Abrahah Modern

July 31, 2012

Konon militer AS berencana ingin hancurkan 2 kota suci Islam: Mekkah & Madinah. M’gunakan bom nuklir sprti di Hiroshima & Nagasaki. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 13:56:26 [+7hr]

Andai itu benar, apa yg kita/muslim harus lakukan? Tentu kita tak bisa diam, harus melawan. Tapi, khusus 2 kota suci tsb, tak perlu. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:02:20 [+7hr]

Kita contoh tindakan Abdul Muthalib, kakek Rasul. Biarkan Mekkah dijaga oleh Sang Pemilik sebenarnya. Dia lebih kuat dari segalanya. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:05:34 [+7hr]

Itu keputusan yg diambil Abdul Muthalib saat mendengar Raja Abrahah akan hancurkan Mekkah dan Ka’bah baitullah dgn pasukan gajahnya. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:08:03 [+7hr]

Alih2 bikin pasukan utk menghadang, beliau memilih utk evakuasi warga Mekkah ke tempat yg lebih aman dari serangan pasukan Abrahah. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:10:13 [+7hr]

Dengar hal tsb, Abrahah senang. Pikirnya, it’s gonna be easy and quick. Lah wong ndak ada yg halangi kok. Mekkah kosong melompong. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:13:20 [+7hr]

Tapi Abrahah gak tau siapa pemilik kota Mekkah yg sebenarnya. Andai dia tau, mungkin dia tak akan berani ambil resiko melawanNya. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:14:46 [+7hr]

Bgmana kisah selanjutnya? Rasanya setiap muslim pasti tau. Kisah hancurnya pasukan Abrahah diabadikan dlm Al Qur’an, surat Al Fiil. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:16:33 [+7hr]

Nah, kita doakan semoga AS (dan pasukannya) mengenal Allah & Islam dgn benar. Biar nasibnya gak seperti Abrahah dan pasukannya itu. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:19:20 [+7hr]

Mungkin sebagian akan anggap sikap pasrah itu sbg sikap lemah. Silakan. Tapi kalo kita mau jujur, IMO umat Islam skrg memang lemah. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:23:00 [+7hr]

Melawan kekuatan besar saat kekuatan diri lemah, itu namanya setor nyawa utk mati konyol. Kalo mau melawan ya pake perhitungan dong. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:24:44 [+7hr]

Rasul sendiri contohkan sikap seperti itu saat muslim masih lemah di awal2 turunnya Islam. Beliau gak melawan Quraisy membabi-buta. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:26:22 [+7hr]

Saat muslim makin terdesak, Rasul berdoa meminta kekuatan salah satu dari 2 Umar. Allah kabulkan dgn masuknya Umar ibn Khattab. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:28:53 [+7hr]

Sapa sangka Umar ibn Khattab yg sangat musuhi Rasul, tiba2 masuk Islam hanya krn dengar bacaan Al Qur’an adiknya? Allah Maha Kuasa. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:32:14 [+7hr]

Kalo misalnya doa kita agar AS dan pasukannya kenal Islam dgn benar dikabulkan Allah, betapa kekuatan Islam bisa besar mendadak? #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:34:06 [+7hr]

Setidaknya, andai tak bergabung dgn Islam, satu musuh besar berkurang. Ini saja sudah berkah yg luar biasa. Tak ada yg tak mungkin. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:36:04 [+7hr]

Dgn begitu, perjuangan muslim utk tegakkan khilafah, insya Allah lebih ringan. Gak bosen apa sama #demokrasi melulu? Saya sih bosen. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:40:51 [+7hr]

Advertisements

Tips Mendapat Follower di Twitter

July 27, 2012

Utk dapet #follower banyak, sebenarnya gak susah2 amat. Asal rajin ngetwit, terutama kultwit bertema, follower akan datang dgn sendirinya.
Fri Jul 27 2012 – 09:33:49 [+7hr]

Setiap kali aku kultwit atau twit berantai dgn tema tertentu, #follower pasti nambah setelah itu. Nambah dikit / banyak, tergantung temanya.
Fri Jul 27 2012 – 09:36:03 [+7hr]

Follower baru biasanya masih mantau, kalo twit2 kita selanjutnya tetap menarik bagi mereka, maka biasanya mereka akan jadi #follower tetap.
Fri Jul 27 2012 – 09:38:10 [+7hr]

Sebaliknya, jika twit2 kita selanjutnya tak menarik, #follower baru akan unfollow. Status memantau ini mungkin dlm 1-3 hari sejak follow.
Fri Jul 27 2012 – 09:39:51 [+7hr]

Atau jika kita tak ngetwit selama masa #follower baru memantau, maka mereka juga akan unfollow. Mungkin kita dianggap tak konsisten ngetwit.
Fri Jul 27 2012 – 09:42:01 [+7hr]

Ini dari pengalamanku sendiri. Tiap kali kultwit bertema, #follower pasti nambah. Apalagi kalo temanya juga menarik bagi org luar (bule).
Fri Jul 27 2012 – 09:44:51 [+7hr]

Tapi begitu ngilang atau libur main twitter, #follower berkurang lagi. Yg bertahan follow biasanya akun promosi atau bot. Gpp lah. Hehehe…
Fri Jul 27 2012 – 09:46:34 [+7hr]

Ntar kalo ngetwit bertema lagi, #follower naik lagi. Begitu seterusnya. Ini kuamati sejak follower cuma puluhan hingga skrg mendekati 200.
Fri Jul 27 2012 – 09:47:43 [+7hr]

Itu knp ada akun2 tak jelas tapi bisa gaet banyak #follower. Rahasianya cuma rajin ngetwit yg bertema. Semakin unik temanya, makin bagus.
Fri Jul 27 2012 – 09:49:50 [+7hr]

Plus, tentu saja promosi akun. Tapi promosi ini IMO sbg akselerator aja. Kalo twit2-nya tak menarik, #follower lama2 juga akan lari.
Fri Jul 27 2012 – 09:51:16 [+7hr]

Tapi analisis tadi gak berlaku buat akun seleb yg emang udah trkenal di dunia nyata. Mereka sih mau ngetwit apa aja, #follower tetap banyak.
Fri Jul 27 2012 – 09:52:22 [+7hr]

Contoh: akun @Poconggg. Saat tak dikenal dulu, dia menarik #follower murni krn twit2-nya yg lucu & unik. Seolah2 pemilik akun bener2 pocong.
Fri Jul 27 2012 – 09:55:35 [+7hr]

Tapi ketika pemilik akun asli muncul di dunia nyata dan jadi seleb (penulis) maka dia tak perlu lagi pertahankan keunikan twit2-nya yg dulu.
Fri Jul 27 2012 – 09:57:06 [+7hr]

Dia mau ngetwit minta makan sama temannya aja, bisa ratusan #follower yg me-RT. Entah gunanya apa. Tapi ya begitulah akun seleb.
Fri Jul 27 2012 – 09:58:38 [+7hr]

Tapi ya bisa dimaklumi juga sih. Kalo pemilik akun asli udah ketahuan, bakal garing aja kalo masih pertahankan twit ala pocong. #follower
Fri Jul 27 2012 – 10:00:20 [+7hr]

Ya, demikian ocehan ngawur sore ini. Hehehe… πŸ˜€
Fri Jul 27 2012 – 10:01:02 [+7hr]


Puasa dan Rokok

July 25, 2012

Eh, ada loh sebagian kecil ulama yg berpendapat bhw merokok itu tak membatalkan #puasa. Kan sama aja dgn bernafas, cuma ada tambahan asap.
Wed Jul 25 2012 – 03:05:55 [+7hr]

Lagipula, asap rokok tak bikin kenyang, tak pula puaskan dahaga. Kalo merokok batalkan #puasa, maka bernafas dgn zat tambahan juga batalkan.
Wed Jul 25 2012 – 03:07:36 [+7hr]

Infus justru lebih membatalkan drpd rokok krn infus bisa hilangkan lapar. Sbgian ulama lain anggap infus tak batalkan #puasa bagi org sakit.
Wed Jul 25 2012 – 03:12:41 [+7hr]

Ulama lain juga anggap hisap inhaler, aroma terapi, minyak wangi, dkk tak batalkan #puasa. Lalu knp rokok bisa batalkan? Kan dihisap juga.
Wed Jul 25 2012 – 03:15:45 [+7hr]

Kalo dipikir2 sbnrnya pendapat ulama yg bolehkan rokok bagi yg #puasa itu masuk akal juga. Krn fatwanya tak konsisten dgn kasus lain serupa.
Wed Jul 25 2012 – 03:17:45 [+7hr]

Salah satu paman saya ikuti pendapat ulama tsb. Beliau tetap merokok walaupun sedang #puasa. Bedanya, pas puasa merokok gak pake ngopi. πŸ™‚
Wed Jul 25 2012 – 03:19:11 [+7hr]

Sejak kecil, aku sudah biasa lihat org #puasa tapi tetap merokok. Awalnya heran, tapi setelah dijelaskan, aku bisa memaklumi. πŸ™‚
Wed Jul 25 2012 – 03:25:20 [+7hr]

Tapi, memaklumi bukan berarti menyetujui loh ya. Ini aku sekedar cerita fenomena2 yg ada seputar #puasa. Sekadar ngeramein TL aja. πŸ™‚
Wed Jul 25 2012 – 03:26:40 [+7hr]


Buruknya Superhero

July 24, 2012

Hal buruk yg bisa kita ambil dari kisah #superhero –terutama dari barat– adalah tak mau bersaing dan tak bisa regenerasi. Pelit dan mandul?
Tue Jul 24 2012 – 15:40:31 [+7hr]

Si Batman itu misalnya. Apa susahnya bikin sekolah rahasia utk mendidik 3-5 org calon penggantinya? Masa’ semua dikuasai sendiri? #superhero
Tue Jul 24 2012 – 15:43:36 [+7hr]

Kalo gak mau didik anak org, ya didik anak sendiri. Bikin anak 3-5 org apa susahnya? Kalo perlu punya istri lebih dari 1 juga. #superhero
Tue Jul 24 2012 – 15:45:00 [+7hr]

Kan enak kalo ada asisten. Bisa gantian shift jaga kota Gotham. Batman senior jaga tengah malam. Yg yunior jaga petang atau sore. #superhero
Tue Jul 24 2012 – 15:46:13 [+7hr]

Atau kalo ada #supervillain yg lebih jago, kan bisa main keroyokan. What the hell lah sama etika, wong musuh org jahat ini. #superhero
Tue Jul 24 2012 – 15:47:48 [+7hr]

Kecuali dia bisa abadi, tak mau regenerasi juga bukti egoisnya #superhero. Gak punya visi yg bagus. Kalo dia mati, siapa yg ganti jaga kota?
Tue Jul 24 2012 – 15:51:14 [+7hr]

Atau mungkin tak mau ada saingan, takut kalah beken gitu kali ya? Atau takut honornya berkurang krn harus berbagi? Hahahaha… #superhero
Tue Jul 24 2012 – 15:54:23 [+7hr]

#Superhero macam apa itu? Punya kekuatan atau perangkat hebat, tapi mental dan planning cemen. Gak punya visi. Cuma jadi jagoan sendiri.
Tue Jul 24 2012 – 15:56:55 [+7hr]

So, #superhero itu sbnrnya bukan org yg bagus2 amat. Sekadar punya kekuatan/perangkat super aja. Selebihnya biasa aja, kalo gak malah buruk.
Tue Jul 24 2012 – 15:59:54 [+7hr]

Ah, udahan ah ngoceh #superhero-nya. Mungkin bisa jadi bahan SUC kalo mau digali lebih jauh. *colek @dbaonk* πŸ™‚
Tue Jul 24 2012 – 16:00:53 [+7hr]


Nikmat Lupa Puasa

July 23, 2012

Lupa sedang #puasa itu nikmat loh! Apalagi kalo durasinya lama. Yah, cukup buat ngabisin segelas es sirop, misalnya. *serbet, mana serbet!*
Mon Jul 23 2012 – 08:09:54 [+7hr]

Dulu aku pernah bbrp kali dapet nikmat seperti itu. Biasanya di awal2 #puasa atau pas puasa sunnah. Maklumlah, belum terbiasa. #pencitraan
Mon Jul 23 2012 – 08:13:46 [+7hr]

Pernah bangun tidur, trus ke dapur dan dgn santai minum air putih. Sampai habis segelas. Tanpa rasa bersalah. Yg lain bengong liatin. #puasa
Mon Jul 23 2012 – 08:15:34 [+7hr]

Pas diingetin, kaget. Tapi terus nyengir. Yah, namanya juga lupa. Batal? Nggak, #puasa tetep lanjut. Yg penting bener2 lupa, bukan sok lupa.
Mon Jul 23 2012 – 08:17:42 [+7hr]

Pernah juga, siang2 sakaw cemilan. Pas lagi dekat meja makan, reflek nyamber kerupuk. Baru habis separuh, inget sendiri kalo lagi #puasa. πŸ˜€
Mon Jul 23 2012 – 08:20:46 [+7hr]

Huwa… panik! Langsung berenti makan dan dimuntahin, trus kumur2 bersihin mulut. Tapi sisa rasa kerupuk di kerongkongan gak nyaman. #puasa
Mon Jul 23 2012 – 08:22:06 [+7hr]

Rasanya tanggung banget! Apalagi belum “sempat” minum. Asli gak enak banget di kerongkongan. Dan itu harus ditahan sampe maghrib! πŸ˜€ #puasa
Mon Jul 23 2012 – 08:24:24 [+7hr]

Yg lebih konyol lagi, pernah pas lagi #puasa syawal. Liat adik dkk lagi rujakan, rujak buah. Siang2 pula, asik kan? Aku langsung join aja.
Mon Jul 23 2012 – 08:27:48 [+7hr]

Nikmat sampe kepedesan. Tiba2 adik ngingetin kalo aku lagi #puasa syawal. Arrgghhh… sial, kenapa harus diingetin?! Kan gak bisa “tuntas”?!
Mon Jul 23 2012 – 08:30:07 [+7hr]

Krn udah tanggung enaknya dan toh #puasa sunnah, kali itu aku milih nerusin makan rujak aja. Gila aja nahan pedes sampe maghrib? Hahaha…
Mon Jul 23 2012 – 08:31:59 [+7hr]

So, buat yg beruntung dapet nikmat lupa saat #puasa, nikmati aja deh. Moga2 gak keingetan atau diingetin. Tapi lupa beneran ya. Hihihi… πŸ˜€
Mon Jul 23 2012 – 08:33:51 [+7hr]


Pezina kok jadi idola?

July 23, 2012

Pezina dielu-elukan bak pahlawan. Pelaku #poligami dihujat bak pesakitan. Masih percaya moral dan integritas media kita? Cih! πŸ˜›
Mon Jul 23 2012 – 02:10:15 [+7hr]

Ada yg bilang #poligami itu warisan budaya kuno yg harus dihapuskan. Loh, #demokrasi juga udah tua kale! Kok masih dipertahankan? πŸ˜›
Mon Jul 23 2012 – 02:17:57 [+7hr]

Yg kontra #poligami kalo betul2 hargai wanita harusnya lebih keras thd pelaku zina. Nyatanya, zina didiemin aja. Sama poligami, nyolot! πŸ˜›
Mon Jul 23 2012 – 02:23:47 [+7hr]

Pezina didiemin krn katanya itu urusan pribadi. Lah, situ kok nyolot sama urusan rumah tangga org yg #poligami ? Emang situ emaknya? πŸ˜›
Mon Jul 23 2012 – 02:26:20 [+7hr]

Yg #poligami gak bahagia hidupnya? Emang yg selingkuh itu bahagia? Emang yg monogami itu PASTI bahagia? Bahagia tiap org beda2 kale? πŸ˜›
Mon Jul 23 2012 – 02:29:43 [+7hr]

Dunia emang udah kebalik2. Yg #poligami malah hancur bisnisnya. Yg zina/selingkuh malah moncer karirnya. Hadeehhh… mau kiamat kali ya? 😦
Mon Jul 23 2012 – 02:32:11 [+7hr]

Eits, jgn salah! Ane dari keluarga #poligami. Bapak ane punya bini 2. Engkong ane punya bini 2. Semuanya baik2 aja tuh! Akur, rukun, kompak.
Mon Jul 23 2012 – 02:34:39 [+7hr]

Kalo ada #poligami gagal, yg gagal mah pelakunya. Ibaratnya, banyak kecelakaan di jalan raya, tapi jalannya kok gak pernah disalahin? πŸ˜›
Mon Jul 23 2012 – 02:37:10 [+7hr]

Gmn2 tetap jauh lebih pantas hormat sama Aa Gym drpd sama Ariel. Satunya ulama yg #poligami, satunya penyanyi tukang zina. Sapa yg lu pilih?
Mon Jul 23 2012 – 02:39:24 [+7hr]

Siapa yg kau jadikan idola, itu menggambarkan siapa dirimu. Lupa sapa yg bilang. πŸ˜€
Mon Jul 23 2012 – 02:40:52 [+7hr]


#kamiskoding 19: Mutu Kode Program

July 19, 2012

Baiklah, mari #kamiskoding dulu aja kalo gitu. Biar gak kesorean, malah kelewatan kayak pekan lalu. Hehehehe… πŸ˜€
Thu Jul 19 2012 – 07:59:50 [+7hr]

Bbrp pekan lalu kita sudah bahas jenjang mutu programmer. Kali ini saya ingin bahas jenjang mutu kode program (hasilnya). #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:01:41 [+7hr]

Utk menilai mutu kode program, saya cuma pertimbangkan 2 faktor: extensibility (ubahkembangkan) dan readability (keterbacaan). #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:04:59 [+7hr]

Masing2 faktor dibagi 3 jenjang: sulit, biasa, dan mudah. Kemudian dibuat matrik 2 dimensi sprti gbr ini: #kamiskoding http://t.co/9plUnW2I
Thu Jul 19 2012 – 08:08:42 [+7hr]

Dari matrik tsb, mutu kode program diklasifikasikan dlm 6 jenjang: A-F (dari yg terbaik ke yg terburuk) berdasar 2 faktor tadi. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:11:44 [+7hr]

Mutu A: kode program sangat sederhana (mudah dibaca) dan sangat bisa diubahkembangkan. Ini mutu ideal yg sulit sekali dicapai. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:17:51 [+7hr]

Sebagian org bilang mutu A ini nyaris mustahil dicapai krn dlm prakteknya extensibility berbanding terbalik dgn readability. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:19:47 [+7hr]

Mutu B: Mutu yg baik dgn kompromi yg bagus. Mutu sprti ini masih mungkin dicapai. Kompromi yg diambil masih dlm batas2 yg baik. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:24:06 [+7hr]

Hasil karya programmer2 jago biasanya ada di level B ini. Kompromi yg dipilih, extensibility/readability, tergantung kondisi. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:25:25 [+7hr]

Mutu C: Mutu yg sifatnya rata2, tak bagus juga tak jelek. Sebagian besar mutu program yg dihasilkan programer ada di level ini. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:29:13 [+7hr]

Bahkan programmer yg jago pun, jika tak bekerja dgn maksimal juga akan menghasilkan mutu di level ini. Ini semacam level umum. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:31:19 [+7hr]

Mutu D: Mutu yg buruk, tapi masih bisa diusahakan utk diperbaiki. Biasanya ini dihasilkan programmer pemula kurang pengalaman. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:35:41 [+7hr]

Kompromi yg diambil di level D ini korbankan salah satu faktor tapi masih baik di faktor lain shg masih mungkin utk dibenahi. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:39:37 [+7hr]

Mutu E: Mutu yg sangat buruk. Tak hanya itu, kode di level ini bisa jadi simpan bahaya bom waktu krn bug laten siap mengancam. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:42:04 [+7hr]

Scr runtime bisa jadi program berjalan dgn baik. Tapi begitu diperlukan perubahan ke kode, mutu E ini sulit sekali dibenahi. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:44:19 [+7hr]

Mutu F: Ini kode program yg tak bermutu. Susah dibaca, dikembangkan, dan dibenahi. Kemungkinan yg bikin bukan programmer. πŸ™‚ #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:46:32 [+7hr]

Tapi kalo ketemu kode F ini gampang kok. Cukup “lem biru”, alias “lempar (buang) dan bikin baru”. Ini lebih mudah drpd benahi. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:48:32 [+7hr]

Idealnya, tentu programmer ingin hasilkan mutu A. Optimal di mutu B. Minimal di mutu C. Hindari bikin yg mutu D, apalagi E. πŸ™‚ #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:51:46 [+7hr]

Mutu F? Itu sih jelas “haram” bagi org yg mengaku berprofesi programmer! Kecuali berniat mau pindah profesi. πŸ™‚ #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:53:45 [+7hr]

Oke… demikian bahasan #kamiskoding pekan ini. Silakan jika ada tanggapan/pertanyaan/kritik/saran. Semoga bermanfaat. Terima kasih. πŸ™‚
Thu Jul 19 2012 – 08:56:47 [+7hr]

Oh ya, jika ada usulan topik yg ingin dibahas dlm #kamiskoding pekan depan, silakan mention. Jika saya bisa, akan saya siapkan materinya.
Thu Jul 19 2012 – 09:01:45 [+7hr]

Tapi saya gak janji akan bisa bahas semua topik yg diminta. Saya cuma programer biasa dgn ilmu terbatas. Sebisanya saya aja ya. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 09:04:15 [+7hr]