lah.
Fri Jun 29 2012 – 04:16:20 [+7hr]

Semoga dgn diangkatnya hal ini oleh @TrioMacan2000, setdknya ada geliat utk perbaikan. Walaupun ini lebih butuh peran usaha dari pemerintah.
Fri Jun 29 2012 – 04:18:49 [+7hr]

Argumen pasien harus pintar agar bisa tau haknya, itu tolol. Jadi kalo gak dituntut, RS/dokter tak mau beri hak pasien gitu? @TrioMacan2000
Fri Jun 29 2012 – 04:33:09 [+7hr]

Atau pasien yg gak tau haknya, ntah krn benar2 gak tau atau krn panik, trus boleh dibodohi dan dirampok gitu? Kacau dah! @TrioMacan2000
Fri Jun 29 2012 – 04:34:31 [+7hr]


#kamiskoding 17: iOS vs Android (tanggapan)

June 28, 2012

Duh… waktunya #kamiskoding ya? Lagi gak ada ide nih. Gantian dong! πŸ™‚ *colek @imam_ms @coderbuzz @byopraz @jazle @ahmad_muslim*
Thu Jun 28 2012 – 05:41:20 [+7hr]

Oke sip! Kang @ahmad_muslim mengisi #kamiskoding pekan ini dgn topik: #Android vs #iOS. Mari sama2 kita simak. πŸ™‚ #programmer #developer
Thu Jun 28 2012 – 06:26:29 [+7hr]

Ternyata, selain tagar #kamiskoding utk berbagi ilmu, telah ada pula tagar #indoapps utk berbagi hasil karya. Jaya #programmer Indonesia! πŸ™‚
Thu Jun 28 2012 – 06:55:43 [+7hr]

Telah hadir forum baru utk rekan2 developer Indonesia, yaitu http://t.co/CbUJdrXK oleh @coderbuzz. Silakan bergabung. #kamiskoding #indoapps
Thu Jun 28 2012 – 07:20:31 [+7hr]

Diharapkan sang founder, yaitu @coderbuzz berkenan utk memaparkan visi-misi dari forum tsb via #kamiskoding. Kita tunggu aja. #indoapps
Thu Jun 28 2012 – 07:22:00 [+7hr]

Topik #kamiskoding #Android vs #iOS dari @ahmad_muslim dan @bepituLaz cukup teknis ya. Saya ingin sedikit menimpali dari sisi bisnis.
Thu Jun 28 2012 – 07:43:40 [+7hr]

Di Amerika dan Eropa, app di platform iOS lebih laku, shg mayoritas developer di sana lebih utamakan iOS drpd platform lain. #kamiskoding
Thu Jun 28 2012 – 07:46:39 [+7hr]

Namun kondisi yg sama tak berlaku di Indonesia, dan Asia pada umumnya. Faktor utama adalah harga produk & daya beli masyarakat. #kamiskoding
Thu Jun 28 2012 – 07:48:00 [+7hr]

Harga produk2 iOS masih terlalu mahal utk pasar kita. Krn daya beli kita masih rendah. Otomatis market share iOS disini rendah. #kamiskoding
Thu Jun 28 2012 – 07:50:19 [+7hr]

Itu pula knp BB di sini masih laku keras, sementara di negeri asalnya sana sudah tak laku. Juga krn faktor harga & daya beli. #kamiskoding
Thu Jun 28 2012 – 07:51:27 [+7hr]

Utk iOS vs Android, pangsa Android di sini lebih besar. Terutama perangkat2 dari China yg harganya terjangkau masyarakat kita. #kamiskoding
Thu Jun 28 2012 – 07:53:13 [+7hr]

Jadi, walaupun scr pribadi saya suka platform iOS dan produk Apple, scr bisnis saya memilih utk jualan app di Android & BB aja. #kamiskoding
Thu Jun 28 2012 – 07:57:03 [+7hr]

Kecuali, target yg mau dituju adalah pasar global/internasional, khususnya US & EU, saya prioritaskan platform iOS dulu. #kamiskoding
Thu Jun 28 2012 – 07:57:24 [+7hr]

Sayangnya, saya belum punya produk utk market global, jadi belum ada pengalaman jualan di AppStore. Nggak tau nanti. πŸ™‚ #kamiskoding
Thu Jun 28 2012 – 07:58:50 [+7hr]

Sekian tanggapan dari saya. Btw, sapa yg sudah pengalaman jualan app di AppStore? Bagi2 pengalaman di #kamiskoding dong. πŸ™‚ *colek @yufid*
Thu Jun 28 2012 – 08:01:27 [+7hr]


Pencanangan #kuljum

June 22, 2012

Baca2 lagi ttg #kamiskoding, jadi kepikiran utk bikin tagar baru utk dakwah Islam. Dmn dgn tagar tsb, sdr2 muslim bisa saling berbagi ilmu.
Fri Jun 22 2012 – 06:59:40 [+7hr]

Menurutku socmed memang sharusnya dimanfaatkan utk berbagi ilmu & info. Bukan jadi media curhat apalagi ghibah. Ide yg muncul adlh #kuljum.
Fri Jun 22 2012 – 07:02:25 [+7hr]

#kuljum adalah akronim dari ‘kuliah jumat’. Terinspirasi dari khutbah jumat dan kuliah twitter (kultwit). Agak maksa ya? Gpp deh. Hehehe…
Fri Jun 22 2012 – 07:04:21 [+7hr]

Dgn #kuljum ini twip muslim bisa saling bagi ilmu seputar Islam. Bisa ttg fiqh, siroh, syariah, amaliah, dsb, apa saja terkait keislaman.
Fri Jun 22 2012 – 07:05:58 [+7hr]

Krn disebut #kuljum maka idealnya muncul di hari jumat. Tapi gak harus gitu juga. Tagarnya lebih penting drpd harinya, supaya mudah dicari.
Fri Jun 22 2012 – 07:08:40 [+7hr]

Dan yg mau ikut ngisi #kuljum juga gak harus ustadz atau ulama, siapa pun boleh. Asal sumber dan acuan ilmunya jelas, gak ngawur.
Fri Jun 22 2012 – 07:13:20 [+7hr]

Krn #kuljum cenderung berbasis ilmu, maka referensinya harus valid. Kalo ada campuran dgn opini, juga harus ada basisnya yg valid.
Fri Jun 22 2012 – 07:16:42 [+7hr]

Gak perlu takut salah juga. Nanti scr alami pasti akan ada yg bantu koreksi. Asal legowo dan usahakan #kuljum tak berakhir menjadi twitwar.
Fri Jun 22 2012 – 07:18:03 [+7hr]

Knp menurut saya berbagi ilmu itu penting? Krn saya percaya, metode belajar paling efektif adalah dgn berbagi atau mengajar. #kuljum
Fri Jun 22 2012 – 07:19:10 [+7hr]

Knp harus dgn tagar? Agar siapapun bisa ikut ramaikan #kuljum. Tak perlu akun khusus. Ini mirip tagar2 lainnya, sprti #selasabahasa #ff dsb.
Fri Jun 22 2012 – 07:22:13 [+7hr]

Jadi misal ada muslim awam baru belajar ttg suatu hal, entah dari buku, ceramah, atau siaran tivi. Bagikan ilmu tadi di twitter dgn #kuljum.
Fri Jun 22 2012 – 07:23:26 [+7hr]

Dgn begitu ilmu tadi juga diterima muslim lain yg belum tau via #kuljum. Jika ada salah/kurang, muslim yg lebih paham akan koreksi/lengkapi.
Fri Jun 22 2012 – 07:25:01 [+7hr]

Dan dgn #kuljum, ilmu2 ttg Islam bisa lebih mudah dicari di twitter. Krn namanya ‘kuliah jumat’ otomatis bhs utamanya adlh bhs Indonesia.
Fri Jun 22 2012 – 07:26:38 [+7hr]

Saya pikir #kuljum cenderung utk, dari, & oleh muslim non selebtwit. Ulama/ustadz yg udah eksis gak terlalu perlu krn udah banyak yg follow.
Fri Jun 22 2012 – 07:30:48 [+7hr]

Nah, gmn nih? Ada yg mau mulai #kuljum pertama? Mau bahas apa? *brb cari bahan* *colek @ahmad_muslim @pedyanto @elonamelo @imam_ms*
Fri Jun 22 2012 – 07:33:55 [+7hr]


#kamiskoding 16: 6 Sifat Buruk Programmer (selesai)

June 21, 2012

Udah jam 2 nih, yuk mulai #kamiskoding aja. Masih topik yg sama, bahasan pekan lalu ttg 6 sifat buruk programmer. *colek @byopraz* πŸ™‚
Thu Jun 21 2012 – 07:03:00 [+7hr]

Penyegaran dulu… 4 dari 6 sifat buruk yg sudah kita bahas adalah: (1) tidak/kurang disiplin, (2) punya ego yg besar, … #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:06:22 [+7hr]

… (3) tak bisa berkomunikasi dgn baik, dan (4) berpikir terlalu teknis. Berarti masih ada sisa 2 sifat buruk utk kita bahas. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:08:04 [+7hr]

Nah, sifat buruk yg ke-5 adalah TIDAK BISA PRIORITASKAN PEKERJAAN DGN BENAR. Makin panjang ya? Apa maksudnya? Hehehe… πŸ™‚ #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:09:35 [+7hr]

Tak bisa prioritaskan pekerjaan berbeda dgn tak bisa fokus pada pekerjaan loh ya. Rata2 programmer tak bermasalah dgn fokus. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:10:47 [+7hr]

