#kamiskoding 16: 6 Sifat Buruk Programmer (selesai)

Udah jam 2 nih, yuk mulai #kamiskoding aja. Masih topik yg sama, bahasan pekan lalu ttg 6 sifat buruk programmer. *colek @byopraz*🙂
Thu Jun 21 2012 – 07:03:00 [+7hr]

Penyegaran dulu… 4 dari 6 sifat buruk yg sudah kita bahas adalah: (1) tidak/kurang disiplin, (2) punya ego yg besar, … #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:06:22 [+7hr]

… (3) tak bisa berkomunikasi dgn baik, dan (4) berpikir terlalu teknis. Berarti masih ada sisa 2 sifat buruk utk kita bahas. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:08:04 [+7hr]

Nah, sifat buruk yg ke-5 adalah TIDAK BISA PRIORITASKAN PEKERJAAN DGN BENAR. Makin panjang ya? Apa maksudnya? Hehehe…🙂 #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:09:35 [+7hr]

Tak bisa prioritaskan pekerjaan berbeda dgn tak bisa fokus pada pekerjaan loh ya. Rata2 programmer tak bermasalah dgn fokus. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:10:47 [+7hr]

Tak bisa prioritaskan kerjaan justru seringkali krn programmer terlalu fokus pada sesuatu. Sayangnya, pada sesuatu yg salah.🙂 #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:12:08 [+7hr]

Tak bisa prioritaskan pekerjaan dgn benar juga salah satu faktor programmer sering tak bisa selesaikan pekerjaan tepat waktu. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:15:14 [+7hr]

Umumnya yg bikin prioritas melenceng adlh hal2 menarik / mengganggu yg bisa alihkan perhatian programmer dari prioritas awal. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:20:22 [+7hr]

Ini bisa banyak hal, bisa teknis/non teknis, di kantor/rumah, ttg pribadi/sosial, dsb. Atasannya harus perhatian thd hal ini. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:23:41 [+7hr]

Misal, programmer yg baru punya anak. Dia jadi terlalu banyak mikirin anaknya yg sedang lucu2-nya. Termasuk saat di kantor. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:24:38 [+7hr]

Wajar sih, selama tak ganggu kerja. Tapi jika sampai turunkan kinerja scr signifikan, ya harus ditangani dgn baik dan bijak. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:26:35 [+7hr]

Yg bersangkutan juga harus mawas diri krn bgmana pun dia bekerja utk menafkahi keluarga, misalnya. Intinya, harus diselesaikan. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:27:31 [+7hr]

Contoh yg terkait teknis. Misalnya, bikin program dgn teknologi atau framework baru basis open source yg komunitasnya aktif. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:30:05 [+7hr]

Betul teknologi/framework tsb harus dipelajari. Tapi kadang malah kebablasan ikutan devel di situ, kerjaannya sendiri lupa.😀 #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:31:19 [+7hr]

Keasikan ngoprek, patching, diskusi, dst ttg teknologi/framework tsb. Kerjaan aslinya malah terbengkalai. *oke, ini curcol*😀 #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:32:48 [+7hr]

Begitu diingatkan, waktunya udah mepet. Lintang pukang deh programmer ngejar batas tenggat waktu. Mutu program pun jadi turun. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:33:57 [+7hr]

Utk atasi sifat buruk ini, selain programmer sendiri harus mawas diri, ada baiknya jika rekan kerja juga saling bantu ingatkan. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:35:27 [+7hr]

Jika ada gelagat teman mulai melenceng dari prioritas yg seharusnya, segera tegur dan bantu utk kembali ke jln yg benar. #tsah #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:37:37 [+7hr]

Sifat buruk ke-6 adalah salah satu dari 2 hal ini: sombong atau minder. Dua2-nya sama2 sikap (attitude) yg tidak bagus.🙂 #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:39:49 [+7hr]

Sombong biasanya dimiliki programmer yg sudah senior dan pengalaman (baca: tua). Istilahnya sudah makan asam garam perkodingan. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:42:01 [+7hr]

Padahal dunia perkodingan adalah dunia yg perkembangannya sangat cepat. Teknologi baru selalu muncul dlm waktu relatif singkat. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:43:20 [+7hr]

Jadi sebenarnya tak ada alasan programmer tua utk merasa lebih pintar dari yg muda. Bisa2 yg tua malah ketinggalan teknologi. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:44:58 [+7hr]

Misal, dulu utk bikin animasi susahnya minta ampun, bisa jutaan baris. Sekarang sudah mudah, dgn OpenGL, DirectX, bahkan WebGL. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:47:19 [+7hr]

Sebaliknya, programmer muda yg baru lulus dan minim pengalaman, istilahnya programmer bau kencur, seringnya malah minder. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:49:43 [+7hr]

Apalagi yg lulus dgn nilai pas2-an, merasa salah jurusan, atau programmer otodidak. Cenderungnya malah lebih minder lagi. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:50:44 [+7hr]

Sikap minder itu juga tak perlu. Programmer dgn IPK tinggi belum tentu jago bikin program. Bisa jadi dia cuma jago teori doang. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:52:52 [+7hr]

Seperti yg pernah saya bilang, koding itu seperti keahlian bersepeda. Org yg banyak baca buku teori tak otomatis jago balapan. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:54:06 [+7hr]

Apalagi di jaman inet dan open source begini. Lebih banyak ilmu dan info bermanfaat di inet daripada di kampus. Percaya deh!🙂 #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:55:35 [+7hr]

So, mau jadi programmer yg bagus dan profesional? Lawan 6 sifat/kebiasaan buruk tsb! Jika tak bisa hilangkan, setdknya kurangi. #kamiskoding
Thu Jun 21 2012 – 07:58:19 [+7hr]

Ok… selesai sudah bahasan kita. Sekian dulu #kamiskoding pekan ini. Silakan jika ada tanggapan. Semoga bermanfaat. Terima kasih.🙂
Thu Jun 21 2012 – 07:59:52 [+7hr]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: