Kucing buntu

Lazarus GTK2 di Ubuntu Feisty

 
Iyak, betul! πŸ˜€ Screenshot di atas adalah Lazarus v.0.9.22 beta-stable (yg aku compile ulang dgn widgetset GTK2) lagi jalan di Ubuntu Linux Feisty. Keren, kan!

Itu adalah hasil kerjaan iseng di tengah kesibukan coding bikin aplikasi web berbasis PSP atau PWU. Yah, sekedar mengalihkan kejenuhan akibat mlototin kode2 pascal terus seharian. πŸ˜€ Ntar deh, kalo kerjaan yg ini kelar, aku bakalan posting screenshot-nya juga. Biar jadi bukti buat org2 yg bilang bahwa pascal gak bisa bikin aplikasi web. Hare gene gitu loh! πŸ˜›

Tentang Lazarus sendiri… versi yg aku pake ini udah sangat stabil kok. Udah cukup layaklah buat coding di Linux. Fitur2 editornya cukup lengkap, debugger-nya jalan dgn baik, form designer-nya bagus, dan seterusnya. Tentu saja jgn dibandingkan dgn Delphi, jelas Lazarus masih kalah, terutama di framework IDE-nya (belum ada OTA [Open Tools API], plugin system, dan dynamic package). Walaupun secara compiler (FreePascal) udah setara. Tinggal masalah kebiasaan (thd keterbatasan) aja sebenarnya, lama2 bisa menyesuaikan diri, bahkan menikmati. It’s just a matter of time and support, biar Lazarus bisa secanggih Delphi. πŸ˜€

Udah, tidur dulu ah. Coding-nya dilanjut besok lagi. πŸ˜›

22 Responses to Kucing buntu

  1. dyudho says:

    Pertama!!!
    Weh… Boleh tuh Bee…
    masih setia sama pascal neh….??

  2. bee says:

    @yudho:
    Bukan masalah setia apa gak. Kalo masih bisa dipake untuk menyelesaikan masalah2 coding yg aku hadapi, ngapain repot2 pindah dan belajar bhs/IDE/framework/dlsb baru??? Wasting time aja rasanya. Mending waktunya buat ngerjakan hal2 lain yg bermanfaat. πŸ˜‰ Kecuali memang udah bener2 mentok dan harus pindah bhs/IDE/framework/dlsb, baru pindah. Tapi, apa sih yg gak bisa dilakukan di pascal? πŸ˜€

  3. WishKnew says:

    Udah coba multithreading di Lazarus Bee? Udah bagus kah? Ada code yang bisa dishare?

  4. bee says:

    @wishknew:
    Berdasarkan laporan dari pengguna2 Lazarus yg lain, secara umum multithreading di Lazarus udah bisa jalan. Tapi di OS2 tertentu, ada kondisi2 tertentu yg membuat multithread jadi sedikit bermasalah, terutama di Linux. Namun demikian, masalah2 tsb masih bisa diatasi dgn trik2 tertentu. Tapi ya itu, konsep write once compile everywhere jadi gak bener2 jalan krn butuh banyak IFDEF untuk membedakan perilaku aplikasi thd OS dan kondisi2 khusus.

    Kalo aku sendiri, sejauh ini belum pernah coding multithreading di Lazarus. Kalo di Delphi sih biasa, kamu juga udah tau. Sampe saat ini, aku pake FPC/Lazarus kebanyakan untuk aplikasi server side (terutama web service), dan gak terlalu butuh multithread. Jadi, aku juga belum bisa komentar banyak masalah ini.

  5. bee says:

    Link berikut (http://wiki.lazarus.freepascal.org/Multithreaded_Application_Tutorial) walaupun isinya belum lengkap banget, mungkin bisa jadi awal informasi tentang multithread di FPC/Lazarus. Gimana coding sesungguhnya, ya harus dicoba. πŸ˜€

  6. […] Ini dia! Seperti yg pernah aku bilang sebelumnya, aku akan menampilkan screenshot aplikasi yg sedang aku buat menggunakan FPC/Lazarus dan PWU. […]

  7. […] hari yang lalu, ketika melihat blog om simba serasa jadi ngiler melihat tampilan lazarus di Ubuntu yang keren banget. (Ceritanya pengen nich […]

  8. Himawan says:

    Mas, kok saya install Lazarus di OpenSuse 10.2 gak bisa-bisa ya…. Kenapa ya….?
    Apa download-nya kurang lengkap…..??
    Kasih tau cara installnya dong….. kalo boleh kirimin saya Lazarus versi terakhir…..
    Thank’s ya…..

  9. bee says:

    @himawan:
    Sebelum pindah ke Ubuntu, aku pake OpenSuse juga. Gak ada masalah install Lazarus dan FPC, sama mudahnya dgn install di Ubuntu. Gak bisanya dgn error apa? Silakan baca wiki dan dokumentasi Lazarus, untuk informasi lebih lengkap. Download file yg lengkap juga di situsnya. Aku gak pake “jurus2” aneh kok, semuanya standar.

  10. akbar says:

    Mas, saya dah build lazarus dgn gtk2 dan berhasil.
    Tetapi ketika saya ketikkan sesuatu di object inspector, hasilnya echo (contoh ‘a’ jadi ‘aa’). Ini terjadi jika saya jalankan lazarus dengan posisi user biasa (startlazarus), tapi kalau dengan sudo (sudo startlazarus) ini tidak terjadi.
    Bisa bantu mas?

    terima kasih

  11. bee says:

    @akbar:
    Wah kok aneh ya? Saya gak pernah punya pengalaman seperti itu, baik jalankan Lazarus sbg user ataupun sbg root. Boleh tau, Anda pake Lazarus versi berapa, FPC versi berapa, di Linux apa (kernel dan arsitektur)? Jika Anda bisa mengulangi error tsb, ada baiknya disampaikan sbg bug report ke situs Lazarus atau FPC.

  12. akbar says:

    saya pake ubuntu hardy, lazarus 0.9.24, fpp 2.20 yang ada di packet synaptic.
    kalau boleh tau step2 untuk mengcompile lazarus dengan gtk2 bagaimana?

    terima kasih

  13. bee says:

    @akbar:
    Loh… katanya udah sukses build lazarus dgn gtk2, kok masih butuh step compile? πŸ˜€ Mungkin yg Anda maksud compile Lazarus from source ya? Coba kesini dan kesini, bisa jadi awalan untuk mulai ngoprek, selanjutnya silakan cari informasi detilnya di situs yg sama. Gutlak! πŸ˜‰

  14. tarya says:

    Mas, mau nanya. Cara jalankan aplikasi hasil buatan lazarus di komputer linux ubuntu yang ga diinstall lazarus gimana cara nya? trus gimana cara bikin installer program hasil bikinan lazarus? Tolong balas k email saya ya. Thx.

  15. bee says:

    @tarya:
    > Cara jalankan aplikasi hasil buatan lazarus di komputer linux ubuntu yang ga diinstall lazarus gimana cara nya?

    Double-click dari Nautilus? Jalankan dari console? Terserah. Gak ada bedanya dgn menjalankan aplikasi biasa lainnya, atau aplikasi hasil buatan Delphi. Udah dicoba belom? Apa masalahnya?

    > trus gimana cara bikin installer program hasil bikinan lazarus?

    Di Windows bisa pake installer yg biasa Anda pake, InstallShield, InnoSetup, sama aja. Kalo di Linux, Anda harus belajar packaging. Seperti di Ubuntu menggunakan format .deb, di Fedora menggunakan format .rpm, dlsb.

    Silakan googling untuk informasi lebih lanjut. πŸ˜€

  16. tarya says:

    Masalahnya pada saat di double click tidak ada effect sama sekali (tidak ada pesan kesalahan atau informasi lib yang dibutuhkan). dijalankan dari konsol, dianggap tidak dikenali.
    Untuk packaging akan saya coba googling. Namun apakah perlu adanya lib2 tertentu yg perlu diikutsertakan? Klo ada, kira2 apa aja ya. Thx.

  17. bee says:

    @tarya:
    Coba gabung ke delphi-id aja. Biar temen2 lain bisa membantu. Keep googling. Good luck! πŸ™‚

  18. Ka!Tok says:

    mas aku juga lagi belajar soal lazarus negh,
    adakah web semacam delphi-id untuk lazarus
    di indonesia?

  19. bee says:

    @Ka!Tok:
    Knp gak gabung aja di delphi-id, wong sama2 bhs pascal aja loh. Bedanya gak terlalu signifikan. Lagian udah sering Lazarus dibahas di delphi-id.

  20. Mas Tomi says:

    pascal mah jelek atuh chuy………..

  21. poenya_gua says:

    mas, sori nih ganggu. aku dah buat beberapa applikasi pake lazarus, dengan os ubuntu. misalnya aku bikin applikasi sederhana seperti sistem antrian, yang memakai code standar. untuk start up awal applikasi tersebut cepat tapi lama2 kok dia lambat banget. aku jadi bingung mesti cek dimana supaya dia gak lemot?
    lazarus yang aku pake 0.9.27
    fpc 2.2.4

    thx

  22. ryan says:

    ksini aj gan http://www.pkgs.org
    lengkap dgn fpc..

Leave a comment