Tak bisa prioritaskan kerjaan justru seringkali krn programmer terlalu fokus pada sesuatu. Sayangnya, pada sesuatu yg salah. πŸ™‚ #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:12:08 [+7hr]

Tak bisa prioritaskan pekerjaan dgn benar juga salah satu faktor programmer sering tak bisa selesaikan pekerjaan tepat waktu. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:15:14 [+7hr]

Umumnya yg bikin prioritas melenceng adlh hal2 menarik / mengganggu yg bisa alihkan perhatian programmer dari prioritas awal. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:20:22 [+7hr]

Ini bisa banyak hal, bisa teknis/non teknis, di kantor/rumah, ttg pribadi/sosial, dsb. Atasannya harus perhatian thd hal ini. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:23:41 [+7hr]

Misal, programmer yg baru punya anak. Dia jadi terlalu banyak mikirin anaknya yg sedang lucu2-nya. Termasuk saat di kantor. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:24:38 [+7hr]

Wajar sih, selama tak ganggu kerja. Tapi jika sampai turunkan kinerja scr signifikan, ya harus ditangani dgn baik dan bijak. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:26:35 [+7hr]

Yg bersangkutan juga harus mawas diri krn bgmana pun dia bekerja utk menafkahi keluarga, misalnya. Intinya, harus diselesaikan. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:27:31 [+7hr]

Contoh yg terkait teknis. Misalnya, bikin program dgn teknologi atau framework baru basis open source yg komunitasnya aktif. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:30:05 [+7hr]

Betul teknologi/framework tsb harus dipelajari. Tapi kadang malah kebablasan ikutan devel di situ, kerjaannya sendiri lupa. πŸ˜€ #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:31:19 [+7hr]

Keasikan ngoprek, patching, diskusi, dst ttg teknologi/framework tsb. Kerjaan aslinya malah terbengkalai. *oke, ini curcol* πŸ˜€ #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:32:48 [+7hr]

Begitu diingatkan, waktunya udah mepet. Lintang pukang deh programmer ngejar batas tenggat waktu. Mutu program pun jadi turun. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:33:57 [+7hr]

Utk atasi sifat buruk ini, selain programmer sendiri harus mawas diri, ada baiknya jika rekan kerja juga saling bantu ingatkan. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:35:27 [+7hr]

Jika ada gelagat teman mulai melenceng dari prioritas yg seharusnya, segera tegur dan bantu utk kembali ke jln yg benar. #tsah #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:37:37 [+7hr]

Sifat buruk ke-6 adalah salah satu dari 2 hal ini: sombong atau minder. Dua2-nya sama2 sikap (attitude) yg tidak bagus. πŸ™‚ #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:39:49 [+7hr]

Sombong biasanya dimiliki programmer yg sudah senior dan pengalaman (baca: tua). Istilahnya sudah makan asam garam perkodingan. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:42:01 [+7hr]

Padahal dunia perkodingan adalah dunia yg perkembangannya sangat cepat. Teknologi baru selalu muncul dlm waktu relatif singkat. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:43:20 [+7hr]

Jadi sebenarnya tak ada alasan programmer tua utk merasa lebih pintar dari yg muda. Bisa2 yg tua malah ketinggalan teknologi. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:44:58 [+7hr]

Misal, dulu utk bikin animasi susahnya minta ampun, bisa jutaan baris. Sekarang sudah mudah, dgn OpenGL, DirectX, bahkan WebGL. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:47:19 [+7hr]

Sebaliknya, programmer muda yg baru lulus dan minim pengalaman, istilahnya programmer bau kencur, seringnya malah minder. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:49:43 [+7hr]

Apalagi yg lulus dgn nilai pas2-an, merasa salah jurusan, atau programmer otodidak. Cenderungnya malah lebih minder lagi. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:50:44 [+7hr]

Sikap minder itu juga tak perlu. Programmer dgn IPK tinggi belum tentu jago bikin program. Bisa jadi dia cuma jago teori doang. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:52:52 [+7hr]

Seperti yg pernah saya bilang, koding itu seperti keahlian bersepeda. Org yg banyak baca buku teori tak otomatis jago balapan. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:54:06 [+7hr]

Apalagi di jaman inet dan open source begini. Lebih banyak ilmu dan info bermanfaat di inet daripada di kampus. Percaya deh! πŸ™‚ #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:55:35 [+7hr]

So, mau jadi programmer yg bagus dan profesional? Lawan 6 sifat/kebiasaan buruk tsb! Jika tak bisa hilangkan, setdknya kurangi. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:58:19 [+7hr]

Ok… selesai sudah bahasan kita. Sekian dulu #kamiskoding pekan ini. Silakan jika ada tanggapan. Semoga bermanfaat. Terima kasih. πŸ™‚
Thu Jun 21 2012 – 07:59:52 [+7hr]