Menggunakan singkatan dalam twit

December 1, 2012

Makin banyak org ngetwit yg berlebihan gunakan (abuse) karakter “|”. Gunakan tanda baca yg sesuai dan benar (titik, koma, dsb). #bahasa
Sat Dec 01 2012 – 02:54:53 [+7hr]

Twitter terbatas 140 karakter. Tapi bukan berarti kita harus menyingkat semua kata sehingga nyaris tak bisa dipahami. #bahasa #twit
Sat Dec 01 2012 – 03:00:30 [+7hr]

Jika harus menyingkat kata, gunakanlah singkatan2 yg umum dikenal dan dipahami. Dgn begitu pembaca tetap nyaman. #bahasa #twit
Sat Dec 01 2012 – 03:02:14 [+7hr]

Contoh singkatan yg umum a.l.: org, yg, dgn, dmn, kmn, utk, kpd, dsb. Contoh simbol yg umum a.l.: 2 utk perulangan, & utk dan. #bahasa #twit
Sat Dec 01 2012 – 03:05:38 [+7hr]

Jika pesan yg akan disampaikan tak muat dlm satu twit (140 karakter), jgn dipaksakan. Pecahlah pesan jadi 2 twit atau lebih. #bahasa #twit
Sat Dec 01 2012 – 03:08:23 [+7hr]

Lebih baik pesan lebih panjang namun mudah dipahami drpd twit pendek namun sulit dipahami. Apalagi bisa timbulkan salah paham. #bahasa #twit
Sat Dec 01 2012 – 03:10:03 [+7hr]

Tanpa disingkat, twit sudah berpeluang timbulkan salah paham, terutama krn konteks. Apalagi twit yg disingkat scr ekstrim. #bahasa #twit
Sat Dec 01 2012 – 03:11:29 [+7hr]

Jika perlu, tambahkan emotikon utk beri nuansa pada teks. Ini bisa membantu tunjukkan twit bernada canda, serius, atau datar. #bahasa #twit
Sat Dec 01 2012 – 03:14:07 [+7hr]

Dlm twit berantai (kultwit), sertakan pula tagar sbg penanda tema yg sedang dibahas. Sekaligus permudah pencarian. #bahasa #twit
Sat Dec 01 2012 – 03:15:59 [+7hr]

Boleh juga berikan nomor urut dlm kultwit. Tapi menurut saya, itu pilihan saja. Twitter toh akan tampilkan kultwit urut waktu. #bahasa #twit
Sat Dec 01 2012 – 03:18:53 [+7hr]

Yuk ngetwit dgn bahasa yg baik dan mudah dibaca serta dipahami. Jgn terlalu banyak gunakan singkatan “aneh”. 🙂 #bahasa #twit cc @nukman
Sat Dec 01 2012 – 03:22:07 [+7hr]


Tips Mendapat Follower di Twitter

July 27, 2012

Utk dapet #follower banyak, sebenarnya gak susah2 amat. Asal rajin ngetwit, terutama kultwit bertema, follower akan datang dgn sendirinya.
Fri Jul 27 2012 – 09:33:49 [+7hr]

Setiap kali aku kultwit atau twit berantai dgn tema tertentu, #follower pasti nambah setelah itu. Nambah dikit / banyak, tergantung temanya.
Fri Jul 27 2012 – 09:36:03 [+7hr]

Follower baru biasanya masih mantau, kalo twit2 kita selanjutnya tetap menarik bagi mereka, maka biasanya mereka akan jadi #follower tetap.
Fri Jul 27 2012 – 09:38:10 [+7hr]

Sebaliknya, jika twit2 kita selanjutnya tak menarik, #follower baru akan unfollow. Status memantau ini mungkin dlm 1-3 hari sejak follow.
Fri Jul 27 2012 – 09:39:51 [+7hr]

Atau jika kita tak ngetwit selama masa #follower baru memantau, maka mereka juga akan unfollow. Mungkin kita dianggap tak konsisten ngetwit.
Fri Jul 27 2012 – 09:42:01 [+7hr]

Ini dari pengalamanku sendiri. Tiap kali kultwit bertema, #follower pasti nambah. Apalagi kalo temanya juga menarik bagi org luar (bule).
Fri Jul 27 2012 – 09:44:51 [+7hr]

Tapi begitu ngilang atau libur main twitter, #follower berkurang lagi. Yg bertahan follow biasanya akun promosi atau bot. Gpp lah. Hehehe…
Fri Jul 27 2012 – 09:46:34 [+7hr]

Ntar kalo ngetwit bertema lagi, #follower naik lagi. Begitu seterusnya. Ini kuamati sejak follower cuma puluhan hingga skrg mendekati 200.
Fri Jul 27 2012 – 09:47:43 [+7hr]

Itu knp ada akun2 tak jelas tapi bisa gaet banyak #follower. Rahasianya cuma rajin ngetwit yg bertema. Semakin unik temanya, makin bagus.
Fri Jul 27 2012 – 09:49:50 [+7hr]

Plus, tentu saja promosi akun. Tapi promosi ini IMO sbg akselerator aja. Kalo twit2-nya tak menarik, #follower lama2 juga akan lari.
Fri Jul 27 2012 – 09:51:16 [+7hr]

Tapi analisis tadi gak berlaku buat akun seleb yg emang udah trkenal di dunia nyata. Mereka sih mau ngetwit apa aja, #follower tetap banyak.
Fri Jul 27 2012 – 09:52:22 [+7hr]

Contoh: akun @Poconggg. Saat tak dikenal dulu, dia menarik #follower murni krn twit2-nya yg lucu & unik. Seolah2 pemilik akun bener2 pocong.
Fri Jul 27 2012 – 09:55:35 [+7hr]

Tapi ketika pemilik akun asli muncul di dunia nyata dan jadi seleb (penulis) maka dia tak perlu lagi pertahankan keunikan twit2-nya yg dulu.
Fri Jul 27 2012 – 09:57:06 [+7hr]

Dia mau ngetwit minta makan sama temannya aja, bisa ratusan #follower yg me-RT. Entah gunanya apa. Tapi ya begitulah akun seleb.
Fri Jul 27 2012 – 09:58:38 [+7hr]

Tapi ya bisa dimaklumi juga sih. Kalo pemilik akun asli udah ketahuan, bakal garing aja kalo masih pertahankan twit ala pocong. #follower
Fri Jul 27 2012 – 10:00:20 [+7hr]

Ya, demikian ocehan ngawur sore ini. Hehehe… 😀
Fri Jul 27 2012 – 10:01:02 [+7hr]