#kamiskoding 15: 6 Sifat Buruk Programmer (bag.2)

Halo… maaf, #kamiskoding kesorean ini. Nggak lupa sih, cuma nggak sempet aja. Oke deh, langsung aja ya. *brb baca lagi kultwit kemaren*🙂
Thu Jun 14 2012 – 08:23:53 [+7hr]

Untung udah ada bahan. Sbg pemanasan, masih lanjutan dari bahasan pekan lalu, yaitu 6 sifat atau kebiasaan buruk programmer. #kamiskoding
Thu Jun 14 2012 – 08:26:06 [+7hr]

Pekan lalu telah kita bahas 2 sifat, yaitu (1) tidak disiplin, dan (2) ego yg besar. Mari kita lanjutkan ke sifat2 yg lain. #kamiskoding
Thu Jun 14 2012 – 08:27:13 [+7hr]

Sifat yg ke-3 adalah TAK BISA BERKOMUNIKASI DGN BAIK atau susah ngomong atau omongannya susah dimengerti. Hayo, sapa yg merasa? #kamiskoding
Thu Jun 14 2012 – 08:29:00 [+7hr]

Tak bisa berkomunikasi dgn baik bukan berarti orgnya pendiam atau jarang ngomong loh. Programmer yg cerewet juga banyak kok!😀 #kamiskoding
Thu Jun 14 2012 – 08:29:57 [+7hr]

Tak bisa berkomunikasi dgn baik dlm hal ini adalah tidak atau kurang bisa menyampaikan ide/gagasannya agar dipahami org lain. #kamiskoding
Thu Jun 14 2012 – 08:31:31 [+7hr]

Bisa krn ngomongnya sedikit atau kebanyakan, bisa juga krn penyampaiannya yg mbulet kesana-kemari. Org lain jadi susah paham. #kamiskoding
Thu Jun 14 2012 – 08:34:09 [+7hr]

Komunikasi yg baik & efektif cirinya ada 3: fokus, jelas, dan pas (gak kurang, gak lebih). Ini juga harus dikuasai programmer. #kamiskoding
Thu Jun 14 2012 – 08:36:46 [+7hr]

Komunikasi yg baik penting dlm kerja tim, menghadapi pengguna, dan menyusun dokumentasi. Tulisan juga bentuk komunikasi. #kamiskoding
Thu Jun 14 2012 – 08:38:40 [+7hr]

Jika kita (programmer) merasa lemah dlm komunikasi, solusinya hanya satu: berlatih! Berlatih ngomong yg fokus, jelas, dan pas. #kamiskoding
Thu Jun 14 2012 – 08:40:59 [+7hr]

Tipsnya, sebelum ngomong, mikir dulu. Susun dulu apa2 yg akan diomongkan. Susun gmn caranya agar fokus, jelas, dan pas. #kamiskoding
Thu Jun 14 2012 – 08:42:25 [+7hr]

Khususnya jika akan mengikuti rapat tim. Kalo perlu ditulis aja, kerangka2 apa yg akan dan perlu diomongkan dlm rapat. #kamiskoding
Thu Jun 14 2012 – 08:45:31 [+7hr]

Ini harus terus dilatih dan butuh ‘jam terbang’. Programmer senior pun kadang masih harus terus mengasah skill komunikasinya. #kamiskoding
Thu Jun 14 2012 – 08:47:05 [+7hr]

Sifat buruk yg ke-4 adalah BERPIKIR TERLALU TEKNIS. Iya, programmer memang cenderung berpikir scr logis dan sistematis. #kamiskoding
Thu Jun 14 2012 – 08:49:51 [+7hr]

Tentu saja itu bagus dan penting, tapi jgn terjebak dgn pola seperti itu terus. Sahabat saya bilang, “berpikirlah yg bengkok”. #kamiskoding
Thu Jun 14 2012 – 08:51:14 [+7hr]

Maksudnya, kreatiflah. Jgn mikir lurus terus. Berpikir di luar kotak. Sekali2 keluar dari pakem. Dlm banyak kasus, ini penting. #kamiskoding
Thu Jun 14 2012 – 08:52:44 [+7hr]

Krn solusi suatu masalah tak harus dgn cara teknis. Ada solusi administratif, solusi non komputasi, bahkan ada solusi politis. #kamiskoding
Thu Jun 14 2012 – 08:54:12 [+7hr]

Jgn lupa, tugas utama programmer itu adalah memberikan solusi atas masalah. Kadang, solusinya lebih mudah scr non-teknis. #kamiskoding
Thu Jun 14 2012 – 08:56:49 [+7hr]

Programmer kadang perlu dibantu oleh anggota tim lain, khususnya yg non-programmer. Agar sudut pandang thd masalah lebih luas. #kamiskoding
Thu Jun 14 2012 – 08:59:00 [+7hr]

Nah, balik lagi, skill komunikasi jadi tampak pentingnya ketika programmer perlu berkolaborasi dgn org lain yg non-programmer. #kamiskoding
Thu Jun 14 2012 – 09:00:18 [+7hr]

Komunikasi yg baik juga punya efek balik ke programmer itu sendiri. Makin banyak ia terima wawasan lain, ia makin paham empati. #kamiskoding
Thu Jun 14 2012 – 09:04:11 [+7hr]

Ini akan berefek ke sifat ke-2: ego. Empati akan mengurangi ego programmer. Tak selalu anggap diri benar dan org lain salah. #kamiskoding
Thu Jun 14 2012 – 09:05:39 [+7hr]

Ok, cukup sekian dulu bahasan di pekan ini. Saya juga mau ada perlu. Kita lanjutkan lagi pekan depan. Masih di topik yg sama. #kamiskoding
Thu Jun 14 2012 – 09:08:35 [+7hr]

Silakan jika ada tanggapan atau pertanyaan. Maaf jika ada salah. Semoga bermanfaat. Terima kasih.🙂 #kamiskoding
Thu Jun 14 2012 – 09:09:25 [+7hr]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: