Zakat Bukan Money Laundry

August 14, 2012

Masih ada sedikit salah kaprah di kalangan umum bahwa #zakat itu utk mensucikan harta. Kesannya ini bagus, tapi sebenarnya salah loh. πŸ™‚
Tue Aug 14 2012 – 23:54:46 [+7hr]

#Zakat bukan fasilitas money laundry (cuci uang) dari Islam. Sebab muslim tak boleh menerima, mencari, dan hidup dari harta kotor (haram).
Tue Aug 14 2012 – 23:57:11 [+7hr]

Kesalahan ini bisa berakibat fatal krn jadi legitimasi org yg dapat harta scr kotor lalu dianggap jadi bersih setelah keluar #zakat nya.
Wed Aug 15 2012 – 00:01:45 [+7hr]

Misal, org kaya dari hasil korupsi (haram) lalu setelah dikeluarkan #zakat nya maka dianggap hasil korupsinya jadi halal. Wah, berabe nih!
Wed Aug 15 2012 – 00:03:56 [+7hr]

Bisa jadi salah kaprah pemahaman #zakat (termasuk sedekah) ini yg bikin koruptor2 di negeri kita merasa nyaman menikmati hasil korupsinya.
Wed Aug 15 2012 – 00:05:32 [+7hr]

Yg sebenarnya adlh masih ada hak org lain dlm harta kita. Nah, hak tsb ditunaikan sbg #zakat yaitu dgn berikan sebagian harta kpd yg berhak.
Wed Aug 15 2012 – 00:13:24 [+7hr]

#Zakat memang mensucikan, tapi yg disucikan adlh jiwa dari pemilik harta. Supaya tak jadi org serakah, bakhil, cinta dunia, dan anti sosial.
Wed Aug 15 2012 – 00:18:09 [+7hr]

Bisa jadi 2 hal tsb lalu muncul pemahaman bhw #zakat mensucikan harta. Pdhal asalnya zakat adlh utk mensucikan jiwa dgn menyisihkan harta.
Wed Aug 15 2012 – 00:23:48 [+7hr]

Jadi, harta kotor tetap haram walau tlah keluar zakatnya. Harta suci tetap halal walau blum keluar zakatnya. Krn #zakat bukan money laundry.
Wed Aug 15 2012 – 00:27:44 [+7hr]

Itu menurut pemahaman saya ttg #zakat. Mohon koreksi bila salah. Allahu’alam bishowab.
Wed Aug 15 2012 – 00:35:17 [+7hr]


Prioritas Zakat

August 11, 2012

Idul Fitri makin dekat, biasanya muslim siap2 bayar zakat. Sudahkah kita ketahui siapa org2 yg berhak terima #zakat di sekitar kita?
Sat Aug 11 2012 – 09:46:04 [+7hr]

Di jaman online ini, bayar #zakat telah sangat dimudahkan oleh berbagai lembaga amil. Tapi dahulukan zakat pada org2 sekitar lebih dulu.
Sat Aug 11 2012 – 09:48:24 [+7hr]

Prinsip #zakat adalah kepedulian sosial. Jangan sampai kemudahan bayar zakat malah mematikan kepedulian sosial pada lingkungan sekitar kita.
Sat Aug 11 2012 – 09:50:09 [+7hr]

Lebih bagus lagi jika berikan #zakat kita langsung pada yg berhak dgn tangan kita sendiri. Datangi dan bahagiakan mereka walau sebentar.
Sat Aug 11 2012 – 09:54:22 [+7hr]

Dgn begitu kita bisa lihat & rasakan kondisi hidup saudara2 kita yg kurang beruntung. Bisa tumbuhkan empati dan syukur pada pemberi #zakat.
Sat Aug 11 2012 – 09:56:01 [+7hr]

Hal2 seperti ini yg tak bisa diperoleh jika kita bayar #zakat melalui amil. Kita termanjakan kemudahan tapi tak asah kepedulian sosial.
Sat Aug 11 2012 – 09:58:45 [+7hr]

Tapi bukan berarti badan amil tak berguna. Jika memang tak ada org yg berhak di sekitar kita, barulah kita salurkan #zakat melalui amil.
Sat Aug 11 2012 – 10:00:27 [+7hr]

Artinya, prioritaskan #zakat pada yg lebih dekat lebih dahulu. Jika tak ada, baru bergerak ke lingkungan yg lebih jauh. Jgn dibalik. πŸ™‚
Sat Aug 11 2012 – 10:03:33 [+7hr]


Beda tak berarti salah

August 10, 2012

Tumben gak ada yg nyolot sama twit #poligami ane. Biasanya ada aja yg tersungging. Krn pada puasa kali ya? Nahan diri. Baguslah! Hihihihi…
Fri Aug 10 2012 – 08:36:09 [+7hr]

Duh, katanya org pinter, tapi suka membodohkan org lain yg beda pendapat. Ane langsung kecewa sama abang itu. 😦 #nomention #poligami
Fri Aug 10 2012 – 09:48:44 [+7hr]

Gak setuju ama pendapat org sah2 aja. Tapi membodohkan org tsb pdhal argumennya punya dasar kuat, malah diri sendiri jadi bodoh. #poligami
Fri Aug 10 2012 – 09:50:57 [+7hr]

Mana yg katanya hormati perbedaan tafsir agama? Mana yg katanya jgn saling kafirkan yg berbeda? Lupa krn benci #poligami yg berlebihan?
Fri Aug 10 2012 – 09:52:10 [+7hr]

Membodohkan org lain krn beda pendapat itu sama dgn mengkafirkan org lain krn beda pemahaman. Sama2 merasa paling benar sendiri. #poligami
Fri Aug 10 2012 – 09:54:27 [+7hr]

Membodohkan org lain pun boleh, asal memang dia benar2 lakukan kebodohan. Bukan krn beda pendapat/pemahaman sama kita. πŸ˜› #poligami
Fri Aug 10 2012 – 09:59:30 [+7hr]

Ironis jika seorg intelektual bela kebebasan berpendapat dan pluralisme tapi membodohkan pemahaman yg berbeda. #poligami
Fri Aug 10 2012 – 10:04:22 [+7hr]

Katanya kebenaran yg dipahami manusia itu relatif. Lah situ katanya org pinter berpendidikan kok ngebodohin org yg beda pendapat? #poligami
Fri Aug 10 2012 – 10:06:45 [+7hr]

Masih iseng mantau tagar #poligami dan masih ngikik baca berbagai tanggapan beraneka ragam. Lumayan, jadi hiburan tersendiri. πŸ™‚
Fri Aug 10 2012 – 13:58:18 [+7hr]

Tapi sekaligus prihatin sih. Banyak muslim yg tak paham sirah nabawi dan ragam tafsir seputar #poligami atau sikapi dari sudut syariah.
Fri Aug 10 2012 – 13:59:28 [+7hr]

Ada yg bilang istri2 Nabi itu janda2 tua semua. Pdhal ini kurang benar. Sebagian memang tua. Tapi sebagian lain cantik dan muda. #poligami
Fri Aug 10 2012 – 14:01:15 [+7hr]

Istri2 muda Nabi itu malah jadi titik “serang” orientalis dgn berbagai tudingan negatif pada Nabi. Dan juga pada ajaran #poligami di Islam.
Fri Aug 10 2012 – 14:05:11 [+7hr]

Tau siapa istri2 Nabi yg cantik? Well, Google is your friend. Masa’ ngerti biografi tokoh dunia, biografi nabi sendiri gak tau? πŸ˜› #poligami
Fri Aug 10 2012 – 14:07:20 [+7hr]

Lucu juga baca komen2 org yg sok tau rumah tangga Nabi. Coba tanyain, brp jumlah dan nama2 istri Nabi? Eits… Gak boleh nyontek! #poligami
Fri Aug 10 2012 – 14:10:09 [+7hr]

Nah, nyebut gitu aja belepotan, sok pintar mendaku tafsir #poligami yg paling benar. Modal google doang (paling ke faithfreedom) kok gaya.
Fri Aug 10 2012 – 14:13:34 [+7hr]

Jadi kalo mau nyalahin #poligami jelasin dulu, situ sbg apa? Ulama yg mampu menafsirkan? Atau cuma org yg gak suka trus cari pembenaran? πŸ˜›
Fri Aug 10 2012 – 14:16:51 [+7hr]

Ada artis selingkuh (zina), dibela dgn berbagai alasan. Ada artis #poligami (halal), dihujat dgn berbagai cacian. Standar ganda? πŸ˜›
Fri Aug 10 2012 – 14:33:17 [+7hr]

Aku lebih respek pada org yg kontra #poligami dan juga berani menghujat pezina. Itu lebih konsisten! Gak mencla-mencle! πŸ˜›
Fri Aug 10 2012 – 14:42:20 [+7hr]

Lah katanya anti #poligami utk kehormatan wanita. Tapi pada pezina kok cangkeme mak clakep ndak menghujat sperti waktu pada pelaku poligami.
Fri Aug 10 2012 – 14:47:49 [+7hr]


Poligami vs Pezina

August 10, 2012

Masih gagal paham sama org yg bisa menerima pelaku zina tapi antipati sekali pada pelaku #poligami. | *abis ngepoin TL kang @rusdirusdi*
Fri Aug 10 2012 – 07:37:48 [+7hr]

Org yg ngakunya mendukung #poligami tapi tak mau dipoligami itu egois. Kata org madura “kardhiman”. Mau menang dan enaknya sendiri aja. πŸ˜›
Fri Aug 10 2012 – 07:41:28 [+7hr]

Katanya gak usah sok merasa benar dlm beragama. Lalu kalo ada org #poligami krn alasan agama, situ kok jadi sewot? Sok paling paham. πŸ˜›
Fri Aug 10 2012 – 07:46:18 [+7hr]

Katanya pahala dan ikhlas itu urusan hati yg tersembunyi, bukan urusan manusia. Lalu kalo ada org #poligami knp situ jadi sok tau banget? πŸ˜›
Fri Aug 10 2012 – 07:48:09 [+7hr]

Katanya urusan ibadah dan agama itu wilayah privat yg harus dihargai. Lalu kalo ada org #poligami knp situ jadi ikut campur dan menghakimi?
Fri Aug 10 2012 – 07:49:49 [+7hr]

Ngikik baca org2 yg kontra #poligami bawa2 tafsir segala. Mendadak jadi ahli tafsir semua. Padahal paling juga modal copas dan googling. πŸ˜›
Fri Aug 10 2012 – 07:53:38 [+7hr]

Ibu dimadu? Adik perempuan dimadu? Anak perempuan dimadu? Jika itu jadi maslahat, knp tidak? Asal suaminya adil & tanggung jawab. #poligami
Fri Aug 10 2012 – 08:00:32 [+7hr]

Syariat ditegakkan tidak atas suka/tidak. Kalo anda pilih Islam, ya ikuti syariat Islam. Gak mau, tinggalkan. Jgn mau enaknya aja. #poligami
Fri Aug 10 2012 – 08:02:11 [+7hr]

Bagi sebagian org, zakat itu beban. Tapi bukan lalu dia boleh menolak tunaikan zakat. Emang syariat itu swalayan, bisa pilih2? πŸ˜› #poligami
Fri Aug 10 2012 – 08:05:22 [+7hr]

Begini aja deh para kontra #poligami ya… situ gak usah rese’ bin kepo ngurusin rumah tangga org deh. Selama syariat benarkan, sudahlah.
Fri Aug 10 2012 – 08:11:27 [+7hr]

Situ mau setuju atau nolak #poligami juga gak ngaruh. Emang yg poligami mau dengerin situ? Mending situ dengerin album baru Noah aja tuh. πŸ˜›
Fri Aug 10 2012 – 08:13:07 [+7hr]

Drpd situ emosi trus maki2 org yg belum tentu juga salah, sementara situ pasti salah (memaki). Mana bulan puasa lagi. Rugi kan? #poligami
Fri Aug 10 2012 – 08:14:21 [+7hr]

Pasang plang di linimasa, isinya: “Menerima konsultasi #poligami online”. Tarif nego. Berminat silakan DM. πŸ™‚
Fri Aug 10 2012 – 08:24:02 [+7hr]


Abrahah Modern

July 31, 2012

Konon militer AS berencana ingin hancurkan 2 kota suci Islam: Mekkah & Madinah. M’gunakan bom nuklir sprti di Hiroshima & Nagasaki. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 13:56:26 [+7hr]

Andai itu benar, apa yg kita/muslim harus lakukan? Tentu kita tak bisa diam, harus melawan. Tapi, khusus 2 kota suci tsb, tak perlu. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:02:20 [+7hr]

Kita contoh tindakan Abdul Muthalib, kakek Rasul. Biarkan Mekkah dijaga oleh Sang Pemilik sebenarnya. Dia lebih kuat dari segalanya. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:05:34 [+7hr]

Itu keputusan yg diambil Abdul Muthalib saat mendengar Raja Abrahah akan hancurkan Mekkah dan Ka’bah baitullah dgn pasukan gajahnya. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:08:03 [+7hr]

Alih2 bikin pasukan utk menghadang, beliau memilih utk evakuasi warga Mekkah ke tempat yg lebih aman dari serangan pasukan Abrahah. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:10:13 [+7hr]

Dengar hal tsb, Abrahah senang. Pikirnya, it’s gonna be easy and quick. Lah wong ndak ada yg halangi kok. Mekkah kosong melompong. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:13:20 [+7hr]

Tapi Abrahah gak tau siapa pemilik kota Mekkah yg sebenarnya. Andai dia tau, mungkin dia tak akan berani ambil resiko melawanNya. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:14:46 [+7hr]

Bgmana kisah selanjutnya? Rasanya setiap muslim pasti tau. Kisah hancurnya pasukan Abrahah diabadikan dlm Al Qur’an, surat Al Fiil. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:16:33 [+7hr]

Nah, kita doakan semoga AS (dan pasukannya) mengenal Allah & Islam dgn benar. Biar nasibnya gak seperti Abrahah dan pasukannya itu. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:19:20 [+7hr]

Mungkin sebagian akan anggap sikap pasrah itu sbg sikap lemah. Silakan. Tapi kalo kita mau jujur, IMO umat Islam skrg memang lemah. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:23:00 [+7hr]

Melawan kekuatan besar saat kekuatan diri lemah, itu namanya setor nyawa utk mati konyol. Kalo mau melawan ya pake perhitungan dong. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:24:44 [+7hr]

Rasul sendiri contohkan sikap seperti itu saat muslim masih lemah di awal2 turunnya Islam. Beliau gak melawan Quraisy membabi-buta. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:26:22 [+7hr]

Saat muslim makin terdesak, Rasul berdoa meminta kekuatan salah satu dari 2 Umar. Allah kabulkan dgn masuknya Umar ibn Khattab. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:28:53 [+7hr]

Sapa sangka Umar ibn Khattab yg sangat musuhi Rasul, tiba2 masuk Islam hanya krn dengar bacaan Al Qur’an adiknya? Allah Maha Kuasa. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:32:14 [+7hr]

Kalo misalnya doa kita agar AS dan pasukannya kenal Islam dgn benar dikabulkan Allah, betapa kekuatan Islam bisa besar mendadak? #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:34:06 [+7hr]

Setidaknya, andai tak bergabung dgn Islam, satu musuh besar berkurang. Ini saja sudah berkah yg luar biasa. Tak ada yg tak mungkin. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:36:04 [+7hr]

Dgn begitu, perjuangan muslim utk tegakkan khilafah, insya Allah lebih ringan. Gak bosen apa sama #demokrasi melulu? Saya sih bosen. #alfiil
Tue Jul 31 2012 – 14:40:51 [+7hr]


Puasa dan Rokok

July 25, 2012

Eh, ada loh sebagian kecil ulama yg berpendapat bhw merokok itu tak membatalkan #puasa. Kan sama aja dgn bernafas, cuma ada tambahan asap.
Wed Jul 25 2012 – 03:05:55 [+7hr]

Lagipula, asap rokok tak bikin kenyang, tak pula puaskan dahaga. Kalo merokok batalkan #puasa, maka bernafas dgn zat tambahan juga batalkan.
Wed Jul 25 2012 – 03:07:36 [+7hr]

Infus justru lebih membatalkan drpd rokok krn infus bisa hilangkan lapar. Sbgian ulama lain anggap infus tak batalkan #puasa bagi org sakit.
Wed Jul 25 2012 – 03:12:41 [+7hr]

Ulama lain juga anggap hisap inhaler, aroma terapi, minyak wangi, dkk tak batalkan #puasa. Lalu knp rokok bisa batalkan? Kan dihisap juga.
Wed Jul 25 2012 – 03:15:45 [+7hr]

Kalo dipikir2 sbnrnya pendapat ulama yg bolehkan rokok bagi yg #puasa itu masuk akal juga. Krn fatwanya tak konsisten dgn kasus lain serupa.
Wed Jul 25 2012 – 03:17:45 [+7hr]

Salah satu paman saya ikuti pendapat ulama tsb. Beliau tetap merokok walaupun sedang #puasa. Bedanya, pas puasa merokok gak pake ngopi. πŸ™‚
Wed Jul 25 2012 – 03:19:11 [+7hr]

Sejak kecil, aku sudah biasa lihat org #puasa tapi tetap merokok. Awalnya heran, tapi setelah dijelaskan, aku bisa memaklumi. πŸ™‚
Wed Jul 25 2012 – 03:25:20 [+7hr]

Tapi, memaklumi bukan berarti menyetujui loh ya. Ini aku sekedar cerita fenomena2 yg ada seputar #puasa. Sekadar ngeramein TL aja. πŸ™‚
Wed Jul 25 2012 – 03:26:40 [+7hr]


Ijtihad Ulama Modern

July 19, 2012

Bagi yg yakin bhw Islam itu sumber kebenaran dan rahmat bagi semesta, maka memahaminya scr tekstual bertentangan dgn keyakinan itu sendiri.
Thu Jul 19 2012 – 04:32:02 [+7hr]

Jika kebenaran Islam (Al Qur’an dan Hadits) dianggap mutlak/absolut, maka hujjah/ijtihad tak perlu dianggap mutlak/absolut juga.
Thu Jul 19 2012 – 04:35:25 [+7hr]

Ijtihad ulama masa lalu bisa jadi benar, tapi apa selalu sesuai sepanjang jaman? Belum tentu. Ada banyak hal yg pengaruhi keputusan fatwa.
Thu Jul 19 2012 – 04:43:27 [+7hr]

Pintu ijtihad selalu terbuka hingga akhir jaman. Ulama2 yg hidup saat ini juga boleh mengajukan ijtihad/fatwa baru dgn hujjah yg relevan.
Thu Jul 19 2012 – 04:44:53 [+7hr]

Tapi bukan berarti semua muslim boleh ijtihad sendiri, seperti anggapan liberalis. Menjadi mujtahid itu sulit dan syarat ilmunya banyak.
Thu Jul 19 2012 – 04:45:52 [+7hr]

Berlebihan menyikapi fatwa ulama klasik dan menariknya ke masa kini, rasanya kurang tepat. Beri kesempatan ulama masa kini sumbang pikiran.
Thu Jul 19 2012 – 04:47:54 [+7hr]

Berlebihan menyikapi fatwa ulama klasik bahkan bisa menyeret pada pengkultusan yg anggap seseorg selalu benar. Ini bukan semangat Islam.
Thu Jul 19 2012 – 04:50:12 [+7hr]

Kondisi saat ulama klasik hidup sangat berbeda dgn kondisi skrg. Siapa bisa jamin mereka akan fatwakan hal yg sama jika hidup di masa kini?
Thu Jul 19 2012 – 04:52:55 [+7hr]

Krn itu penting kiranya pahami juga bgmana latar pemikiran munculnya fatwa ulama2 klasik. Ulama2 skrg bisa fatwakan hal yg lebih sesuai.
Thu Jul 19 2012 – 04:54:52 [+7hr]

Semoga ulama dan umat muslim masa kini bisa berislam dgn lebih cerdas dan tak terjebak dgn (kejayaan) masa lalu. Allahu’alam.
Thu Jul 19 2012 – 04:59:39 [+7hr]