PKI: Korban atau Pelaku?

October 1, 2012

Di TL masih ada sisa keramaian obrolan seputar #G30S berikut pembantaian massal setelahnya. Itu memang catatan kelam dlm sejarah kita.
Mon Oct 01 2012 – 03:36:00 [+7hr]

Dlm pembantaian massal PKI setelah #G30S, sebagian besar org menyalahkan TNI dan umat Islam (NU?). Memang pembantaian itu benar adanya.
Mon Oct 01 2012 – 03:38:35 [+7hr]

Tapi bukan berarti PKI sama sekali tak berdosa. Jangan sampai kita tertipu pendukung PKI yg akhir2 ini playing victim dlm kasus #G30S ’65.
Mon Oct 01 2012 – 03:40:12 [+7hr]

Dlm catatan sejarah sebelum #G30S, PKI bbrp kali melakukan pembantaian massal pada umat beragama, tepatnya pada umat Islam (NU & Masyumi).
Mon Oct 01 2012 – 03:43:04 [+7hr]

Peristiwa besar yg tercatat antara lain di Madiun (1948), di Kanigoro dan Jengkol, Kediri (1965), di Cemedok, Banyuwangi (1965), dsb. #G30S
Mon Oct 01 2012 – 03:46:01 [+7hr]

Dimana PKI melakukan pembantaian pada tokoh2 ulama (kyai, dai, ustadz, dsb) di wilayah tsb serta perusakan tempat ibadah (mesjid). #G30S
Mon Oct 01 2012 – 03:47:30 [+7hr]

Tak hanya itu, bahkan guru ngaji dan santri juga tak luput jadi korban keganasan PKI. Konon total korbannya mencapai ribuan jiwa. #G30S
Mon Oct 01 2012 – 03:50:53 [+7hr]

Target utama PKI scr politik adlh Masyumi dan scr organisatoris adlh NU. Namun tak ada jaminan org2 Islam di luar itu tak jadi korban. #G30S
Mon Oct 01 2012 – 03:53:32 [+7hr]

Momentum peristiwa #G30S ’65 dmn PKI dihabisi TNI (Suharto) menjadi kesempatan sebagian umat Islam utk melakukan balas dendam pada PKI.
Mon Oct 01 2012 – 03:55:57 [+7hr]

Tentu hal itu tak bisa dibenarkan. Pelakunya harus dicari dan dihukum setimpal. Namun mengingat kekejaman PKI, hal itu bisa dipahami. #G30S
Mon Oct 01 2012 – 03:58:03 [+7hr]

Jika kita mau jujur dgn sejarah, maka pembantaian2 PKI pra #G30S ’65 ini juga harus dicatat. Jangan dilupakan begitu saja. Harus adil.
Mon Oct 01 2012 – 04:00:06 [+7hr]

Dgn demikian kita bisa melihat sepak terjang PKI scr utuh, sejak awal hingga akhir. Tidak melulu fokus hanya pada peristiwa #G30S ’65 saja.
Mon Oct 01 2012 – 04:03:05 [+7hr]

Jika kita tau PKI pra #G30S tak selemah pasca G30S ’65, maka jika pendukung PKI kali ini playing victim, patut kita pertanyakan motivasinya.
Mon Oct 01 2012 – 04:06:28 [+7hr]

Apa maunya? Mau menampilkan citra PKI baru yg (sok) bersih tanpa dosa? PKI yg se-olah2 cuma korban konspirasi Suharto dan Amerika? 😛 #G30S
Mon Oct 01 2012 – 04:09:12 [+7hr]

Saya tak punya masalah dgn PKI. Mau berdiri lagi atau tidak, terserah. Itu masalah politik. Saya cuma tak mau kita dibohongi lagi. #G30S
Mon Oct 01 2012 – 04:13:42 [+7hr]

Kita sudah dibohongi oleh Suharto ttg peristiwa #G30S ’65. Jangan mau kita dibohongi lagi oleh PKI (atau siapa pun) ttg sejarah yg lain.
Mon Oct 01 2012 – 04:14:52 [+7hr]

Jadi, kalo mau ungkap kebenaran sejarah, ya jgn tanggung2. Sekalian dirunut dari awal sehingga bisa dipahami scr komprehensif. #G30S
Mon Oct 01 2012 – 04:18:48 [+7hr]

Advertisements

Rumitnya G30S

September 30, 2012

Baru aja selesai baca kultwit #G30S dari om @imanbr. Ini kultwit terlama dan terpanjang yg pernah kubaca. Semacam kultwit abuse. 😀
Sun Sep 30 2012 – 12:39:22 [+7hr]

Hari ini banyak selebtwit sejarawan yg kultwit #G30S. Banyak perbedaan disana-sini, terlepas masing2 mendaku fakta. Entah mana yg benar. 🙂
Sun Sep 30 2012 – 12:42:13 [+7hr]

Sedemikian rumitnya kah peristiwa #G30S sampai2 tak bisa dirunut ujung pangkalnya? Mungkinkah ini peristiwa politik terrumit di dunia?
Sun Sep 30 2012 – 12:46:20 [+7hr]

Bahkan hingga hari ini, saat tak ada lagi ancaman utk ungkap kebenaran, toh masih tetap simpang siur. Bukti #G30S adalah peristiwa yg rumit.
Sun Sep 30 2012 – 12:49:21 [+7hr]

Mungkinkah kebenaran sejati #G30S pergi bersama wafatnya para pelaku? Aku sih berharap ada pihak yg serius usut kasus ini hingga tuntas.
Sun Sep 30 2012 – 12:51:10 [+7hr]

Semacam tim pencari fakta independen yg akan gali info kejadian #G30S dari semua sumber. Lalu sampaikan seluruh fakta dgn jujur apa adanya.
Sun Sep 30 2012 – 12:53:20 [+7hr]

Bangsa ini perlu tau apa yg sebenarnya terjadi di peristiwa #G30S. Dan jadikan itu sbg pelajaran bersama bagi kita dan generasi berikutnya.
Sun Sep 30 2012 – 12:55:12 [+7hr]

Sekelam apa pun sejarah masa lalu, kita tetap harus mencatatnya. Krn dari sejarah kita bisa belajar utk menjadi bangsa yg lebih baik. #G30S
Sun Sep 30 2012 – 12:58:23 [+7hr]


Sesama iSheeps Dilarang Saling Mendahului

September 23, 2012

Minggu pagi ini diisi dgn kegiatan iseng ngikutin berita2 iPhone5 di media2 lokal. Yg menarik malah komentar2 pembacanya. #isheeps
Sun Sep 23 2012 – 00:52:12 [+7hr]

Dan gagal paham dgn org (komentator) yg begitu benci pada Apple sampai menghujat dan caci maki produk2 Apple serta penggunanya. #isheeps
Sun Sep 23 2012 – 00:53:30 [+7hr]

Emang Apple udah ngelakuin apa sama mereka sampe segitu bencinya? Melukai mereka? Bikin bunting anaknya? 😀 Heran deh. #isheeps
Sun Sep 23 2012 – 00:56:25 [+7hr]

Sementara di sisi lain, mereka men-dewa2-kan produk kompetitor Apple. Nuduh org lain sbg #isheeps tapi dia juga isheeps ke merk lain. Lucu!
Sun Sep 23 2012 – 00:58:49 [+7hr]

Lah wong cuma gadget doang loh. Cuma user pula. Bisa sampe segitu emosinya. Aku yg merasa sbg Apple fans aja gak gitu2 amat kok. #isheeps
Sun Sep 23 2012 – 01:03:01 [+7hr]

Ini kan cuma masalah selera dan kecocokan aja. Suka2 org lah mau pilih mana. Masing2 pilihan toh punya plus/minus. Santai aja. #isheeps
Sun Sep 23 2012 – 01:06:41 [+7hr]

Fanatik kok sama gadget? Aneh2 aja. Kalo suka, ya beli dan nikmati. Gak suka, ya gak usah dibeli. Gak perlu ribut caci maki. Malu! #isheeps
Sun Sep 23 2012 – 01:11:16 [+7hr]

Gak perlu sok tau juga. Ngomong ttg desain, paten, sejarah, teknologi, dlsb tapi salah malah nunjukin kebodohan sendiri loh! 🙂 #isheeps
Sun Sep 23 2012 – 01:13:39 [+7hr]

Aku bahas #isheeps ini bukan utk terjun ke perdebatan yg sama. Cuma menyayangkan perilaku sebagian pengguna inet kita yg IMO memalukan.
Sun Sep 23 2012 – 01:22:01 [+7hr]

Sekadar menunjukkan keprihatinan aja. Masa’ cuma SBY yg boleh prihatin? 😛 #krik #isheeps
Sun Sep 23 2012 – 01:22:50 [+7hr]

“There are Apple sheeps and there are anti-Apple sheeps. Guess what, they’re all sheeps.” ~Anonymous #isheeps
Sun Sep 23 2012 – 01:26:23 [+7hr]


#kamiskoding 23: Coder vs Developer

September 20, 2012

Sementara yg lain pada ribut ngomongin pilkada DKI, Jokowi vs Foke, mending kita ngobrol ttg #kamiskoding aja yuk?! 🙂
Thu Sep 20 2012 – 06:33:06 [+7hr]

Topiknya yg ringan2 aja dulu. Itung2 pemanasan setelah bbrp pekan #kamiskoding kosong. Saya udah ada topik. Kalo ada usulan lain, silakan.
Thu Sep 20 2012 – 06:38:50 [+7hr]

Topik yg akan saya bahas kali ini adalah perbedaan antara programmer dan software developer (softdev). Tentu, versi saya. 🙂 #kamiskoding
Thu Sep 20 2012 – 06:49:13 [+7hr]

Kebetulan ini ditanyakan oleh seorang teman, bbrp hari yg lalu. Sekalian saya bahas aja di #kamiskoding biar tercatat.
Thu Sep 20 2012 – 06:50:57 [+7hr]

Topik ini termasuk masalah “khilafiyah” dlm dunia pemrograman. Tak ada kesatuan pendapat, ada yg menyamakan, ada yg membedakan. #kamiskoding
Thu Sep 20 2012 – 06:53:40 [+7hr]

Saya pribadi ikut “mazhab” yg membedakan. Lebih tepatnya saya membagi programmer ke dlm 2 golongan, yaitu CODER dan DEVELOPER. #kamiskoding
Thu Sep 20 2012 – 06:55:36 [+7hr]

Coder ini jenis programmer penerjemah atau “tukang ketik”. Dia hanya menerjemahkan solusi menjadi baris2 kode program. #kamiskoding
Thu Sep 20 2012 – 06:58:12 [+7hr]

Bahkan seringkali coder tak ikut memikirkan solusi. Dia terima solusi jadi, dari klien atau atasannya, lalu dijadikan program. #kamiskoding
Thu Sep 20 2012 – 07:00:06 [+7hr]

Jika program telah bekerja sesuai dgn solusi yg diharapkan, coder anggap pekerjaan selesai. Dia tak punya visi/misi lebih jauh. #kamiskoding
Thu Sep 20 2012 – 07:03:14 [+7hr]

Sementara, developer melakukan lebih dari itu. Developer berusaha ikut dalam proses pencarian solusi bersama klien/atasan. #kamiskoding
Thu Sep 20 2012 – 07:06:40 [+7hr]

Bahkan juga ikut memikirkan konsekuensi dari tiap (calon) solusi yg akan diterapkan, khususnya thd program yg akan dibangun. #kamiskoding
Thu Sep 20 2012 – 07:08:30 [+7hr]

Dalam kode yg dibangun, developer juga berusaha menyiapkan antisipasi masalah yg akan muncul dan pengembangan selanjutnya. #kamiskoding
Thu Sep 20 2012 – 07:10:46 [+7hr]

Developer bekerja tidak sekedar memikirkan bagaimana MENULIS kode program, tapi lebih ke bagaimana MEMBANGUN aplikasi. #kamiskoding
Thu Sep 20 2012 – 07:12:48 [+7hr]

Tak jarang, developer juga memikirkan bgmn tata kelola pembangunan aplikasi. Seperti dokumentasinya, konvensi, alat bantu, dsb. #kamiskoding
Thu Sep 20 2012 – 07:15:01 [+7hr]

Dan itu semua dilakukan tanpa harus diminta klien/atasan. Dia anggap itu bagian dari tanggung jawabnya sbg programmer. #kamiskoding
Thu Sep 20 2012 – 07:16:08 [+7hr]

Krn itu, tak heran jika programmer jenis developer ini kebanyakan masuk ke jajaran manajemen, khususnya manajemen teknis. #kamiskoding
Thu Sep 20 2012 – 07:17:30 [+7hr]

Dlm dunia kerja, coder relatif lebih banyak daripada developer. Apalagi lulusan diploma/poltek, sebagian besar adalah coder. #kamiskoding
Thu Sep 20 2012 – 07:21:13 [+7hr]

Lulusan sarjana (S1) pun, tak semuanya mampu jadi developer. Tergantung apakah dia bisa berpikir scr sistemik atau tidak. #kamiskoding
Thu Sep 20 2012 – 07:23:32 [+7hr]

Lalu, manakah yg lebih baik, coder atau developer? Ini relatif. Tergantung bgmn pola kerja yg dibutuhkan. #kamiskoding
Thu Sep 20 2012 – 07:26:24 [+7hr]

Pun keduanya sama2 dibutuhkan dlm kerja tim. Menurut saya, komposisinya sekitar 80:20 utk coder:developer dlm sebuah tim. #kamiskoding
Thu Sep 20 2012 – 07:30:02 [+7hr]

Dimana developer cenderung sbg leader atau manajer dlm tim yg mengatur bgmn tim bekerja dan program dibangun. Coder ngikut aja. #kamiskoding
Thu Sep 20 2012 – 07:31:55 [+7hr]

Baik programmer jenis coder maupun developer sama2 perlu dan penting dlm software development. Saling bantu dan melengkapi. #kamiskoding
Thu Sep 20 2012 – 07:36:46 [+7hr]

So, Anda termasuk programmer jenis apa; coder atau developer? Apa pun itu, jadilah programmer yg profesional. #kamiskoding
Thu Sep 20 2012 – 07:38:28 [+7hr]

Demikian bahasan #kamiskoding pekan ini. Silakan jika ada tanggapan. Semoga bermanfaat. Terima kasih. 🙂
Thu Sep 20 2012 – 07:39:17 [+7hr]


17-an Tanpa Makna

August 17, 2012

Katanya cinta Indonesia, tapi ucapkan selamat hari kemerdekaan masih pakai bahasa asing. #17an @Androidiot
Fri Aug 17 2012 – 01:39:21 [+7hr]

Katanya cinta Indonesia, tapi pergi berlibur dan belanja masih ke negeri tetangga. Biar keren katanya. #17an @Androidiot
Fri Aug 17 2012 – 01:40:31 [+7hr]

Katanya cinta Indonesia, tapi lebih bangga punya pacar bule. Biar pun cuma bule jelek dan miskin. #17an @Androidiot
Fri Aug 17 2012 – 01:41:39 [+7hr]

Katanya cinta Indonesia, tapi lebih bangga anaknya bisa berbahasa Inggris daripada bahasa Indonesia. #17an @Androidiot
Fri Aug 17 2012 – 01:43:04 [+7hr]

Katanya cinta Indonesia, tapi lebih kenal budaya asing daripada budaya nusantara. Sampai diklaim Malaysia. #17an @Androidiot
Fri Aug 17 2012 – 01:44:17 [+7hr]

Katanya cinta Indonesia, tapi… ah sudahlah… Dirgahayu RI ke-67. #17an
Fri Aug 17 2012 – 01:48:06 [+7hr]

Buat yg ngaku cinta Indonesia, emang ngerti apa itu Indonesia? :p #17an
Fri Aug 17 2012 – 01:50:38 [+7hr]


Mengkultuskan Tokoh

August 15, 2012

Org Indonesia itu mudah terjebak dlm #kultus individu ya? Kalo udah cinta atau benci pada tokoh, penilaiannya jadi hitam putih belaka.
Wed Aug 15 2012 – 01:06:20 [+7hr]

Ambil contoh baru2 ini, yaitu Dahlan Iskan dan Joko Widodo. Wuih, yg cinta sudah anggap keduanya bak malaikat tanpa cela secuil pun. #kultus
Wed Aug 15 2012 – 01:08:46 [+7hr]

Ada yg berani kritik sedikit saja, apalagi sampe menghujat, wooh… langsung deh diserbu hujatan2 yg kadang kasar dan tanpa ampun. #kultus
Wed Aug 15 2012 – 01:10:48 [+7hr]

Tak peduli kritiknya gimana, cenderung diabaikan, seolah gak penting. Pokoknya tokoh idola saya selalu benar. Yg ndak benar situ. #kultus
Wed Aug 15 2012 – 01:12:53 [+7hr]

Sebaliknya pada tokoh yg dibenci. Fauzi Wibowo misalnya. Dianggap seolah 100% setan begajulan. Seolah ndak ada benernya sama sekali. #kultus
Wed Aug 15 2012 – 01:14:47 [+7hr]

Kalo ada yg membela, sedikit aja… wuih, langsung deh tudingan berbagai macem datang. Tak peduli, pokoknya musuh saya harus salah. #kultus
Wed Aug 15 2012 – 01:17:52 [+7hr]

Padahal kalo mau dikaji dgn kritis, sebenarnya baik kritik maupun pembelaan kan bisa jadi bahan evaluasi pada tokoh yg bersangkutan. #kultus
Wed Aug 15 2012 – 01:20:25 [+7hr]

Dgn begitu kita bisa menilai tokoh tsb scr lebih obyektif dari berbagai sudut pandang. Yg buruk, diperbaiki. Yg bagus, ditingkatkan. #kultus
Wed Aug 15 2012 – 01:21:44 [+7hr]

Kan katanya manusia tak luput dari salah dan lupa. Ini cuma jadi omong kosong kalo menyangkut tokoh idola atau tokoh yg dibenci. #kultus
Wed Aug 15 2012 – 01:24:14 [+7hr]

Katanya juga, sederhanalah dlm membenci dan mencinta. Yg skrg dibenci bisa jadi dicinta nanti, dan sebaliknya. Lagi2 ini tak brlaku. #kultus
Wed Aug 15 2012 – 01:26:48 [+7hr]

Dgn mental dan pola pikir #kultus seperti itu, gmn masyarakat kita bisa maju & berkembang? Adanya malah saling jotos bela idola masing2. 😦
Wed Aug 15 2012 – 01:28:17 [+7hr]

Parahnya lagi, bahkan sebagian kalangan akademisi juga terjebak dlm pola #kultus ini, walau pun dgn tampilan yg sedikit lebih “cerdas”.
Wed Aug 15 2012 – 01:29:44 [+7hr]

Lagi2 kembali ke masalah pendidikan. Perlu sistem dan pola yg lebih baik. Tapi gmn jika yg mengatur hal itu juga tak paham? #kultus
Wed Aug 15 2012 – 01:34:46 [+7hr]

Jadilah lingkaran setan yg entah bgmana dan darimana mengurainya. Entah siapa pula yg mampu melakukannya. 😦 #kultus
Wed Aug 15 2012 – 01:36:07 [+7hr]


Zakat Bukan Money Laundry

August 14, 2012

Masih ada sedikit salah kaprah di kalangan umum bahwa #zakat itu utk mensucikan harta. Kesannya ini bagus, tapi sebenarnya salah loh. 🙂
Tue Aug 14 2012 – 23:54:46 [+7hr]

#Zakat bukan fasilitas money laundry (cuci uang) dari Islam. Sebab muslim tak boleh menerima, mencari, dan hidup dari harta kotor (haram).
Tue Aug 14 2012 – 23:57:11 [+7hr]

Kesalahan ini bisa berakibat fatal krn jadi legitimasi org yg dapat harta scr kotor lalu dianggap jadi bersih setelah keluar #zakat nya.
Wed Aug 15 2012 – 00:01:45 [+7hr]

Misal, org kaya dari hasil korupsi (haram) lalu setelah dikeluarkan #zakat nya maka dianggap hasil korupsinya jadi halal. Wah, berabe nih!
Wed Aug 15 2012 – 00:03:56 [+7hr]

Bisa jadi salah kaprah pemahaman #zakat (termasuk sedekah) ini yg bikin koruptor2 di negeri kita merasa nyaman menikmati hasil korupsinya.
Wed Aug 15 2012 – 00:05:32 [+7hr]

Yg sebenarnya adlh masih ada hak org lain dlm harta kita. Nah, hak tsb ditunaikan sbg #zakat yaitu dgn berikan sebagian harta kpd yg berhak.
Wed Aug 15 2012 – 00:13:24 [+7hr]

#Zakat memang mensucikan, tapi yg disucikan adlh jiwa dari pemilik harta. Supaya tak jadi org serakah, bakhil, cinta dunia, dan anti sosial.
Wed Aug 15 2012 – 00:18:09 [+7hr]

Bisa jadi 2 hal tsb lalu muncul pemahaman bhw #zakat mensucikan harta. Pdhal asalnya zakat adlh utk mensucikan jiwa dgn menyisihkan harta.
Wed Aug 15 2012 – 00:23:48 [+7hr]

Jadi, harta kotor tetap haram walau tlah keluar zakatnya. Harta suci tetap halal walau blum keluar zakatnya. Krn #zakat bukan money laundry.
Wed Aug 15 2012 – 00:27:44 [+7hr]

Itu menurut pemahaman saya ttg #zakat. Mohon koreksi bila salah. Allahu’alam bishowab.
Wed Aug 15 2012 – 00:35:17 [+7hr]