#kamiskoding 19: Mutu Kode Program

Baiklah, mari #kamiskoding dulu aja kalo gitu. Biar gak kesorean, malah kelewatan kayak pekan lalu. Hehehehe…😀
Thu Jul 19 2012 – 07:59:50 [+7hr]

Bbrp pekan lalu kita sudah bahas jenjang mutu programmer. Kali ini saya ingin bahas jenjang mutu kode program (hasilnya). #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:01:41 [+7hr]

Utk menilai mutu kode program, saya cuma pertimbangkan 2 faktor: extensibility (ubahkembangkan) dan readability (keterbacaan). #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:04:59 [+7hr]

Masing2 faktor dibagi 3 jenjang: sulit, biasa, dan mudah. Kemudian dibuat matrik 2 dimensi sprti gbr ini: #kamiskoding http://t.co/9plUnW2I
Thu Jul 19 2012 – 08:08:42 [+7hr]

Dari matrik tsb, mutu kode program diklasifikasikan dlm 6 jenjang: A-F (dari yg terbaik ke yg terburuk) berdasar 2 faktor tadi. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:11:44 [+7hr]

Mutu A: kode program sangat sederhana (mudah dibaca) dan sangat bisa diubahkembangkan. Ini mutu ideal yg sulit sekali dicapai. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:17:51 [+7hr]

Sebagian org bilang mutu A ini nyaris mustahil dicapai krn dlm prakteknya extensibility berbanding terbalik dgn readability. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:19:47 [+7hr]

Mutu B: Mutu yg baik dgn kompromi yg bagus. Mutu sprti ini masih mungkin dicapai. Kompromi yg diambil masih dlm batas2 yg baik. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:24:06 [+7hr]

Hasil karya programmer2 jago biasanya ada di level B ini. Kompromi yg dipilih, extensibility/readability, tergantung kondisi. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:25:25 [+7hr]

Mutu C: Mutu yg sifatnya rata2, tak bagus juga tak jelek. Sebagian besar mutu program yg dihasilkan programer ada di level ini. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:29:13 [+7hr]

Bahkan programmer yg jago pun, jika tak bekerja dgn maksimal juga akan menghasilkan mutu di level ini. Ini semacam level umum. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:31:19 [+7hr]

Mutu D: Mutu yg buruk, tapi masih bisa diusahakan utk diperbaiki. Biasanya ini dihasilkan programmer pemula kurang pengalaman. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:35:41 [+7hr]

Kompromi yg diambil di level D ini korbankan salah satu faktor tapi masih baik di faktor lain shg masih mungkin utk dibenahi. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:39:37 [+7hr]

Mutu E: Mutu yg sangat buruk. Tak hanya itu, kode di level ini bisa jadi simpan bahaya bom waktu krn bug laten siap mengancam. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:42:04 [+7hr]

Scr runtime bisa jadi program berjalan dgn baik. Tapi begitu diperlukan perubahan ke kode, mutu E ini sulit sekali dibenahi. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:44:19 [+7hr]

Mutu F: Ini kode program yg tak bermutu. Susah dibaca, dikembangkan, dan dibenahi. Kemungkinan yg bikin bukan programmer.🙂 #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:46:32 [+7hr]

Tapi kalo ketemu kode F ini gampang kok. Cukup “lem biru”, alias “lempar (buang) dan bikin baru”. Ini lebih mudah drpd benahi. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:48:32 [+7hr]

Idealnya, tentu programmer ingin hasilkan mutu A. Optimal di mutu B. Minimal di mutu C. Hindari bikin yg mutu D, apalagi E.🙂 #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:51:46 [+7hr]

Mutu F? Itu sih jelas “haram” bagi org yg mengaku berprofesi programmer! Kecuali berniat mau pindah profesi.🙂 #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 08:53:45 [+7hr]

Oke… demikian bahasan #kamiskoding pekan ini. Silakan jika ada tanggapan/pertanyaan/kritik/saran. Semoga bermanfaat. Terima kasih.🙂
Thu Jul 19 2012 – 08:56:47 [+7hr]

Oh ya, jika ada usulan topik yg ingin dibahas dlm #kamiskoding pekan depan, silakan mention. Jika saya bisa, akan saya siapkan materinya.
Thu Jul 19 2012 – 09:01:45 [+7hr]

Tapi saya gak janji akan bisa bahas semua topik yg diminta. Saya cuma programer biasa dgn ilmu terbatas. Sebisanya saya aja ya. #kamiskoding
Thu Jul 19 2012 – 09:04:15 [+7hr]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: