Nostalgia Seorang Kutubuku

Buat yg suka kisah2 pewayangan, novel2 karya @PitoyoAmrih ini cukup menarik utk dikoleksi. Ada ebook-nya nggak ya? http://t.co/4zBWa9Y2
Sat Jun 02 2012 – 11:45:00 [+7hr]

Baca2 ttg wayang, jadi kangen pengen baca (lagi) cergam Mahabharata dan Ramayana karya RA Kosasih. Bisa pinjem dimana ya? *colek @dheche*
Sat Jun 02 2012 – 11:49:08 [+7hr]

Waaa… novelis cermis andalanku: Abdullah Harahap; berkarya kembali! Jadi kangen pengen baca lagi novel2-nya. http://t.co/fQwZ5Nuu
Sat Jun 02 2012 – 11:59:53 [+7hr]

Baca2 ttg novel wayang dan cermis ini bikin aku teringat masa remaja dulu. Waktu aku masih SMP-SMA. Sekitar akhir th 80-an awal 90-an.
Sat Jun 02 2012 – 12:19:58 [+7hr]

Dari kecil aku memang sudah kutubuku. Nyaris semua jenis buku kulahap, fiksi maupun non fiksi. Semuanya menarik buatku.
Sat Jun 02 2012 – 12:22:13 [+7hr]

Masa kanak2, bacaanku majalah anak (Bobo, dkk), komik anak (Donal Bebek, dkk), dan buku pengetahuan (seri Apa & Mengapa, dkk).
Sat Jun 02 2012 – 12:23:40 [+7hr]

Sebagian besar aku pinjam dari teman2 krn kondisi ekonomi keluargaku waktu itu tak memungkinkan aku utk koleksi buku sendiri.πŸ™‚
Sat Jun 02 2012 – 12:24:46 [+7hr]

Menjelang remaja (SMP), khazanah bacaanku makin luas. Mulai kenal majalah remaja, novel, cergam, ensiklopedia, dan biografi.
Sat Jun 02 2012 – 12:27:04 [+7hr]

Akhir SMP mulai kenal juga dgn bacaan2 “nakal”. Tak usahlah disebut merknya ya. Biasalah, masa remaja penuh rasa ingin tahu. Hahahaha…πŸ˜€
Sat Jun 02 2012 – 12:28:50 [+7hr]

Usia SMA, bahan bacaan tentu semakin luas dan beragam. Bahkan “suply” bacaanku rasanya kurang penuhi “demand” hasrat membacaku.
Sat Jun 02 2012 – 12:32:33 [+7hr]

Maklumlah, selain kondisi ekonomi, aku hidup di kota kecil jauh dari keramaian. Toko buku terbesar di kotaku cuma jual buku2 sekolah.😦
Sat Jun 02 2012 – 12:33:30 [+7hr]

Untungnya di dekat rumahku ada sebuah persewaan buku sederhana, tapi koleksi bukunya cukup lengkap dan beragam. Utk ukuran kotaku waktu itu.
Sat Jun 02 2012 – 12:34:48 [+7hr]

Tempat itu jadi salah satu tempat nongkrong favorit. Kalo tak ada kegiatan sekolah atau bermain, maka persewaan buku itu jadi tujuan.
Sat Jun 02 2012 – 12:35:44 [+7hr]

Saking seringnya aku nongkrong di situ, kadang aku diminta menunggu dan melayani pelanggan. Lumayan jadi bisa pinjem buku gratis. Hehehe…
Sat Jun 02 2012 – 12:37:29 [+7hr]

Tapi krn itu cuma persewaan buku umum, walaupun beragam tapi buku2nya kebanyakan ya buku2 populer. Jangan harap ada buku2 “berat” di situ.
Sat Jun 02 2012 – 12:39:39 [+7hr]

Tak ada buku Madilog-nya Tan Malaka, Das Kapital-nya Karl Max, Di Bawah Bendera Revolusi-nya Soekarno, Hayatu Muhammad-nya Haikal, dsb.
Sat Jun 02 2012 – 12:43:34 [+7hr]

Makanya, utk seorg yg mengaku kutubuku, bacaan “kelas berat”-ku terhitung sedikit sekali. Teman2-ku gak ada yg suka juga. Gak ada pinjeman.
Sat Jun 02 2012 – 12:46:31 [+7hr]

Tapi ini lumayan terkompensasi dgn buku2 populer, terutama novel. Kebetulan persewaan buku tadi koleksi novelnya cukup lengkap.
Sat Jun 02 2012 – 12:48:13 [+7hr]

Mulai karya2 klasik semacam Siti Nurbaya-nya Marah Rusli, novel pop karya NH Dini, Motinggo Busye, Mira W, Freddy S, Abdullah Harahap, dsb.
Sat Jun 02 2012 – 12:50:12 [+7hr]

Selain novel cergam juga banyak. Mulai Si Buta Dari Gua Hantu-nya Ganes TH, Majapahit-nya Jan Mintaraga, kisah wayangnya RA Kosasih, dsb.
Sat Jun 02 2012 – 12:54:47 [+7hr]

Dan tentu saja tak ketinggalan, Kho Ping Ho. Hahahaha…. Entah yg satu ini pantasnya disebut novel atau bukan.πŸ™‚
Sat Jun 02 2012 – 12:55:53 [+7hr]

Sebagian besar gak ada ilmunya ya? Hehehehe… iya juga sih. Bacaan2 “berisi” biasanya aku dapet pinjeman dari temen2ku yg cukup berada.
Sat Jun 02 2012 – 12:58:54 [+7hr]

Itu pun jarang sekali. Ada pun biasanya bersifat “generik” seperti 100 Tokoh-nya Michael H. Hart, kisah2 nabi, atau sejarah umum.
Sat Jun 02 2012 – 13:01:04 [+7hr]

Buku keilmuan baru bisa aku baca ketika masuk kuliah. Lihat isi perpus kampus rasanya gak pengen pulang, saking bingung mau baca yg mana.πŸ˜€
Sat Jun 02 2012 – 13:03:51 [+7hr]

Kembali ke masa remaja, beberapa buku yg cukup berkesan buatku adalah novel cermis karya Abdullah Harahap dan cergam karya RA Kosasih.
Sat Jun 02 2012 – 13:07:25 [+7hr]

Sayangnya, ketika aku sudah merasa mampu utk koleksi buku2 tsb, eh bukunya malah susah banget dicari. Mungkin aku kurang usaha juga sih.
Sat Jun 02 2012 – 13:09:14 [+7hr]

Makanya waktu tadi browsing2 nemu novel wayang Pitoyo Amrih dan blognya Abdullah Harahap, rasanya seneng banget. Langsung nyari cara beli.
Sat Jun 02 2012 – 13:10:26 [+7hr]

Tapi sebenarnya aku pengen beli ebook-nya sih. Biar lebih praktis & bisa dibaca di gadget. Males baca buku kertasnya. Hare gene gitu loh!πŸ˜€
Sat Jun 02 2012 – 13:12:27 [+7hr]

Di keluargaku aku tak sendiri yg kutubuku. Ada adikku, kakakku, & pamanku, yg sama2 kutubuku. Semuanya pelanggan persewaan buku yg sama.πŸ˜€
Sat Jun 02 2012 – 13:17:09 [+7hr]

Tak jarang kami rebutan buku yg sama. Berusaha cepet2-an dapet pinjeman dan segera cari tempat sembunyi utk membaca, biar tak terganggu.πŸ˜€
Sat Jun 02 2012 – 13:18:21 [+7hr]

Pamanku kadang sembunyi di atas pohon di kebun kakek, sekedar supaya bisa baca buku dgn tenang. Hahahaha… lucu kalo ingat masa2 itu.πŸ™‚
Sat Jun 02 2012 – 13:19:32 [+7hr]

Ketika kami sudah sama2 dewasa, kami sering saling bertukar buku. Sampai2 tak jelas buku siapa ada di mana. Tak apalah, asal dibaca aja.πŸ™‚
Sat Jun 02 2012 – 13:21:32 [+7hr]

Ironisnya, seiring usia, khususnya sejak bekerja & berkeluarga, waktu luang utk membaca jadi makin terbatas. Banyak tuntutan kegiatan lain.
Sat Jun 02 2012 – 13:24:43 [+7hr]

Walhasil, koleksi buku bertambah, tapi tak semuanya tuntas terbaca, krn banyak alasan. Juga krn kehilangan minat, bukunya dipinjam, dsb.
Sat Jun 02 2012 – 13:26:00 [+7hr]

Misalnya, biografi Umar bin Khattab baru kubaca setengah dan mangkrak. Di Bawah Bendera Revolusi-nya Soekarno, paling cuma sepertiganya.😦
Sat Jun 02 2012 – 13:27:56 [+7hr]

Lah, bukunya besar dan berat gitu sih. Harus sediakan waktu dan tempat khusus utk baca dgn nyaman. Gak bisa baca seenaknya di mana saja.
Sat Jun 02 2012 – 13:29:10 [+7hr]

Ini juga alasan yg bikin aku sekarang males beli buku kertas. Pengennya koleksi ebook aja deh. Bisa dibaca di gadget, khususnya tablet.
Sat Jun 02 2012 – 13:30:10 [+7hr]

Jadi bisa dibawa kemana2, bisa dibaca dimana aja, kapan aja ada waktu. Gak harus di rumah. Praktis!
Sat Jun 02 2012 – 13:32:29 [+7hr]

Sayangnya masih sedikit sekali buku lokal yg tersedia dlm bentuk ebook. Ada pun umumnya ilegal (tak resmi), krn memang tak ada yg jual.😦
Sat Jun 02 2012 – 13:34:32 [+7hr]

Apalagi buku2 lama. Wah, jauh lebih sulit lagi dan terbatas. Kualitasnya pun seringkali “menyedihkan”. Hasil pindai buku yg sudah lusuh.
Sat Jun 02 2012 – 13:36:14 [+7hr]

Ah, sudahlah. Nikmati saja apa yg ada. Eh, gak terasa curtwit (curhat di twitter) ini panjang juga ya. Maafkan saya. Hahaha… *malu*πŸ™‚
Sat Jun 02 2012 – 13:38:56 [+7hr]

Ya sudah, mau berburu ebook lagi aja kalo gitu. Sapa tau dapet buku “baru”. Kan lumayan…πŸ™‚
Sat Jun 02 2012 – 13:40:25 [+7hr]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: